3 Cara Mengetahui Harga & Jumlah Keseimbangan Pasar dengan Tabel, Kurva, dan Matematis

Keseimbangan Pasar - Interaksi antara kekuatan permintaan dan penawaran di pasar, akan melahirkan keseimbangan harga dan kuantitas yang disebut dengan keseimbangan pasar. Jadi, keseimbangan pasar terjadi jika harga dan jumlah barang yang diminta di pasar sama dengan harga dan jumlah barang yang ditawarkan. Dengan kata lain, keseimbangan pasar terjadi pada harga dan jumlah barang ketika kekuatan penawaran dan permintaan seimbang.
Pada kondisi ini, akan tercipta harga keseimbangan (equilibrium price) dan jumlah keseimbangan (equilibrium quantity). Pada kondisi keseimbangan, harga dan kuantitas cenderung tetap tidak berubah, selama faktor lain tetap (tidak berubah).

Untuk mengetahui harga dan jumlah keseimbangan dapat dilakukan dengan cara tabel, cara kurva, dan cara matematis. Ketiga cara tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut.

1. Cara Tabel

Berikut disajikan tabel tentang jumlah gula putih yang diminta dan ditawarkan pada berbagai tingkat harga yang dibandingkan.

ara Mengetahui Harga & Jumlah Keseimbangan Pasar dengan Tabel
Berdasarkan Tabel diatas terlihat bahwa keseimbangan pasar terjadi pada saat jumlah penawaran dan permintaan mencapai jumlah 30 ton per bulan dan pada harga Rp10.000,00 per kg. Dengan demikian, 30 ton per bulan merupakan jumlah keseimbangan (equilibrium quantity) dan harga Rp10.000,00 per kg merupakan harga keseimbangan (price quantity).
Seandainya, dicoba dengan harga Rp5.000,00, apakah yang akan terjadi? Pada harga tersebut konsumsi melebihi produksi. Konsumen akan berebut untuk memperoleh sejumlah gula putih yang dibutuhkan. Hal ini akan menyebabkan harga gula putih naik. Adapun pada harga Rp15.000,00, jumlah yang ditawarkan lebih besar dari jumlah yang diminta, sehingga persediaan gula putih akan menumpuk. Oleh karena itu, terjadinya penumpukan gula putih dan harga barang tersebut akan turun. Dengan demikian tidak terjadi harga keseimbangan.

2. Cara Kurva

Lihat tabel skedul permintaan gula putih dan skedul penawaran gula putih.

tabel skedul permintaan gula putih dan skedul penawaran gula putih
Kurva permintaan dan penawaran berdasarkan data tabel diatas tergambar pada Kurva berikut.

Kurva untuk Mengetahui Harga & Jumlah Keseimbangan Pasar

Kurva diatas menjelaskan titik keseimbangan (titik E) pada Q = 30.
Jika dari titik keseimbangan ditarik garis ke sumbu Q, akan diperoleh jumlah keseimbangan. Jika dari titik keseimbangan ditarik garis ke sumbu P, akan diperoleh harga keseimbangan.
Berdasarkan Kurva 3.13 harga keseimbangan pasar dan jumlah keseimbangan pasar terjadi di titik perpotongan antara kurva permintaan dan kurva penawaran.
 

3. Cara Matematis

Berdasarkan fungsi permintaan dan fungsi penawaran gula putih sebelumnya, Anda dapat mencari harga keseimbangan pasar dan jumlah keseimbangan pasar. Pada dasarnya, harga keseimbangan terjadi apabila jumlah gula putih yang diminta di pasar sama dengan jumlah gula putih yang ditawarkan. Secara matematis hal ini ditunjukkan oleh persamaan
Qd = Qs.
Dari fungsi permintaan diketahui bahwa:
Qd = 50 - 2P
Adapun fungsi penawarannya adalah:
Qs = –20 + 5P
Jadi harga keseimbangan dapat dicari dengan cara sebagai berikut:
Qd = Qs
50 - 2P = –20 + 5P
50 + 20 = 2P + 5P
70 = 7P
10 = P
Jadi harga keseimbangan terjadi pada Rp 10.000,00. Adapun untuk mencari jumlah keseimbangan, masukkan nilai P = 10 ke salah satu persamaan.
Misal, nilai P = 10 dimasukkan ke dalam persamaan Qd, jadi
Qd = 50 - 2P
Qd = 50 - 2(10)
Qd = 50 - 20
Qd = 30

Jika nilai P = 10 dimasukkan ke dalam persamaan Qs, jadi
Qs = -20 + 5P
Qs = -20 + 5(10)
Qs = -20 + 50
Qs = 30
Jadi, jumlah keseimbangannya adalah 30 ton.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "3 Cara Mengetahui Harga & Jumlah Keseimbangan Pasar dengan Tabel, Kurva, dan Matematis"

Posting Komentar