14 KTT GNB (Konferensi Tingkat Tinggi Gerakan NonBlok)

Dalam perkembangannya, GNB telah beberapa kali mengadakan KTT, di antaranya sebagai berikut:
14 KTT GNB - Konferensi Tingkat Tinggi Gerakan NonBlok

1. KTT GNB I
Pada 1–6 September 1961, KTT GNB kali pertama diadakan di Beograd, Yugoslavia. Dihadiri oleh 25 negara peserta dan 3 negara peninjau. Hasil utama KTT GNB I adalah disepakatinya prinsip-prinsip perjuangan GNB, yaitu sebagai berikut.
  • GNB bukan organisasi yang membentuk blok tersendiri dan tidak bergabung dengan blok yang
  • terlibat Perang Dingin.
  • GNB adalah wadah perjuangan negara-negara berkembang dan gerakannya bersifat tidak pasif.
  • GNB menyokong setiap usaha menentang imperialisme, kolonialisme, neokolonialisme, rasialisme, apartheid, serta zionisme.
KTT GNB I juga menyepakati rekomendasi kepada PBB agar menyerukan anggotanya untuk menghapuskan penjajahan dalam segala bentuk.

2. KTT GNB II
KTT GNB II berlangsung di Kairo, Mesir, pada 5–10 Oktober 1964. KTT ini dihadiri oleh 49 negara
anggota dan 11 negara peninjau. Hasil-hasil KTT GNB II, di antaranya demokratisasi hubungan internasional, menjalin kerja sama kebudayaan, penelitian, pendidikan, serta menyatukan organisasi-organisasi internasional dan regional yang bergerak di bidang tersebut.

3. KTT GNB III
KTT GNB III dilangsungkan pada 8-10 September 1970 di Lusaka, Zambia. KTT ini dihadiri oleh 53 negara. Masalah pokok yang dibicarakan adalah kerja sama ekonomi di dunia ketiga atau negara-negara berkembang.

4. KTT GNB IV
KTT GNB IV dilangsungkan di Aljir, Alzajair, pada 5-9 September 1973. KTT ini dihadiri 75 negara. Masalahmasalah yang dibahas dalam KTT ini, antara lain kemungkinan kerja sama ekonomi antara negara berkembang dan negara maju, transfer teknologi dari negara maju ke negara-negara berkembang, perusahaan multinasional, pangan dunia, serta ketegangan politik di Timur Tengah dan Afrika.

5. KTT GNB V
KTT GNB V diadakan di Kolombo, Sri Lanka, pada 16-19 September 1976 dan dihadiri 85 negara peserta. Pada KTT ini, berhasil dibentuk Forum Pertemuan Menteri Luar Negeri GNB yang terdiri atas 25 negara anggota, termasuk Indonesia. Pada KTT ini dibahas bahaya perang nuklir, cara-cara untuk memperkokoh persatuan, dan memajukan ekonomi negara anggota. Masalah Timor Timur juga dibahas atas usul Angola, bekas jajahan Portugis di Afrika.

6. KTT GNB VI
KTT GNB VI diselenggarakan pada 3–9 September 1979 di Havana, Kuba. KTT ini dihadiri 94 negara. Pada KTT ini terjadi keretakan dalam tubuh GNB karena terdapat perbedaan pandangan mendasar antara anggota yang berpandangan moderat, seperti Indonesia, Yugoslavia, India, dan Sri Lanka dengan yang berpandangan lebih radikal, seperti Kuba, Aljazair, dan Vietnam. Mereka berselisih pendapat tentang penyelesaian masalah serangan RRC ke Vietnam, perang saudara di Kamboja, dan persetujuan Camp David antara Mesir dan Israel.

7. KTT GNB VII
KTT GNB VII berlangsung pada September 1982 di New Delhi, India. Seperti pada KTT GNB VI, para anggota berbeda pendapat. Kali ini Kuba yang menganjurkan agar semua anggota GNB lebih memihak kepada Rusia. Usulan tersebut mendapat kecaman keras dari seluruh peserta KTT. Perdana Menteri India yang waktu itu menjadi Ketua GNB, bermaksud mengeluarkan Kuba dari keanggotaan GNB.

8. KTT GNB VIII
KTT GNB VIII dilangsungkan di Harare, Zimbabwe, pada 1-6 September 1986. KTT ini dihadiri 101 negara. Pada konferensi ini dibicarakan arah politik dan kebijakan GNB setelah meredanya Perang Dingin antara dua negara adikuasa. Presiden Zimbabwe Robert Mugabe yang saat itu mengetuai GNB, lebih menekankan aktivitas GNB pada masalah-masalah sosial ekonomi, khususnya kerja sama ekonomi antarnegara GNB sendiri.

9. KTT GNB IX
KTT GNB IX yang berlangsung di Beograd, Yugoslavia, pada 4-7 September 1989 dihadiri 102 negara. KTT ini dibayang-bayangi oleh perpecahan dalam negeri Federasi Yugoslavia. Hal ini menyebabkan KTT IX kurang membawa hasil yang bermanfaat.

10. KTT GNB X
KTT X berlangsung di Jakarta, Indonesia, pada 1-6 September 1992 yang dihadiri 108 negara anggota. Pada KTT ini berhasil dibicarakan masalah penyelesaian utang negara berkembang, pertanian, kependudukan, dan pembangunan ekonomi. Hal-hal tersebut dituangkan dalam sebuah deklarasi yang bernama Jakarta Message (Pesan Jakarta).

11. KTT GNB XI
KTT GNB XI dilangsungkan di Cartagena, Kolombia, pada 18 Oktober 1995. Sekitar 113 negara hadir dalam KTT ini. Masalah yang dibahas dalam KTT ini adalah upaya restrukturisasi Dewan Keamanan PBB dan masalahmasalah global.

12. KTT GNB XII
KTT GNB XII diselenggarakan di Durban, Afrika Selatan pada 1-6 September 1999. KTT ini dihadiri 113 negara anggota. KTT ini menghasilkan Deklarasi Durban.

13. KTT GNB XIII
KTT GNB ke XIII berlangsung pada 24–25 Februari 2003 di Kuala Lumpur. KTT ini membicarakan masalah krisis yang terjadi di Irak.

14. KTT GNB XIV
KTT GNB ke XIV berlangsung 11-16 September 2007 di Havana, Kuba.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "14 KTT GNB (Konferensi Tingkat Tinggi Gerakan NonBlok)"

Posting Komentar