Zaman Pleistosen dan Holosen (Perpindahan Hewan & Manusia Pertama)

Zaman Pleistosen adalah awal dari masa prasejarah. Ahli geologi menyebut masa dua juta tahun terakhir sebagai kuaternair yang dibagi menjadi Pleistosen (2 juta–10.000 tahun yang lalu) dan Holosen (10.000 tahun yang lalu hingga sekarang). Pada zaman ini terjadi beberapa perubahan iklim di seluruh dunia yang dinamakan glasial dan inter-glasial. Selama periode glasial, permukaan laut turun bahkan hingga 100 meter di bawah permukaan laut sekarang.
 a. Perpindahan Hewan dan Manusia Pada Zaman Pleistosen dan Holosen
     Perubahan permukaan air laut pada masa glasial berdampak besar terhadap geografi fisik kepulauan Indonesia. Daerah luas Laut Cina Selatan dan Laut Jawa yang dangkal (Dataran Sunda) secara periodik menjadi daratan kering. Iklim (curah hujan dan pola musim) mengalami perubahan hebat selama zaman Kuaternair, begitu pula lingkungan alam (paleogeografi dan vegetasi).
     Ketika laut surut, terciptalah jembatan darat antara daratan utama Asia Tenggara dan bagian barat Indonesia. Jembatan-jembatan ini memungkinkan satwa mencapai bagian selatan Nusantara sampai Pulau Jawa. Melalui tahap-tahap zaman Kuaternair pleistosen dan holosen, jenis satwa mamalia di Pulau Jawa diperkaya dengan jenis-jenis baru. Fosil satwa paling tua, berumur sekitar 1,8 juta tahun, berupa proboskidian (sejenis dengan gajah modern), kuda nil, dan servida (tergolong rusa). Kemudian datang jenis mamalia herbivora lain serta beberapa jenis karnivora. Homo Erectus mungkin mencapai Pulau Jawa lebih dari satu juta tahun yang lalu.
     Evolusi lingkungan purba tidak hanya dipengaruhi oleh perubahan iklim. Gejala geologis seperti letusan gunung api juga membawa perubahan besar pada bentang darat. Letusan itu dari waktu ke waktu merusak vegetasi yang ada sehingga mengakibatkan terjadinya kolonisasi lereng gunung oleh
tanaman perintis. Pada saat yang sama, gempa tektonis yang menyebabkan Pulau Jawa berbentuk seperti sekarang ini juga menimbulkan perubahan besar pada wajah bumi. Akibat surutnya air laut, hutan-hutan bakau dan rawa-rawa luas terbentuk di dataran rendah Jawa, tetapi kemudian hilang diterpa letusan gunung api dan pengikisan.

b. Manusia Pertama
     Pichecanthropus adalah manusia pertama yang menyeberang ke daerah khatulistiwa menjadi penghuni Pulau Jawa. Evolusi manusia di Jawa berlangsung lebih kurang satu juta tahun. Manusia pertama harus menyesuaikan diri dengan lingkungan yang sering berubah-ubah, yang kemungkinan
besar sangat memengaruhi kehidupan dan kebudayaan mereka saat zaman pleistosen dan holosen.
Semoga dengan mempelajari lagi tentang zaman pleistosen dan zaman holosen dapat membuat kita lebih tau tentang perkembangan zaman praaksara :)

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Zaman Pleistosen dan Holosen (Perpindahan Hewan & Manusia Pertama)"

  1. blog yang menarik dengan bahasan sejarah yang masih jarang diketahui banyak orang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih kawan atas pujiaanya yang sangat bermanfaat untuk admin:)
      Semoga kita semakin memahami sejarah yang merupakan bagian dari cikal bakal hidup kita, terutama zaman pleistosen dan holosen ini :)

      Hapus