BENUA AUSTRALIA (Gambar, Letak Astronomis, Batas, Bentang Alam, Flora Fauna, Karakteristik)

Benua Australia - Australia dan Indonesia adalah negara yang bertetangga, tetapi keadaan geografi dan geologinya sangat berlawanan. Australia secara umum merupakan kawasan yang stabil, dan menurut sejarahnya tidak pernah mengalami ledakan gunung api, aktivitas gempa bumi yang terbatas dan tercatat tidak pernah mengalami angin topan, tsunami.

Berikut ini merupakan penampakan gambar dari benua Australia:
Gambar benua australia - peta benua australia


Letak dan Luas Benua Australia
Benua Australia terletak di belahan bumi selatan, secara astronomis berada pada posisi 9°LS – 45°LS
dan 113°BT – 154°BT. Luas benua Australia kurang lebih 7.682.300 km².

Batas Wilayah Benua Australia

Batas wilayah Australia, sebelah utara dibatasi oleh Laut Timor, Laut Arafura, dan Laut Koral, sebelah barat dan sebelah selatan dibatasi Samudera Hindia, dan sebelah timur dibatasi oleh Samudera Pasifik.

Iklim Benua Australia

Iklim di Australia dibedakan menjadi 8 zone iklim, yaitu sebagai berikut.
(1) Iklim lembah kering tropis
Daerah tropika di Australia beriklim monsun. Daerah tersebut mempunyai musim kering dan lembab dengan arah angin yang berbalik secara musiman.
(2) Iklim setengah gersang tropis
Kawasan beriklim ini terletak di pedalaman. Suhunya berkisar antara hangat sampai panas sepanjang tahun, yakni antara 21°C dan 27°C.
(3) Iklim subtropis basah
Kawasan beriklim subtropis ini terletak di antara Garis Balik dan 35oLS, yakni di antara dataran tinggi dan pantai di Australia bagian timur.
(4) Iklim sedang hangat dan basah
Iklim ini dijumpai di Australia sebelah timur di antara dataran tinggi dan pantai.
(5) Iklim sedang hangat dan setengah gersang
Iklim ini dijumpai di daerah dataran tinggi yang letaknya jauh di barat dengan curah hujan yang berkurang.
(6) Iklim sedang lembab dan kering
Iklim ini terdapat di dua daerah di Australia barat daya di sekitar kota Perth dan di Australia Selatan dekat kota Adelaide.
(7) Iklim gurun pasir
Sebagian besar daerah pedalaman Australia merupakan sebuah padang pasir dengan kadar penguapan yang tinggi dan hujannya kurang dari 250 mm per tahun.
(8) Iklim tropis
Iklim tropis dijumpai di Australia di atas Garis Balik Selatan (23 1/2° selatan).

Berdasarkan letak lintangnya, Australia memiliki tiga iklim matahari yang berbeda, yaitu kawasan tropis (11 LS – 23 30 LS), kawasan subtropis (23 30 – 35 LS), dan kawasan beriklim sedang (35 – 44 LS).

Lebih dari sepertiga Benua Australia terletak di kawasan tropis dan dua pertiga sisanya terletak di kawasan subtropis dan kawasan beriklim sedang. Pada bagian tengah benua juga terdapat iklim gurun yang kering dengan amplitudo suhu yang besar. Selain banyak turun hujan di kawasan Utara (daerah tropis), hujan juga banyak turun di bagian pegunungan Timur karena adanya pengaruh angin pasat Tenggara dari perairan Samudra Pasifik yang lembap dan menyebabkan terjadinya hujan orografis.

Bentang Alam Australia

Ciri-ciri Alam Utama Benua Australia
Benua Australia mempunyai ciri-ciri alam yang membedakan dengan benua lainnya, yaitu sebagai berikut.
  1. Benua paling tandus.
  2. Benua paling sempit.
  3. Benua paling datar permukaan buminya.
  4. Terdapat binatang khas Australia, yaitu Kangguru.
  5. Terdapat Karang Penghalang Besar (Great Barrier Reef) .
  6. Terdapat banyak jenis binatang berkantung.

Menurut lingkungan alamnya atau tinggi rendah tanahnya, Australia dapat dibagi menjadi tiga daerah berikut.
(1) Bagian Timur
Bagian timur terdiri dari tanah pegunungan, “The Great Dividing Range” yang terdiri dari plato-plato atau dataran tinggi yang luas, bukit-bukit dan gunung-gunung yang rendah, sejajar dengan Pantai Timur dan Tenggara. Sungai Murray merupakan sungai terbesar di Australia, dengan anak sungainya Darling, Murrumbidge, dan Lachian, yang panjangnya 2.570 km.
(2) Bagian Tengah
Bagian ini merupakan dataran rendah “Great Artesian Basin”. Daerah basin ini mempunyai sifat tersendiri. Luasnya 1.735.300 km², terdiri dari danau-danau, rawarawa yang luas antara lain: Danau Eyra, Danau Torrens, dan Danau Gairdnner.
(3) Bagian Selatan
Bagian selatan merupakan daerah plato atau dataran tinggi. Daerah plato ini terdiri dari stepa dan gurun pasir yang kering. Di bagian plato ini terdapat Gurun Victoria Besar, Gurun Gibson, dan Gurun Pasir Besar.

