BENUA AFRIKA (Batas, Iklim, Keadaan Alam, Kepadatan Penduduk, Map, Nama-Nama Negara di Afrika)

Letak Benua Afrika

Benua Afrika terletak di sebelah Barat Daya Benua Asia. Pada masa lalu, Benua Afrika dan Benua Asia menyatu, namun karena adanya pembangunan kanal atau terusan di Suez (Mesir), akhirnya kedua benua tersebut terpisah oleh perairan. Secara astronomis, Benua Afrika terletak di antara 35 LU - 33 LS dan 18 BT - 53 BT.

Luas Benua Afrika
Afrika adalah benua terbesar dari ketiga benua di belahan selatan Bumi dan yang terbesar kedua setelah Asia dari semua benua. Luasnya kurang lebih 30.244.050 km² (11.677.240 mil²) termasuk kepulauan di sekitarnya, meliputi 20,3% dari total daratan di bumi dan didiami lebih dari 800 juta manusia atau sekitar sepertujuh populasi manusia di bumi.

Dipisahkan dari Eropa oleh Laut Tengah, Afrika menyatu dengan Asia di ujung timur lautnya melalui Terusan Suez yang memiliki lebar 130 km. Panjang garis pantainya 26.000 km (sebagai perbandingan, Eropa, yang memiliki luas 9.700.000 km² memiliki garis pantai 32.000 km.

Untuk memberikan gambaran berikut adalah map benua afrika:
map benua afrika - peta dan nama-nama negara di benua afrika

Batas-Batas Benua Afrika

Dengan seperlima dari luas wilayah daratan dunia Benua Afrika memiliki batas-batas wilayah berikut ini.
  • Sebelah Utara berbatasan dengan Laut Tengah atau Laut Mediterania dan Benua Eropa.
  • Sebelah Timur berbatasan dengan Laut Merah dan Samudra Hindia.
  • Sebelah Selatan dan Barat ber-batasan dengan Samudra Atlantik. 
  • Sebelah Barat berbatasan dengan Samudera Atlantik

Nama-Nama Negara di Benua Afrika

  • Afrika Utara (Maroko, Sahara Barat, Aljazair, Tunisia, Mesir, Sudan)
  • Afrika Selatan (Namibia, Botswana, Afrika Selatan, Lesotho, Swaziland)
  • Afrika Barat (Senegal, Cape Verde, Guinea, Guenia Bissau, Gambia, Senegal, Sierra Lone, Liberia, Pantai Gading, Ghana, Togo, Benin, Nigeria, Mauritania, Mali, Burkina Faso, Niger)
  • Afrika Timur (Eritrea, Etiopia, Somalia, Uganda, Kenya, Jibuti, Reunion, Seychelles, Tanzania, Rwanda, Komoro, Burundi, Malagasi, Mozambik, Mauritius, Zambia, Zimbabwe.)
  • Afrika Tengah (Chad, Afrika Tengah, Guinea Equatorial, Gabon, Kongo, Sao Tome, Principle, Zaire (Rep. Dem. Kongo) Angola)

Keadaan Alam Benua Afrika

a) Iklim
Tipe iklim di Benua Afrika dapat dikelompokkan menjadi enam bagian, antara lain sebagai berikut.
  1. Iklim Mediteran, di sekitar Laut Tengah dan di daerah pantai tenggara Afrika. Suhu 240C–280C dengan tingkat curah hujan 250–1.000 mm per tahun.
  2. Iklim Tropis, curah hujan antara 1.000–2.000 mm per tahun. Suhu udara antara 230C–270C.
  3. Iklim Subtropis, di pengaruhi embusan angin laut dengan curah hujannya relatif tinggi.
  4. Iklim Gurun, terdapat di sekitar Gurun Sahara, Gurun Chad, dan Gurun Kalahari yang berada pada kisaran lintang 23,50 LU–23,50 LS.
  5. Iklim Sedang Hangat, terdapat di pantai tenggara Afrika Selatan dan di selatan garis meridian.
  6. Iklim Sabana Tropis, terdapat di selatan dan barat garis meridian (khatulistiwa).

b) Bentang Alam
Benua Afrika hanya memiliki sedikit teluk, yaitu Teluk Aden, Teluk Guinea, dan Teluk Sidra. Afrika tidak memiliki banyak pulau, hanya ada satu pulau besar, yaitu Pulau Madagaskar. Pulau tersebut dipisahkan dengan Benua Afrika oleh Selat Mozambik. Benua Afrika sebagian besar terdiri atas dataran tinggi. Bagian yang tertinggi dengan relief agak kasar, adalah pegunungan-pegunungan yang terdapat di Afrika Selatan dan Timur. Benua Afrika adalah daerah yang penuh dengan hutan lembab, padang pasir yang kering dan rimba belantara tropis. Afrika juga merupakan benua yang penuh dengan bukit terjal berpuncak salju abadi, sabana yang berangin, hujan kabut dingin, dan malam beku yang mencekam.

