Negara Maju Amerika Serikat (Amerika Sebagai Negara Maju) | Negara Amerika

Amerika Serikat merupakan negara maju yang mempunyai pengaruh besar di dunia. Amerika terletak di Benua Amerika. Tepatnya di antara 24 33'LU–70 23'LU dan 112'BB–66'BB. Luas negara Amerika mencapai 9.826.630 km2.
a) Perekonomian Amerika Serikat
       Amerika Serikat merupakan salah satu raksasa ekonomi di dunia. Amerika dikaruniai sumber daya alam yang melimpah dan sumber daya manusia yang unggul. Produk-produk buatan Amerika dapat dikatakan menguasai pasar dunia.
Perekonomian Amerika didukung oleh perkembangan sektor industri. Sektor ini menyumbang
sekitar 20,7% dari seluruh pendapatan nasional Amerika Serikat. Industri di Amerika dijalankan dalam skala yang besar. Industri di Amerika menghasilkan mobil, mesin, bahan kimia, tekstil, besi baja, tembaga, dan pesawat terbang. Hasil industri tersebut ditujukan untuk memenuhi kebutuhan di dalam negeri, tetapi juga untuk pasar dunia.

                                                                         Industri Otomotif Amerika Serikat
      Sektor pertanian di Amerika dijalankan dalam skala yang besar dengan menggunakan teknologi modern. Tanaman yang dihasilkan antara lain gandum, jagung, padi, kapas, buah-buahan, tembakau, dan kayu keras. Meskipun sumbangan sektor pertanian hanya 1% dari pendapatan nasional, tetapi Amerika merupakan salah satu pemasok bahan pangan terbesar di dunia. Sumbangan sektor jasa terhadap perekonomian Amerika sebesar 78,3%. Jasa yang dihasilkan misalnya, jasa keuangan, konsultan, perbankan, telekomunikasi, dan informasi.
 

b) Keadaan Penduduk Amerika Serikat
      Jumlah penduduk Amerika pada tahun 2006 menurut data dari CIA World Factbook adalah 298.444.215 jiwa. Tingkat pertumbuhan penduduknya adalah 0,91% per tahun. Jumlah penduduk Amerika menempati urutan ke-3 di dunia. Tingkat kepadatan penduduk di Amerika sangat tinggi. Hal ini karena semakin meningkatnya perpindahan penduduk dari negara lain ke Amerika.
Perekonomian Amerika yang kuat dan kebebasan bagi individu menyebabkan Amerika menjadi semacam tanah impian (dream land) bagi para pendatang.


c) Tingkat Pendidikan Amerika Serikat
      Tingkat pendidikan di Amerika sangat maju dan merata.
Demikian pula sistem pendidikan yang diterapkan. Dari total penduduk, 97%-nya sudah memiliki kemampuan baca dan tulis (melek huruf). Amerika memiliki universitas-universitas yang mencetak para ahli dan ilmuwan andal. Amerika menjadi tujuan para mahasiswa dari seluruh penjuru dunia.
Beberapa universitas tersebut, yaitu Universitas Harvard, Universitas Boston, Institut Teknologi Massachussets, dan Universitas Dallas.

                                                                                     Universitas Hardvard
 
d) Kemajuan Teknologi Amerika Serikat
       Pemerintah dan dunia usaha di Amerika memberi perhatian besar pada perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Pemerintah tidak segan-segan memberikan dana yang besar untuk kegiatan penelitian dan pengembangan teknologi. Kemajuan teknologi telah meningkatkan daya saing bangsa Amerika dalam berbagai bidang, terutama dalam bidang industri dan jasa.
 

e) Perkembangan Budaya Amerika Serikat
       Masyarakat Amerika merupakan masyarakat yang sangat heterogen yang terdiri atas berbagai suku bangsa. Oleh karena itu, kebudayaannya pun sangat beragam. Penduduk asli Amerika adalah bangsa Eskimo dan Indian. Pendatang Amerika sebagian besar berasal dari Eropa, seperti Inggris, Prancis, Belanda, dan Spanyol. Selain itu, pendatang berasal dari seluruh penjuru dunia. Budaya Amerika pada dasarnya dilandasi oleh ideologi atau paham kebebasan. Setiap individu bebas mengekspresikan sikapnya selama tidak mengganggu kepentingan orang lain. Contoh kebebasan tersebut antara lain kebebasan bersaing, menyampaikan pendapat, dan gaya hidup sehari-hari.

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Negara Maju Amerika Serikat (Amerika Sebagai Negara Maju) | Negara Amerika"

  1. Sangat puas dengan jaeaban nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga membantu dalam memahami negara-negara maju didunia dan salah satunya amerika serikat :)

      Hapus