Gurun
Wilayah gurun mendominasi daratan Benua Australia, luasnya 1.492.000 km meliputi Gurun Pasir Besar, Gurun Victoria Besar, Gurun Tanami, Gurun Gibson, Gurun Shimpson, dan Gurun Stewart. Gurun-gurun tersebut pada umumnya merupakan plato, hanya di bagian tengah yang berupa gurun dataran rendah.

Gunung dan pegunungan
Pegunungan di Benua Australia terdapat di bagian Timur dengan bentuk memanjang sejajar pantai sejauh 4.000 km. Rangkaian pegunungan tersebut dikenal dengan sebutan Pegunungan Pemisah Besar (The Great Dividing Ringe). Jalur pegunungan tersebut berawal dari Semenanjung York di Utara (wilayah negara bagian ueensland) dan memanjang sejajar Pantai Timur serta berakhir di kawasan Pantai Selatan (negara bagian Victoria), mencakup Pegunungan Biru (Blue Mountains) di sebelah Barat Sydney dan Pegunungan Salju (Snowy Mountains) yang terletak di sepanjang perbatasan negara bagian New South Wales dan Victoria. Puncak tertinggi Australia berada di sebelah Tenggara, yaitu di Gunung Kosciusko (2.230 m) yang termasuk rangkaian Pegunungan Salju.

Dataran tinggi
Dataran tinggi Australia terdapat di Plato Barat. Kawasan tersebut dahulu adalah kawasan pegunungan yang telah tererosi selama jutaan tahun. Kawasan plato Barat Australia mencakup Plato Hammersley, Plato Kimberley, dan Plato Tanah Arnhem, termasuk juga wilayah pegunungan dan perbukitan rendah, seperti Pegunungan Mac Donnell, Pegunungan Musgra e, Perbukitan Throssell, dan Perbukitan Robertson.

Di kawasan plato Barat ini terdapat ketampakan alam berupa batu cadas raksasa yang disebut Ayer's Rock atau Uluru. Di kawasan plato Barat inilah terletak gurun-gurun Australia yang terkenal, seperti Gurun Victoria Besar, Gurun Pasir Besar, Gurun Gibson, dan Gurun Tanami.

Dataran rendah
Dataran rendah Australia terdapat di bagian tengah dan Selatan, tepatnya di sebelah Utara Teluk Australia Besar yang disebut dengan Dataran Nurlabor (Nurlabor Plain), di kawasan Danau Eyre, dan di Lembah Sungai Darling di New South Wales. Kawasan dataran rendah tersebut merupakan kawasan air bawah tanah yang membentang sejauh 2.000 km dari Utara ke Selatan dan 1.600 km dari Timur ke Barat.

Cekungan tersebut terletak di bawah dataran tengah dan mencakup tiga perempat ueensland, seperempat New South Wales, sepertiga Australia Selatan, dan seperdelapan Daerah Khusus Utara. Air bawah tanah itu dapat dipompa ke luar sebagai air artesis untuk menghidupi domba dan ternak.

Sungai dan danau
Sungai di Australia dapat dibedakan atas sungai yang bersifat permanen dan bersifat periodik. Beberapa sungai yang terdapat di kawasan Plato Barat, yaitu Sungai Ord, Gascoyne, dan Murchison yang semuanya mengalir ke Barat atau Utara. Di sebelah Utara terdapat Cekungan Carpentaria. Di sebelah Selatan Cekungan Carpentaria ada Cekungan Danau Eyre yang sangat luas. Di kawasan ini pada umumnya terdapat sungai periodik yang hanya mengalir pada musim hujan.

Sungai-sungai tersebut mengalir ke danau-danau besar di daerah pedalaman dan tidak pernah sampai ke laut. Salah satu danau besar di kawasan ini adalah Danau Eyre yang merupakan suatu cekungan. Di sebelah Selatan Cekungan Danau Eyre dijumpai Lembah Sungai Murray-Darling yang dialiri oleh kedua sungai terbesar di Australia, yakni Sungai Murray (2.520 km) dan Sungai Darling (3.750 km).