Bentang alam di Afrika dapat dikelompokkan seperti berikut.
(1) Bentang Alam Gurun
Gurun adalah padang luas yang tandus dan kering. Di Afrika ada 2 gurun besar, yaitu Gurun Sahara dan Gurun Kalahari. Persebaran gurun di Benua Afrika dapat dijumpai di sekitar garis balik Utara dan garis balik Selatan. Kawasan gurun di bagian Selatan memiliki posisi atau letak yang lebih tinggi bila dibandingkan dengan kawasan gurun di bagian Utara. Namun begitu, gurun di bagian Utara memiliki wilayah yang lebih luas. Gurun di wilayah Utara dikenal dengan sebutan Gurun Sahara (9.065.000 km²), membentang dari Senegal di Barat hingga Kenya di Timur. Adapun gurun di wilayah Selatan, yaitu Gurun Kalahari dan Gurun Namibia.

(2) Keadaan Tanah
Umumnya tanah Afrika adalah tanah gersang. Tanah itu berkualitas rendah dan mudah rusak. Begitu tanah dibersihkan dari tumbuhan liar, tanah segera mengalami kemerosotan. Hujan lebat menyapu bersih lapisan tipis atas yang subur dan terjadilah erosi. Selain itu, banyak tanah tidak subur karena mengandung banyak laterit, yaitu sejenis batuan yang membuat tanah berwarna merah.

(3) Tanah Tinggi (Dataran Tinggi/Plato)
Daerah tanah tinggi (plateau) berada pada bagian Afrika Timur (± 1.000 m), pada plateau inilah tumbuh gunung-gunung tinggi di Afrika, yaitu Gunung Kenya (5.200 m) dan Gunung Kilimanjaro (6.000 m).
Plato dan pegunungan banyak terdapat di Afrika bagian Selatan. Kawasan tersebut banyak memiliki mata air dan aliran sungai dengan ketinggian antara 500 - 1.200 m dari permukaan laut. Plato dan pegunungan di Afrika yang terkenal adalah Plato Umbagi dan Plato Tassilin-Ajjer di Sahara, Plato Shaba di bagian Tenggara, Plato Lunda dan Plato Drakensberg di bagian Selatan, Dataran Tinggi Ethiopia di sebelah Timur, serta Plato Angola di bagian tengah. Pegunungan yang terdapat di Afrika, yaitu

Pegunungan Atlas yang membentang dari Pantai Barat Laut Afrika hingga Tunisia dan Pegunungan Cape di bagian Selatan. Gunung di Afrika pada umumnya tidak aktif, namun masih ada beberapa yang aktif. Adapun titik tertinggi Afrika berada di Gunung Kilimanjaro (5.894 m) di Afrika Timur yang selalu tertutup salju.

(4) Bentang Alam Pantai
Kebanyakan pantai-pantai di Afrika merupakan pantai yang curam, dengan kenampakan relief yang beteras-teras. Karena bentuk pantai yang demikian, menyebabkan banyak sungai-sungai dekat pantai tidaklah landai, banyak jeram sehingga tidak dapat digunakan untuk pelayaran.

(5) Bentang Alam Sungai
Afrika banyak memiliki sungai besar. Sungai-sungai terkenal di Afrika adalah Sungai Nil yang panjangnya 6.500 km (terpanjang di dunia), Sungai Kongo, Sungai Orange di Afrika Selatan, Sungai Niger di Nigeria, dan Sungai Zambesi di Zambia. Beberapa aliran sungai tersebut dibendung untuk irigasi dan pembangkit listrik, misalnya bendungan Aswan yang membendung Sungai Nil dan bendungan Akosombo yang membendung Sungai Volta di Ghana.

(6) Lembah Kongo
Lembah Kongo adalah sebuah dataran rendah di daerah Kongo.

(7) Pegunungan Lipatan
Keadaan alam yang berupa pegunungan lipatan terdapat di ujung utara Benua Afrika, yaitu Pegunungan Atlas. Pada beberapa tempat pegunungan ini mencapai ketinggian 4.000 m.

(8) Danau-danau
Danau-danau di Afrika, yaitu Danau Victoria (69.484 km) merupakan danau terbesar di Afrika, Danau Tanganyika, Danau Mobutu, Danau Rudolf, Danau Chad, dan Danau Zambesi. Selain itu, Afrika juga memiliki banyak air terjun besar, yaitu air terjun Tuguela di Afrika Selatan (984 m) dan air terjun Victoria (108 m) di Zimbabwe.

