Penjelasan Pembentukan Harga pada Pasar Persaingan Sempurna

Bagaimana Pembentukan Harga pada Pasar Persaingan Sempurna?

Pada pasar persaingan sempurna, pembentukan harga ditentukan oleh kekuatan tarik-menarik antara permintaan dan penawaran di pasar. Harga yang terbentuk benar-benar mencerminkan kegiatan penjual dan pembeli secara keseluruhan.

Ciri pasar persaingan sempurna yang pertama menyatakan, bahwa penjual dan pembeli berjumlah banyak sehingga secara perseorangan tidak mampu memengaruhi pasar. Hal ini berarti berapa pun jumlah barang yang ditawarkan penjual, semuanya akan laku tanpa mengalami penurunan harga (harga tidak berubah), karena memang penjual dan pembeli secara perseorangan tidak akan mampu mengubahnya. Keadaan tersebut digambarkan dengan kurva berikut.

Kurva Penjelasan Pembentukan Harga pada Pasar Persaingan Sempurna
Dari kurva tersebut tampak bahwa berapa pun jumlah yang ditawarkan semuanya akan laku dengan harga yang tidak berubah, yakni sebesar OP.
Akan tetapi, bila pembeli dan penjual bertindak secara bersama-sama maka mereka akan mampu memengaruhi harga pasar. Contohnya, bila pembeli secara bersama-sama hanya bersedia membeli dengan harga rendah maka penjual terpaksa menjual dengan harga rendah. Akan tetapi, akibatnya pembeli akan kesulitan mencari barang atau jasa yang diperlukannya karenahanya sedikit penjual yang mau menawarkan barang atau jasanya dengan harga serendah itu. Dengan demikian, harga akan bertambah naik. Naiknya harga tentu akan menambah penawaran sehingga satu saat pada harga tertentu, jumlah yang diminta sama dengan jumlah yang ditawarkan. Harga pada posisi ini disebut dengan istilah Harga Keseimbangan. Singkat kata, dalam pasar persaingan sempurna harga yang terbentuk di pasar benar-benar merupakan hasil tarik-menarik antara permintaan dan penawaran. Dan bila digambarkan, kurva permintaan dan penawaran akan berbentuk normal seperti berikut.

Kurva permintaan dan penawaran normal


Hukum Walras
Leon Walras (1834-1910), seorang ahli ekonomi berkebangsaan Prancis yang lahir pada tahun 1834 di Normandia, Prancis. Pada tahun 1874 dan 1877 ia menerbitkan buku yang terdiri atas dua bagian, berjudul Elements d’Economie Politique Pure yang dalam bahasa Inggris diterjemahkan menjadi Elements of Pure Economics. Bagian pertama membahas teori nilai guna marginal, dan bagian kedua membahas analisis keseimbangan umum.

Teori tentang analisis keseimbangan umum merupakan karya Leon Walras paling terkenal. Di dalam teori ini pada dasarnya ia mengemukakan bahwa harga suatu barang tidak hanya ditentukan oleh kekuatan permintaan dan penawaran barang itu saja, tetapi juga oleh pasar barang-barang lainnya. Jika ada kelebihan permintaan akan suatu barang, tentu ada kelebihan penawaran akan barang yang lain sehingga diperlukan kegiatan pertukaran barang. Tujuan pertukaran adalah memaksimalkan kepuasan, yang menurut Walras berarti menjual kelebihan penawaran agar dapat menghilangkan kelebihan permintaan.
Karena itu, setiap kegiatan pertukaran barang akan memengaruhi nilai seluruh barang yang ada di dalam sistem perekonomian. Teori ini sering disebut Hukum Walras, yang sangat berbeda dengan teori-teori lainnya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Penjelasan Pembentukan Harga pada Pasar Persaingan Sempurna"

Posting Komentar