Profil Negara Brazil (Luas Wilayah, Perekonomian Brazil, Kota-Kota di Brazil)

Brazil merupakan negara terbesar di wilayah Amerika Selatan, tepatnya di antara 5 LU - 34 LS dan 35 BB - 74 BB. Luas negara brazil mencapai 8.547.404 km dengan jumlah penduduk sekitar 184.101.110 jiwa. Rata-rata kepadatan penduduk di Brazil hanya sekitar 22 jiwa/km . Mayoritas
penduduknya masih tinggal di daerah pedesaan dengan tingkat penghasilan yang belum begitu tinggi.
Profil Negara Brazil
     Di bidang perekonomian, Brazil menunjukkan peningkatan pendapatan perkapita negaranya dari tahun ke tahun hingga mencapai 2.590 US dollar. Pendapatan tersebut didukung oleh kegiatan perekonomian Brazil dari berbagai sektor.
1 ) Pertanian dan Kehutanan
     Sektor pertanian merupakan tulang punggung perekonomian negara Brazil dan menyumbangkan sekitar 45 dari komoditas ekspornya. Hingga saat ini, Brazil merupakan pengekspor kopi utama
dunia, hasil-hasil pertanian lainnya berupa teh, rempah-rempah, kapas, cokelat, tembakau, kayu, jagung, dan tebu. Adapun wilayah hutan di Brazil merupakan salah satu sumberdaya yang sangat penting dalam pemenuhan produk domestik dan ekspor. Sekitar dua per tiga dari hasil-hasil hutan diperoleh dari hutan tropis asli, sedangkan sepertiganya dipenuhi dari hutan-hutan baru. Hasil-hasil hutan tersebut banyak dimanfaatkan untuk konstruksi dan pembuatan bubur kayu (pulp) sebagai bahan baku kertas.
2 ) Perikanan
     Perikanan menyokong 3 dari kebutuhan protein masyarakatnya. Dua per tiga hasil perikanan
dipenuhi dari hasil perikanan laut sedangkan sisanya dipenuhi dari hasil perikanan darat.
3 ) Pertambangan
      Pertambangan menyumbangkan 8,6 de isa bagi negara. Tambang utama di Brazil adalah bijih besi, sedangkan hasil tambang lainnya adalah emas, minyak, timah, nikel, aluminium, kapur, intan, dan berbagai macam, batu mulia.
4 ) Perindustrian
      Industri yang berkembang di Brazil, antara lain, industri baja, tekstil, semen, pengolahan makanan, petrokimia, perakitan pesawat dan mobil, serta barang-barang kimia dan elektronik.
5 ) Perdagangan
a) Ekspor: mobil dan suku cadang, besi dan baja, kopi, teh, cokelat, tebu, rempah-rempah, produk
makanan, dan ternak olahan.
b) Impor: minyak dan produk olahannya, mesinmesin mobil, kelistrikan, dan bahan-bahan kimia organik.
6 ) Kota-kota utama di Brazil
a) Brasilia, merupakan ibukota dan pusat pemerintahan, pendidikan, dan kebudayaan.
b) Sao Paulo, merupakan kota pusat industri, hampir 40 industri Brazil terdapat di kota ini. Jenis industri yang dominan adalah otomotif, tekstil, dan petrokimia.
c) Rio de Jeneiro, merupakan kota pelabuhan laut utama yang sangat ramai. Di kota ini juga terdapat industri bahan-bahan kimia dan gelas.
d) Porto Alegre, merupakan pusat industri pengolahan bahan makanan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Profil Negara Brazil (Luas Wilayah, Perekonomian Brazil, Kota-Kota di Brazil)"

Posting Komentar