Pengertian Kurva Indeferen, Ciri-Ciri, dan Cara Membuat Kurva Indeferen (Contoh Soal Kurva Indeferen)

Kurva indiferen adalah kurva yang menunjukkan kombinasi dua macam barang konsumsi yang memberikan tingkat utilitas yang sama.

Ciri-ciri kurva indiferen adalah sebagai berikut.

a) Turun dari kiri atas ke kanan bawah, hal ini berakibat pada terjadinya keadaan yang saling meniadakan (trade-off), yaitu jika konsumen ingin menambah konsumsi atas satu barang, ia harus mengurangi konsumsi atas barang lainnya.
b) Cembung ke arah titik asal (angka 0), yang menunjukkan jika konsumen menambah konsumsi satu unit barang, jumlah barang lain yang dikorbankan semakin kecil. Dalam analisis ilmu ekonomi hal ini sering disebut sebagai tingkat substitusi marginal (marginal rate of substitution atau MRS), yaitu tingkat ketika barang X bisa disubstitusikan dengan barang Y dengan tingkat utilitas yang tetap.

Ciri-ciri kurva indiferen

c) Kurva indiferen tidak saling berpotongan.
d) Jika kombinasi barang yang dikonsumsi memiliki kualitas yang semakin banyak, maka akan memberikan utilitas yang semakin tinggi yang ditunjukan oleh kurva indiferen yang semakin menjauhi titik 0.

Cara Membuat Kurva Indeferen

Seorang konsumen membeli sejumlah barang, misalnya, makanan dan pakaian dan berusaha mengombinasikan dua kebutuhan yang menghasilkan utilitas yang sama, digambarkan dalam Tabel yaitu sebagai berikut.
Tabel dari kurva indeferen
Apabila konsumen menyatakan bahwa.
a) A>B, berarti makan 4 kali sehari dengan membeli pakaian 2 kali setahun lebih berdaya guna dan memuaskan konsumen daripada makan 3 kali sehari dan membeli pakaian 4 kali setahun.
b) A<B, berarti makan 3 kali sehari dengan membeli pakaian 4 kali setahun lebih berdaya guna dan memuaskan konsumen daripada makan 4 kali sehari dengan membeli pakaian 2 kali setahun.
c) A=B, berarti makan 4 kali sehari dengan membeli pakaian 2 kali setahun dan makan 3 kali sehari dengan membeli pakaian 4 kali setahun memberikan utilitas yang sama kepada konsumen.
Contoh situasi tersebut dapat digambarkan dalam kurva indiferen sebagaimana ditunjukkan dalam kurva berikut.

Cara Membuat Kurva Indeferen

Dari Kurva diatas terlihat bahwa dengan memperoleh lebih banyak barang yang satu akan menyebabkan kehilangan sebagian barang yang lain. Kombinasi makanan dan pakaian yang memberikan utilitas sama digambarkan sebagai kurva indiferen.

Contoh Soal Kurva Indeferen dan Pembahasan

1. menurun dari kiri ke kanan bawah
2. cembung ke arah titik origin
3. menunjukkan tingkat kepuasan sama bagi seorang konsumen
4. tidak akan saling berpotongan
Yang menunjukkan ciri kurva indiferen adalah ....
a. 1 dan 2
b. 1 dan 3
c. 2 dan 3
d. 2 dan 4
e. 1 dan 4

Pembahasan:
Ciri-ciri kurva indiferen
1. berbentuk cembung terhadap sumbu ordinat
2. gradien negatif
3. tidak saling berpotongan
4. semakin jauh kurva tersebut menggambarkan utilitas yang semakin tinggi
Jawaban : E

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Kurva Indeferen, Ciri-Ciri, dan Cara Membuat Kurva Indeferen (Contoh Soal Kurva Indeferen)"

Posting Komentar