Sumber-Sumber Sejarah (Sumber Lisan, Tulisan, dan Benda)

Sumber sejarah adalah landasan para ahli untuk mengidentifikasi bagaimana sesuatu itu berasal. lewat sumber-sumber sejarah itulah bagaimana sesuatu berasal, bagaimana keadaan sebelumnya, juga sebagai pelajaran bagi kehidupan tentang sejarah yang tak terpisahkan dengan kehidupan. Kehidupan manusia berkaitan erat dengan lingkungan hidupnya. Lingkungan hidup meliputi lingkungan biotik dan abiotik. Lingkungan abiotik telah lama dimanfaatkan oleh manusia untuk menunjang kehidupannya. Sejak masa praaksara, manusia telah menggunakan perangkat-perangkat yang diperoleh dari alam untuk mencari makan dan mempertahankan kehidupannya. Perangkat-perangkat itu saat itu menjadi bukti sejarah peradaban nenek moyang kita.
sumber-sumber sejarah
       Bagaimana kita dapat mengenali sejarah perkembangan peradaban nenek moyang kita?
Setiap negara di dunia mempunyai sejarah yang berbeda-beda. Sejarah masing-masing negara dapat diketahui dari peninggalan-peninggalan sejarahnya. Sejarah dicatat berdasarkan sumber-sumber yang menunjukkan adanya suatu peristiwa tertentu pada masa lalu.
Sumber-sumber sejarah tersebut sebagai berikut.
1. Sumber lisan, yakni keterangan langsung dari orang-orang yang mengalami atau mengetahui suatu peristiwa pada masa lalu.
2. Sumber tulisan, yakni keterangan tertulis berupa catatan yang berasal dari suatu zaman, misalnya prasasti, dokumen, piagam, naskah, surat kabar, dan laporan.
3. Sumber benda, yakni benda-benda yang berasal dari suatu zaman tertentu, misalnya bangunan, senjata, perkakas dari batu, patung, perhiasan, dan candi.
     Masa sejarah dimulai sejak dikenalnya tulisan sehingga masa sebelumnya disebut juga masa pra-aksara. Karena itu, awal masa sejarah setiap bangsa tidak sama. Misalnya bangsa Mesir memasuki masa sejarah sejak abad ke-4 Sebelum Masehi (SM), karena pada masa itu mereka telah meninggalkan catatan peristiwa dalam huruf bergambar atau pictogram. Sementara bangsa Indonesia baru memasuki masa sejarah abad ke-4 Masehi (M) karena catatan tertua yang ditemukan di Indonesia berasal dari abad tersebut yaitu prasasti Yupa dari Kerajaan Kutai, Kalimantan Timur. Itu semua dapat diketahui dengan meneliti dan menggali sumber-sumber informasi yang ada, sehingga sesuatu dapat diketahui asal usul nya. semoga bermanfaat :)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sumber-Sumber Sejarah (Sumber Lisan, Tulisan, dan Benda)"

Posting Komentar