Negara Mesir (Letak, Batas, Iklim, Keadaan Alam, Penduduk, Bentuk Pemerintahan, Ekonomi Negara Mesir)

Letak, Luas, dan Batas Negara Mesir

Negara mesir terletak di kawasan utara benua Afrika yang berbatasan dengan laut tengah di sebelah utara dan laut merah sebelah timur. Sebelah barat berbatasan dengan Libia dan sebelah selatan berbatasan dengan Sudan. Ibukota mesir adalah Kairo.
Negara Mesir (Letak, Batas, Iklim, Keadaan Alam, Penduduk, Bentuk Pemerintahan, Ekonomi Negara Mesir)
Mesir terletak antara 25° BT-35° BT dan 22° LU – 32° LU dengan luas 997.739 km². Terusan Suez yang dibangun Ferdinand de Lessen (orang Perancis) membangun terusan untuk menghubungkan Laut Tengah dan Mesir

Keadaaan Iklim Negara Mesir

Berdasarkan letak memberi iklim tropis tetapi karena luasnya benua, maka angin yang berhembus ke arah Mesir sifatnya kering, sehingga membentuk gurun pasir dengan curah hujannya antara 100 – 200 mm / tahun. Sedangkan suhu udara pada bulan Mei – Oktober 45°C dan bulan Nopember – April mencapai 17°C.

Keadaan Alam Negara Mesir

Mesir secara fisik dibagi menjadi 3 bagian yaitu:
  1. Gurun yang terletak di sebelah barat disebut gurun barat dan sebelah timur gurun timur. Karena itu sumber air yang diandalkan penduduk adalah oase – oase,
  2. Daerah yang dilalui sungai Nil, sehingga lahan sepanjang sungai ini dapat diairi sungai ini, sedangkan Delta terletak di muara Sungai Nil. Lebar daratan alluvial sepanjang sungai nil sekitar 16 km, dan
  3. Semenanjung Saini merupakan plato dengan puncak tertingginya gunung Katherin (2.637). Pada semenanjung ini terletak Terusan Suez.


Flora dan fauna Mesir
Dengan iklim kering tidak memungkinkan tumbuhnya berbagai macam tumbuhan, kecuali tumbuhan yang dapat bertahan kekeringan. Tumbuhan yang ada adalah semak belukar yang tumbuh sekitar oase, pohon kurma dan kaktus. Hewan yang dapat hidup pada wilayah ini yaitu unta dan kambing.

Penduduk Negara Mesir
Kondisi iklim memengaruhi aktivitas penduduk, karena itu kemungkinan penduduk sebagian besar (95 %) di sepanjang sungai Nil dan oase – oase. Jumlah penduduk Mesir sekitar 58,9 juta jiwa (1994) dengan pendapatan US $ 630 / kapita. Penduduk Mesir terdiri atas 3 suku bangsa yaitu : Hamit, Nubia dan Arab.


Bentuk Pemerintahan Negara Mesir
Mesir merupakan negara dengan sistem pemerintahan Republik. Kepala negaranya disebut dengan presiden dan kepala pemerintahannya adalah perdana menteri. Ibukota negara mesir adalah Kairo yang dilalui sungai Nil.

Perekonomian Mesir
Aktivitas penduduk dilakukan sepanjang sungai Nil, karena lembahnya merupakan tanah alluvial yang subur, sehingga sepanjang sungai nil dijadikan daerah pertanian. Produk pertaniannya adalah : kapas (no 1) Millet dan Jagung. Tahun 1902 dibuat bendungan yang dikenal dengan bendungan Aswan untuk mengairi daerah pertanian yang membentuk Danau Nasser.

Pertambangan Negara Mesir
Mesir merupakan negara penghasil barang tambang yang dibutuhkan industri seperti: minyak ditambang di pantai barat Sinai dan teluk Suez, Depresi Qatar, el Alamein, juga Mesir menghasilkan Bijih Besi, Fosphat, garam, mangan, gips, timbal dan asbes.

Sektor Perindustrian Mesir
Sebagai penghasil kapas maka mesir mengembangkan industri tekstil dan industri penyulingan minyak.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Negara Mesir (Letak, Batas, Iklim, Keadaan Alam, Penduduk, Bentuk Pemerintahan, Ekonomi Negara Mesir)"

Posting Komentar