Pengertian dan Indikator Pertumbuhan Ekonomi

Pertumbuhan ekonomi dalam bahasa Inggris diistilahkan dengan economic growth mengandung pengertian proses kenaikan output perkapita dalam jangka panjang atau perubahan tingkat kegitan ekonomi yang terjadi dari tahun ke tahun. Menurut Simon Kuznets, pertumbuhan ekonomi adalah kenaikan kapasitas dalam jangka panjang dari negara yang bersangkutan untuk menyediakan berbagai barang ekonomi bagi penduduknya. Kenaikan kapasitas itu sendiri ditentukan atau dimungkinkan oleh adanya kemajuan atau penyesuaian-penyesuaian teknologi, kelembagaan, dan ideologis terhadap berbagai tuntutan keadaan yang ada.

Dari definisi di atas berarti terdapat tiga komponen pokok dalam pertumbuhan ekonomi yaitu sebagai berikut.
  1. Kenaikan output secara berkesinambungan merupakan perwujudan dari pertumbuhan ekonomi, sedangkan kemampuan menyediakan berbagai jenis barang itu sendiri merupakan tanda kematangan ekonomi di suatu negara.
  2. Perkembangan teknologi merupakan dasar atau prakondisi bagi berlangsungnya pertumbuhan ekonomi secara berkesinambungan.
  3. Untuk mewujudkan potensi pertumbuhan yang terkandung di dalam teknologi baru, perlu diadakan serangkaian penyesuaian kelembagaan, sikap, dan ideologi. Inovasi dalam bidang teknologi harus dibarengi dengan inovasi dalam bidang sosial.

Dalam praktiknya yang menjadi tolak ukur indikator pertumbuhan ialah Gross National Product (GNP) atau Gross Domestic Product (GDP) atau Product Domestic Bruto. Kedua tolak ukur ini menghitung total output perekonomian. Adapun letak perbedaannya ialah GNP mengukur output produksi perekonomian nasional yang dimiliki warga negara sendiri baik yang di dalam negeri maupun di luar negeri. Sedangkan GDP mengukur output produksi yang ada di dalam negeri tidak pandang apakah produksi itu dihasilkan oleh orang asing atau bangsa sendiri, yang penting lokasinya di dalam negeri (Domestik), salah satu variabel yang penting diketahui dalam memahami kinerja suatu perekonomian adalah pertumbuhan ekonomi yang biasa dinyatakan dalam persen per tahun.

Pengertian dan Indikator Pertumbuhan Ekonomi

Dengan demikian jelaslah bahwa pertumbuhan ekonomi adalah:
1. Suatu proses dan bukan suatu gambaran ekonomi sesaat, yaitu melihat bagaimana suatu perekonomian berubah dari waktu ke waktu.
2. Berkaitan dengan output yang berupa peningkatan produksi barang atau jasa.
Indikator Pertumbuhan Ekonomi
    Pada dasarnya indikator ada tidaknya pertumbuhan ekonomi dalam suatu negara dapat menggunakan tiga cara pendekatan sebagai berikut:
1. Tingkat penghidupan masyarakat
    Maksudnya, adalah peningkatan konsumsi potensial saat sekarang bila dibanding dengan tingkat konsumsi di masa lampau.
2. Sumber-sumber produksi
    Sumber produksi yang ada dan dapat dipertahankan serta dimanfaatkan lebih efisien atau bahkan dapat ditemukan sumber-sumber produksi baru.
3. Tingkat pendapatan nasional
    Adalah peningkatan pendapatan nasional sekarang bila dibandingkan dengan pendapatan nasional sebelumnya.

Pertumbuhan ekonomi adalah salah satu indikator penting dalam melakukan analisis pembangunan ekonomi yang terjadi pada suatu negara. Secara singkat pertumbuhan ekonomi menunjukkan sejauh mana aktivitas perekonomian menghasilkan tambahan pendapatan masyarakat pada periode tertentu. Adapun menurut Kuznets pertumbuhan ekonomi adalah kenaikan kapasitas dalam jangka panjang dari negara yang bersangkutan untuk menyediakan berbagai barang ekonomi kepada penduduknya. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika pada awal pembangunan ekonomi suatu negara, umumnya perencanaan pembangunan berorientasi pada masalah pertumbuhan.

