Angin Muson Barat dan Angin Muson Timur | Pengertian Angin Muson

Angin muson adalah angin yang berhembus setiap enam bulan sekali. Angin ini terjadi karena adanya perbedaan pemanasan bumi antara belahan bumi utara dan belahan bumi selatan. Angin muson berembus setiap setengah tahun sekali dan selalu berganti arah. Setiap enam bulan sekali terjadi perubahan musim seiring dengan berembusnya angin muson. Secara  geografis, Indonesia diapit oleh dua benua, yaitu Asia dan Australia. Perbedaan tekanan udara di kedua benua tersebut mengakibatkan terjadinya angin muson. Angin muson yang berasal dari Asia disebut angin muson barat, dan angin muson yang berasal dari Australia disebut angin muson timur.
a. Angin Muson Barat
      Angin muson barat terjadi pada bulan Oktober - Februari. Hal ini dikarenakan pada 23 September sampai dengan 21 Maret, matahari tepat berada di bumi selatan sampai pada garis lintang 23 1/2 °LS tepat pada 22 Desember. Letak matahari tersebut menyebabkan intensitas penyinaran matahari di benua Australia lebih tinggi daripada di Benua Asia sehingga suhu udara di Australia maksimum dan di Asia minimum. Dengan demikian, tekanan udara di Asia menjadi tinggi dan di Australia menjadi rendah, karena angin selalu bertiup dari tekanan udara yang tinggi ke tekanan udara yang rendah maka bertiuplah dari Asia ke Australia melalui Indonesia. Angin ini melalui Lautan Teduh (Hindia) dan Samudera Pasifik yang luas, sehingga angin ini mengandung banyak uap air. Akhirnya, terjadilah hujan di sebagian besar wilayah Indonesia.
     Angin muson berembus dari Benua Asia ke Benua Australia. Indonesia saat itu mengalami musim penghujan. Pergerakan angin tersebut disebut angin muson barat.

b. Angin Muson Timur
     Angin ini disebut juga angin muson tenggara dan bertiup pada bulan April sampai dengan Agustus. Hal ini karena mulai 21 Maret sampai 23 September kedudukan matahari tepat berada di utara sampai garis lintang 23 1/2°LU pada 21 Juni. Intensitas sinar matahari lebih tinggi di Benua Asia daripada di Benua Australia. Akibatnya, di Asia tekanan udara rendah dan di Australia tekanan udaranya tinggi. Akhirnya, bertiuplah angin dari Australia menuju Asia. Karena melewati stepa dan sabana (padang rumput) yang luas, angin ini tidak membawa uap air sehingga sebagian wilayah Indonesia mengalami musim kemarau.

c. Pada Maret–April dan September–Oktober terjadi musim peralihan dari musim hujan ke musim kemarau. Musim peralihan ini disebut juga musim pancaroba. Pada Maret–April terjadi perubahan dari musim hujan ke kemarau. Pada September–Oktober peralihan dari musim kemarau ke musim hujan. Variasi iklim dan pergerakan pola angin muson sangat mempengaruhi pola kehidupan masyarakat
     Indonesia yang sebagian besar bergerak di sektor agraris (pertanian). Kondisi iklim akan memengaruhi keragaman mata pencarian di masyarakat. Nelayan yang tinggal di pesisir pantai akan memanfaatkan pola pergerakan angin darat dan laut untuk mencari ikan.

Subscribe to receive free email updates:

24 Responses to "Angin Muson Barat dan Angin Muson Timur | Pengertian Angin Muson"

  1. Terimakasih banyak, sangat membantu :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama, selamat belajar tentang angin muson :)

      Hapus
  2. Balasan
    1. sama-sama kawan, semoga membantu memahami angin muson :)

      Hapus
  3. Thanks infonya :) sangat membantu

    BalasHapus
  4. Besok UTS :) makasih sudah membantu sekarang saya sudah mengerti, semoga web ini makin besar dan terkenal :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin, semoga utsnya lancar kawan... :)
      semoga semakin mempertajam pengetahuan angin musonnya :D

      Hapus
  5. Trima kasih, ini sangat membantu saya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih juga kawan karena telah berkunjung, semoga bermanfaat :)

      Hapus
  6. Terima kasih, sangat membantu.

    BalasHapus
  7. kok berbeda dengan apa yang saya pelajari di sekolah yaa ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. perbedaannya dimana ya kawan, dari beberapa sumber yang ada di buku sebagian besar dan hampir semua mungkin seperti ini, siapa tahu kawan punya sumber lain yang lebih akurat mengenai angin muson, bisa kawan kirimkan :)

      Hapus
  8. Balasan
    1. sama-sama dek,selamat mempelajari materi angin muson :)

      Hapus
  9. Ada angin tenggara gak? Soalnya di kisi kisi usbn ips ada angin tenggara gtu
    Angin muson barat, angin muson timur dan angin muson tenggara

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk literatur yang lama atau di buku-buku lama belum ada kawan, tapi untuk saat ini sudah ada.
      Pengertian angin muson tenggara sendiri yaitu:
      Angin muson tenggara adalah angin yang berasal dari australia membawa sedikit uap air di udara yang menyebabkan musim kemarau di indonesia. kurangnya uap air disebabkan oleh banyaknya gurun di australia. Angin muson tenggara ini bertiup dari benua australia menuju benua asia termasuk Indonesia.
      Terima Kasih kawan, semoga membantu :)

      Hapus
  10. Balasan
    1. Senang dapat membantu kawanku👍, semoga bermanfaat di masa mendatang :)

      Hapus
  11. aku malah kelas 7 udah belajar ini hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah...cepat sekali kawan sudah mempelajari angin muson dikelas 7, mantap...

      Hapus