Flora dan Fauna Benua Australia

Hewan asli Australia sangat berbeda dengan hewan yang dijumpai di tempat-tempat lain di dunia. Pada kenyataannya, kebanyakan tanaman dan hewan asli Australia hanya dijumpai di Australia
(1) Flora
Tanaman khas Australia antara lain eucalyptus, acacia, boronia, anggrek, dan bunga-bunga liar.
(2) Fauna
Hampir separo dari binatang menyusui asli Australia adalah berkantung, dan yang paling terkenal adalah kanguru, wallaby, koala, emu, angsa hitam. Lyre bird, platypus, dan dingo.

Kebanyakan tanaman dan hewan Australia hanya dijumpai di Australia. Untuk jenis tanaman, pohon kayu eukaliptus merupakan jenis tanaman yang paling banyak ditemui di Australia. Tidak kurang dari 569 jenis pohon eukaliptus dan 772 jenis pohon akasia tersebar di berbagai kondisi iklim dan tempat di Australia. Mallee adalah kawasan hutan yang terdiri atas pohon-pohon eukaliptus rendah dan berdahan banyak serta dijumpai di dekat padang pasir.

Fauna khas Australia dapat digolongkan atas hewan marsupial dan monotrem. Hewan marsupial adalah hewan berkantung. Contohnya adalah koala dan kanguru. Adapun monotrem adalah jenis
hewan-hewan yang bertelur, tetapi menyusui anaknya seperti hewan mamalia. Contohnya adalah platypus. Selain itu, kawasan gurun Australia juga menyimpan potensi fauna sejenis reptil berupa ular
dan biawak yang hidup di kawasan gurun, bahkan Australia tercatat memiliki berbagai jenis biawak dan ular terbanyak di dunia.

Penduduk Asli Australia

Penduduk asli Australia disebut orang Aborogin yang biasa juga disebut Negro Australia, yang telah menjadi penghuni benua tersebut sejak 20.000 – 30.000 tahun yang lalu dan diduga berasal dari daerah Asia Tenggara.

Penduduk Pendatang Australia (Ras Kulit Putih)
Bangsa kulit putih yang pertama-tama menetap di Australia yaitu orang buangan, terutama orang-orang yang berasal dari Inggris.

Jumlah dan Kepadatan Penduduk
Penduduk Australia pada tahun 2001 mencapai kira-kira 19,5 juta orang. Jumlah penduduk bertambah 1,1% setiap tahun dibandingkan dengan di Indonesia yang tingkat pertumbuhan penduduknya mencapai 1,4% setiap tahun.

Dengan luas tanah 7.713.000 kilometer persegi, rata-rata kepadatan penduduk di Australia adalah kira-kira 2 orang untuk setiap 1 km² tanah. Sebagai perbandingan, dengan luas tanah 1.919.443 kilometer persegi, kepadatan penduduk Indonesia sekarang adalah kira-kira 99 orang untuk setiap satu kilometer persegi.

Agama yang dianut
Ada banyak agama di Australia. Penganut muslim sebanyak 147.500 dan Budha sekitar 139.000 orang.

Kebudayaan Benua Australia
Kebudayaan yang dominan di Australia selama dua dasawarsa terakhir berasal dari Inggris. Ini merupakan akibat dari zaman kolonial.

Kegiatan perekonomian Benua Australia
Dalam bidang pertanian Australia antara lain menghasilkan gandum, padi, anggur, buah-buahan. Australia juga penghasil gula terbesar ketujuh dan pengekspor gula terbesar ketiga di dunia.
Usaha peternakan di Australia, meliputi sapi, domba,. Hasil pertambangan meliputi emas, bijih besi, bauksit dan aluminium, uranium, batu bara, minyak, gas alam.

Keadaan ekonomi di Benua Australia adalah sebagai berikut.
  1. Australia merupakan negara pertanian(agraris) yang maju.
  2. Australia adalah penghasil wol (bulu domba) terbesar di dunia.
  3. Australia adalah pengekspor hasil pertanian dan peternakan.
  4. Pendapatan perkapita penduduknya Australia digolongkan tinggi.

Karakteristik Benua Australia

Benua Australia memiliki karakteristik atau ciri khas yang dapat membedakan dari benua-benua lain yang ada di muka bumi ini.
Berikut ini beberapa karakteristik Benua Australia.
  1. Australia merupakan negara benua, artinya hanya ada satu negara di Benua Australia, yaitu negara Australia.
  2. Benua Australia memiliki gugusan terumbu karang terluas di perairan sebelah Timurnya yang dikenal dengan sebutan The Great Barrier Reef.
  3. Benua Australia memiliki batuan monolith terbesar, yaitu Ayer s Rock dengan tinggi 348 m dan panjang 31 km.
  4. Benua Australia sebagian besar wilayahnya berupa kawasan gurun. 
Baca juga karakteristik lengkap benua👈 dan samudera👈

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "BENUA AUSTRALIA (Gambar, Letak Astronomis, Batas, Bentang Alam, Flora Fauna, Karakteristik)"

Posting Komentar