Letak / Posisi, & Luas Benua dan Samudra di Bumi (Gambar, Tabel Posisi Luas Benua & Samudra)

Secara umum dikenal ada tujuh benua. Ketujuh benua tersebut dari yang terbesar adalah Benua Asia, Afrika, Amerika Utara, Amerika Selatan, Antartika, Eropa, dan Australia. Kadang ada yang menggabungkan Asia dan Eropa menjadi satu benua, yaitu Benua Eurasia. Ada pula yang menggabungkan Benua Amerika Utara dan Amerika Selatan menjadi satu benua, yaitu Benua Amerika.

Sekitar dua pertiga benua-benua di bumi ini terletak di sebelah utara garis ekuator. Sementara itu, samudra yang ada di bumi ini ada lima, yaitu Samudra Pasifik, Samudra Atlantik, Samudra Arktik, Samudra Hindia, dan Samudra Selatan.

Sebagian besar permukaan bumi ini terdiri atas air. Sebagian besar air tersebut berupa samudra yang mengelilingi daratan-daratan yang disebut benua. Benua dan samudra menghiasi permukaan bumi. Setiap benua dan samudra memiliki karakteristik yang berbeda-beda.
Bagaimanakah posisi benua dan samudra yang ada di permukaan bumi ini? Untuk mengetahuinya perhatikanlah peta di bawah ini.
Gambar peta letak benua dan samudra

Dari peta tersebut terlihat persebaran antara benua dan samudra yang ada di permukaan bumi. Dari peta terlihat bahwa benua yang terbesar adalah Benua Asia dan benua yang terkecil adalah Benua Australia. Benua Asia terhubung dengan Benua Eropa. Antara Benua Amerika Utara, Amerika Selatan, dan Afrika dipisahkan oleh Samudra Atlantik. Samudra Hindia memisahkan Benua Asia, Australia, dan Afrika. Samudra yang paling luas adalah Samudra Pasifik yang memisahkan Benua Amerika Utara, Amerika Selatan, Asia, dan Australia.


Posisi Semua Benua dan Samudra

Dari peta di atas juga dapat diidentifikasi letak dan posisi geografi dari tiap-tiap benua dan samudra. Letak dan posisi geografi berpengaruh pada keadaan alam dan penduduknya. Letak dan posisi geografi dari tiap benua dapat dibaca pada tabel berikut ini.
Tabel letak posisi batas benua dan samudra
Titik terluar bagian ini tepat dilalui garis 77°45' LU–1°15' LU. Sekarang coba lihat titik terluar Benua Asia bagian barat. Titik terluar bagian barat Benua Asia adalah Tanjung Baba (Turki). Tempat ini tepat dilalui garis 26°04' Bujur Timur (BT). Titik terluar bagian timur Benua Asia adalah Tanjung Dezhneva. Tempat ini dilalui garis 169°40' Bujur Barat (BB). Jadi, Asia membentang dari barat ke timur sepanjang garis 26°04' BT–169°40' BB.

Setiap samudra saling berhubungan satu dengan lainnya. Dua samudra dapat terhubung langsung atau dibatasi oleh selat atau laut. Posisi benua ditentukan dengan berpedoman pada dua garis lintang dan dua garis bujur sebagai batasnya. Sedang posisi samudra ditentukan dengan satu titik koordinat geografis yang terdapat di tengah-tengah samudra. Sebagai contoh, posisi Samudra Hindia berada pada titik 20° LS dan 80° BT.


Luas Semua Benua dan Samudra di Bumi

Setiap benua dan samudra di muka bumi memiliki luas yang berbeda. Data mengenai luas wilayah dari masing-masing benua dan samudra, yaitu sebagai berikut.
Luas semua benua-benua yang ada di bumi

Benua yang tidak dihuni adalah Benua Antartika karena daerahnya terlalu dingin dan selalu bersalju. Benua ini hanya digunakan oleh para peneliti. Benua-benua ini dipisahkan oleh massa air yang luas, tetapi ada beberapa benua yang pemisahannya sebagai berikut.
  • Benua Asia dan Eropa bersatu, sehingga batas benua tersebut adalah pegunungan Ural, Laut Kaspia, dan Laut Hitam.
  • Benua Asia dan Benua Afrika bersatu sehingga batas benua tersebut adalah terusan Suez dan laut merah. Terusan Suez adalah terusan yang digali untuk memperpendek jarak dan menghubungkan Laut Mediterranean dan Laut Merah.

Bagaimanakah Samudranya?
Lapisan air ini dapat mengisi cekungan di daratan maupun di lekukan yang besar di permukaan bumi. Lapisan air yang menyelimuti lekukan-lekukan permukaan bumi tersebut membentuk massa air luas yang dikenal dengan samudra atau lautan dan massa air yang sempit disebut dengan laut.

Rasa air asin disebabkan oleh air hujan yang mengalir di daratan membawa unsur kimia terutama NaCl (Natrium Klorida) ke laut. Di laut terjadi arus dan gelombang, sehingga Na Cl diaduk oleh arus laut dan gelombang dan terjadi reaksi, sehingga rasa air laut menjadi asin. Jadi perbedaan antara perarian laut dan perairan daratan adalah rasa asin.

Jumlah air laut jauh lebih banyak daripada air daratan. Luas samudra mencapai 71 % dari seluruh air di permukaan bumi, sedangkan luas daratan hanya 29 %. Massa air yang menutupi permukaan bumi tersebar dalam bentuk samudra, laut, selat dan teluk. Bentuk massa air ini disebut dengan perairan laut. Perairan laut yang besar yang dikenal dengan samudra.
Baca: Sejarah Terbentuknya Benua dan Samudra👈

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Letak / Posisi, & Luas Benua dan Samudra di Bumi (Gambar, Tabel Posisi Luas Benua & Samudra)"

Posting Komentar