Pengertian dan Manfaat Pasar Uang, Valuta Asing, Tenaga Kerja, dan Bursa Komoditi

Pasar Uang

Pasar uang adalah tempat diperjualbelikannya surat berharga atau dana yang memiliki masa jatuh tempo kurang dari satu tahun. Pasar uang merupakan pilihan alternatif bagi pihak yang membutuhkan dana jangka pendek. Di pasar uang bertemu antara pihak yang kekurangan dana dengan pihak yang kelebihan dana. Harga terbentuk melalui interaksi permintaan dan penawaran.

Pasar Uang, Pasar Valuta Asing, Pasar Tenaga Kerja, dan Bursa Komoditi

Manfaat Pasar Uang

Terdapat beberapa manfaat pasar uang di antaranya:
  1. menjadi sarana penyaluran dana yang tidak produktif;
  2. sarana alternatif mencari sumber dana jangka pendek;
  3. memudahkan pengusaha mencari dana untuk pengembangan usaha;
  4. alat Bank Sentral untuk mengatur jumlah uang beredar.

Surat berharga yang diperjualbelikan di pasar uang adalah sebagai berikut.
1) Sertifikat Bank Indonesia (SBI)
SBI adalah surat berharga yang dikeluarkan Bank Indonesia dengan nilai nominal tertentu. SBI diterbitkan Bank Indonesia agar bank umum yang kelebihan dana (likuiditas) dapat menyalurkan dananya itu dengan membeli SBI. Apabila dana tersebut dibiarkan mengalir ke masyarakat, maka akan terjadi inflasi karena jumlah uang yang beredar bertambah.

2) Sertifikat deposito
Sertifikat deposito adalah surat berharga yang diterbitkan bank umum dengan nilai nominal tertentu dengan masa jatuh tempo tertentu. Sertifikat deposito tidak dapat dicairkan sebelum masa jatuh tempo. Apabila nasabah meminta dana deposito sebelum masa tempo, maka akan dikenakan denda.

3) Surat Berharga Pasar Uang (SBPU)
SBPU adalah surat berharga yang diterbitkan Bank Indonesia dengan nilai nominal tertentu. SBPU diterbitkan Bank Indonesia untuk membantu bank umum yang mengalami kekurangan dana sehingga kebutuhan dananya terpenuhi.
 
Pasar uang terjadi jika ada dana uang yang menganggur atau tidak terpakai yang dimiliki oleh BUMN (Badan Usaha Milik Negara), bank, dan perusahaan untuk memaksimalkan fungsinya. Uang itu dipinjamkan dengan tingkat keuntungan tertentu.

Pasar Valuta Asing

Pasar valuta asing adalah tempat diperjualbelikannya mata uang asing yang dihitung menurut nilai tukar atau kurs valuta. Nilai atau harga valuta asing ditentukan berdasarkan permintaan dan penawaran yang terjadi di pasar valuta asing. Oleh karena itu, nilai atau harga valuta asing sering berubah-ubah setiap saat. Tempat jual beli valuta asing biasa disebut Money Changer.

Manfaat pasar valuta asing

Terdapat beberapa manfaat pasar valuta asing di antaranya sebagai berikut:
  1. memudahkan arus pembayaran ke luar negeri;
  2. memudahkan masyarakat memenuhi kebutuhan mata uang asing;
  3. meningkatkan kegiatan perdagangan internasional.

Pasar valuta asing sering disebut bursa valuta asing yaitu tempat kegiatan memperjualbelikan valuta asing. Pada perdagangan valuta asing dikenal istilah kurs. Kurs adalah nilai mata uang suatu negara yang dinyatakan dengan nilai mata uang negara lain. Kurs terdiri atas kurs jual dan kurs beli. Selisih antara kurs jual dan kurs beli menjadi keuntungan untuk para penjual valuta asing.

Pasar valuta asing hadir sebagai efek terjadinya perdagangan antarnegara. Ketika suatu negara melaksanakan perdagangan maka harus disepakati mata uang apa yang akan dijadikan alat pembayaran. Alat pembayaran yang telah diterima sebagai alat pembayaran internasional adalah Dollar Amerika Serikat ($ US). Contohnya, orang Indonesia yang membeli barang dari Amerika Serikat harus menggunakan Dollar Amerika Serikat. Mata uang Dollar Amerika Serikat dapat diperoleh di pasar valuta asing.

Pasar tenaga kerja

Pasar tenaga kerja adalah tempat bertemunya pihak pencari kerja dan pihak yang membutuhkan tenaga kerja. Di Indonesia pasar tenaga kerja dilakukan oleh Dinas Tenaga Kerja, Departemen Tenaga Kerja dan Transmigrasi, serta lembaga swasta yang mendapat izin pemerintah. Melalui pasar tenaga kerja pihak yang membutuhkan tenaga kerja dapat memperoleh tenaga kerja yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Bagi pencari kerja melalui pasar tenaga kerja dapat memilih perusahaan, lembaga yang sesuai dengan pendidikan, dan keahlian yang dimiliki.

Manfaat pasar tenaga kerja

Beberapa manfaat pasar tenaga kerja di antaranya sebagai berikut:
  1. memudahkan pencari kerja memilih pekerjaan sesuai dengan pendidikan dan keahlian yang dimiliki;
  2. bagi pencari tenaga kerja memudahkan mencari tenaga kerja sesuai dengan yang diinginkan perusahaan;
  3. membantu pemerintah mengurangi tingkat pengangguran.

Hal-hal yang berkaitan dengan tenaga kerja di bawah naungan Departemen Tenaga Kerja dan Transmigrasi yang bertugas mendaftar dan menyalurkan pencari kerja supaya penghidupan pencari kerja lebih layak. Selain Departemen Tenaga Kerja dan Transmigrasi, ada biro-biro jasa yang bergerak dalam penyaluran tenaga kerja. Pasar tenaga kerja berperan sebagai tempat untuk penyaluran tenaga kerja dan untuk memperoleh informasi lowongan pekerjaan di dalam negeri maupun luar negeri.

Bursa Komoditi

Bursa komoditi yaitu tempat diperjualbelikannya barang komoditi dengan menyertakan contoh saja. Jadi dalam bursa komoditi penjual cukup membawa contoh komoditas yang disertai dengan spesifikasi lengkap dari komoditas yang dijual. Contoh barang yang diperjualbelikan di bursa komoditi adalah beras, kopi, tembakau, gula, minyak kelapa sawit, dan lain lain. Di Indonesia, bursa komoditi dilaksanakan dan diatur oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bapebti).

Manfaat bursa komoditi

Terdapat beberapa manfaat yang diperoleh dari bursa komoditi di antaranya sebagai berikut:
  1. menghindari fluktuasi harga dari para tengkulak;
  2. mempercepat arus peredaran barang kebutuhan masyarakat;
  3. sumber penerimaan negara melalui kegiatan ekspor.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian dan Manfaat Pasar Uang, Valuta Asing, Tenaga Kerja, dan Bursa Komoditi"

Posting Komentar