Pengertian dan Macam-Macam Angka Indeks dan Rumus Penjelasannnya

Penerapan Indeks Harga pada Statistika dalam Ekonomi?

Di dunia ini banyak hal mengalami perubahan. Perubahan itu bisa berupa peningkatan atau penurunan. Variabel-variabel seperti harga barang, harga jasa, pendapatan, jumlah produksi, jumlah penjualan suatu saat bisa meningkat dan di saat lain bisa juga menurun. Analis ekonomi, pengusaha, pemerintah dan pihak-pihak lain yang berkepentingan, perlu membandingkan perubahan-perubahan variabel tersebut untuk dijadikan sebagai dasar pembuatan kebijakan.

Misalnya pengusaha A ingin membandingkan jumlah produksi tahun 2002 dengan tahun 2000. Jumlah produksi tahun 2002 sebesar 217.701.426 unit sedangkan jumlah produksi tahun 2000 sebesar 199.647.306 unit. Jadi, jika dibandingkan dengan tahun 2000, jumlah produksi pada tahun 2002 mengalami peningkatan sebesar 18.054.120 unit. Membandingkan dengan cara seperti ini sangat merepotkan, apalagi bila data yang harus dibandingkan banyak. Kita membutuhkan suatu alat pembanding yang lebih praktis dan mudah dibaca. Untuk itu para ahli statistik membuat apa yang disebut angka indeks. Apa itu angka indeks, ada berapa macam angka indeks

1. Pengertian Angka Indeks

Angka indeks adalah angka perbandingan yang dinyatakan dalam persentase untuk mengukur perubahan relatif satu variabel atau lebih pada waktu tertentu atau tempat tertentu, dibandingkan dengan variabel yang sama pada waktu atau tempat yang lainnya. Singkatnya, angka indeks adalah angka perbandingan untuk mengukur perubahan variabel yang dinyatakan dalam persentase.

Angka indeks digunakan untuk mengetahui perubahan-perubahan variabel yang berkaitan dengan banyak aspek kehidupan manusia. Oleh karena itu, angka indeks digunakan hampir di seluruh cabang ilmu pengetahuan. Kedokteran, ekonomi, fisika, geografi, dan psikologi adalah contoh cabang ilmu pengetahuan yang menggunakan jasa angka indeks.
 

2. Macam-Macam Angka Indeks

Ada tiga macam angka indeks, yaitu:
a. Angka indeks harga, yaitu angka perbandingan untuk mengukur perubahan harga dari suatu periode ke periode lainnya.
Secara umum, angka indeks harga dirumuskan sebagai berikut:

gambar rumus Angka indeks harga
Keterangan:
Pon = angka indeks harga tahun n atas dasar tahun 0. Tahun 0 disebut juga tahun dasar
∑ = jumlah
∑Pn = harga pada tahun yang ingin dihitung angka indeksnya
∑Po = harga pada tahun dasar


b. Angka indeks jumlah (kuantitas), yaitu angka perbandingan untuk mengukur perubahan jumlah dari suatu periode ke periode lainnya.

Secara umum, angka indeks jumlah dirumuskan sebagai berikut:

gambar rumus angka indeks jumlah - kuantitas
Keterangan
Qon = angka indeks jumlah tahun n atas dasar tahun o
∑= jumlah
∑Qn = jumlah pada tahun yang ingin dihitung angka indeksnya
∑Qo = jumlah pada tahun dasar


c. Angka indeks nilai (value), yaitu angka perbandingan untuk mengukur perubahan nilai dari suatu periode ke periode lainnya.
Nilai dihitung dengan cara mengalikan harga dengan jumlah (kuantitas). Secara umum, angka indeks nilai dirumuskan sebagai berikut:

gambar rumus angka indeks nilai - value
Keterangan
Von = Angka indeks nilai tahun n atas dasar tahun o
∑= jumlah
∑Vn = nilai pada tahun yang ingin dihitung angka indeksnya
∑Vo = nilai pada tahun dasar

Selanjutnya kita akan membahas lebih dalam mengenai angka indeks harga, karena angka indeks harga memiliki peranan penting dalam perekonomian dan banyak mendapat sorotan dari berbagai pihak.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian dan Macam-Macam Angka Indeks dan Rumus Penjelasannnya"

Posting Komentar