Definisi yang hampir serupa dikemukakan oleh ekonom Indonesia yaitu Dumairy, secara sederhana, perekonomian dianggap mengalami pertumbuhan jika balas jasa riil (upah/gaji, bunga, sewa, keuntungan) terhadap penggunaan faktor produksi (tenaga kerja, modal, tanah, dan keahlian) pada tahun tertentu lebih besar daripada sebelumnya. Dengan kata lain, perekonomian dianggap mengalami pertumbuhan jika pendapatan riil masyarakat (dalam arti tidak dipengaruhi perubahan harga) pada tahun tertentu lebih besar daripada pendapatan riil masyarakat pada tahun sebelum nya.
Kemajuan perekonomian suatu negara dapat diukur dengan tingkat pertumbuhan ekonomi yang telah dicapai oleh suatu negara dalam satu tahun. Oleh karena itu, harus diketahui faktor-faktor yang dapat
dijadikan sebagai indikator pertumbuhan ekonomi suatu negara. Indikator yang digunakan untuk mengetahui pertumbuhan ekonomi suatu negara adalah tingkat Produksi Domestik Bruto (PDB).
Produksi Domestik Bruto
Beberapa alasan digunakannya PDB (bukan PNB) sebagai indikator pengukuran pertumbuhan ekonomi, yaitu sebagai berikut.
1. PDB dihitung berdasarkan jumlah nilai tambah (value added) yang dihasilkan seluruh aktivitas produksi di dalam perekonomian. Hal ini, peningkatan PDB mencerminkan peningkatan balas jasa kepada faktor produksi yang digunakan dalam proses produksi.
2. PDB dihitung atas dasar konsep siklus aliran (circulair flow concept). Artinya, perhitungan PDB mencakup nilai produk yang dihasilkan pada suatu periode tertentu. Perhitungan ini tidak mencakup perhitungan pada periode sebelumnya. Peman faatan konsep aliran dalam menghitung PDB memungkinkan seseorang untuk membandingkan jumlah output pada tahun ini dengan tahun sebelumnya.
3. Batas wilayah perhitungan PDB adalah negara (perekonomian domestik). Hal ini memungkinkan untuk mengukur sampai sejauh mana kebijakan ekonomi yang diterapkan pemerintah mampu mendorong aktivitas perekonomian domestik.

Suatu perekonomian dikatakan mengalami pertumbuhan ekonomi jika jumlah produksi barang dan jasanya meningkat. Secara riil, dalam kehidupan sehari-hari sangatlah sulit untuk mencatat jumlah unit barang dan jasa yang dihasilkan dalam suatu periode tertentu. Hal ini disebabkan satuan pengukuran yang berbeda dan jenis barang dan jasa yang dihasilkan sangat beragam. Contohnya, produksi padi diukur dalam satuan berat (kg/kw/ton), sementara produksi minyak bumi diukur dalam satuan volume (barel), sedangkan produksi jasa tidak dapat diukur secara fisik, misalnya jasa pariwisata, jasa konsultasi, dan sebagainya.
    Istilah pertumbuhan secara umum adalah suatu ungkapan yang menggambarkan adanya tingkat perkembangan. Jadi pertumbuhan ekonomi mengukur prestasi dari perkembangan suatu perekonomian. Perkembangan ini ditandai dengan kenaikan GDP (Gross Domestic Product) suatu negara tanpa memandang kenaikan itu lebih besar atau lebih kecil dari pertumbuhan penduduk dan tanpa memandang apakah ada perubahan dalam struktur perekonomian atau tidak.

Indikator Tolok Ukur Negara yang Mengalami Pertumbuhan Ekonomi
    Indikator pertumbuhan ekonomi Menurut Economic Commission For Asia Far East (ECAFE) adalah: 
1. apakah di negara itu ditemukan sumber-sumber produktif; 
2. apakah di negara itu terjadi kenaikan pendapatan nasional; dan 
3. apakah di negara itu terjadi kenaikan konsumsi.

Baca juga: Perbedaan antara pertumbuhan dan pembangunan ekonomi, semoga bermanfaat... 😊😊

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian dan Indikator Pertumbuhan Ekonomi"

Posting Komentar