Flora dan fauna Afrika

Kondisi flora dan fauna terkait dengan kondisi iklimnya. Di kawasan iklim hujan tropis (di bagian Afrika Tengah) terdapat variasi tumbuhan dan hutan hujan yang sangat lebat. Di bagian Utara dan Selatan (subtropis) terdapat stepa dan sabana yang luas, sedangkan di kawasan gurun hanya terdapat stepa dan tumbuhan kaktus. Kondisi alam Benua Afrika sangat mendukung penyebaran fauna. Afrika mempunyai banyak jenis fauna, terutama hewan mamalia besar. Fauna khas Afrika, yaitu adda , zarafah, zebra, antilop, kuda nil, badak, dan gajah. Meskipun mempunyai kemiripan fisik dengan hewan-hewan sejenis di Asia, namun hewan-hewan Afrika memiliki ukuran tubuh yang relatif lebih besar daripada hewan-hewan sejenis di Asia.

Penduduk Benua Afrika

Penduduk asli Afrika terdiri atas berbagai suku bangsa, yaitu suku bangsa Pigmy di pedalaman Zaire suku bangsa Bushman, Zhun, Hatentot di Gurun Kalahari serta suku bangsa Tuareg, Negroid, dan
Sahrawi di Gurun Sahara. Banyaknya suku tersebut membuat Afrika kaya akan etnik. Lebih dari 800 bahasa digunakan di Afrika, namun bahasa Arab, Swahili, dan Hausa paling luas penggunaannya. Adapun agama yang berkembang di Afrika adalah agama Islam, Kristen dan berbagai aliran kepercayaan.

a) Kepadatan Penduduk Benua Afrika
Daerah yang sangat padat penduduknya adalah Lembah Sungai Nil (Mesir). Di daerah plato Afrika bagian timur, seperti daerah Rwanda, kepadatan penduduknya mencapai 319 per km2, angka itu sangat tinggi. Sebaliknya daerah-daerah kering, seperti Gurun Sahara, Gurun Kalahari, dan Gurun Namib hampir tidak berpenghuni.

b) Ragam Etnis Afrika
Ragam etnis yang terdapat di Afrika adalah sebagai berikut.
  • Bangsa Negro, terdiri atas ras Negro, yaitu Negro Bantu dan Negro Sudan. Ras Negro mendiami kawasan sebelah selatan Gurun Sahara.
  • Bangsa Kulit Putih, yang terdiri atas bangsa Indo Eropa, bangsa Hamit, bangsa Semit, bangsa Hottentot, dan Bushmen (sebagai suku pribumi).
Penduduk Afrika identik dengan bangsa Negro yang berkulit hitam. Penduduk asli Afrika digolongkan sebagai berikut.
a) Ras Negroid
Penduduk asli Afrika adalah orang Negro. Jumlahnya sekitar 63% dari penduduk Afrika. Ciri-ciri orang Negro adalah berkulit hitam dan berambut keriting. Orang Negro dibedakan menjadi dua, yaitu Negro Sudan dan Negro Bantu.

b) Ras Kaukasoid-Hamit
Kelompok ini termasuk bangsa kulit putih. Mereka dibagi lagi menjadi bangsa Hamit, Semit, dan Eropa. Bangsa Hamit terdiri atas bangsa Berber (tinggal di sekitar Pegunungan Atlas), bangsa Mesir (tinggal di Mesir), bangsa Taureg (tinggal di Sahara Barat), dan bangsa Fulba (tinggal di Sudan). Bangsa Semit dibedakan menjadi dua, yaitu bangsa Arab atau Moer (tinggal di pantai utara dan timur Afrika) dan bangsa Yahudi (tinggal di kota-kota Afrika Utara). Bangsa Eropa terdiri atas bangsa Jerman, Inggris, Belanda, Italia, Spanyol, dan Belgia.

c) Orang Kerdil (Etnik Khusus)
Orang kerdil terbagi lagi menjadi beberapa kelompok, yaitu Bushmen di sekitar Gurun Kalahari, Hottento di Afrika Barat Daya dan Pigmi yang tinggal di pedalaman Kongo. Penduduk Afrika menganut agama yang berbedabeda. Sekitar 40% menganut agama Kristen, 40% muslim, dan 20% menganut agama asli Afrika.

c) Bahasa
Afrika mempunyai lebih dari ribuan bahasa. Ada empat kelompok bahasa besar yang berasal dari benua ini.
  • Kelompok Bahasa Afro-Asiatik adalah sebuah kelompok bahasa penutur yang tersebar luas di sepanjang Afrika Utara, Afrika Timur, Sahel, dan Asia Barat Daya.
  • Kelompok Bahasa Nil-Sahara kebanyakan diucapkan di Chad, Sudan, Ethiopia, Uganda, Kenya, dan sebelah utara Tanzania.
  • Kelompok Bahasa Niger-Kongo mencakup kebanyakan dari Afrika bagian subSahara
  • Kelompok Bahasa Khoisan. Suku Khoi dan San dianggap sebagai penduduk asli di wilayah ini.

d) Agama
Agama Kristen dan Islam merupakan agama sebagian besar penduduk Afrika. Sekitar 40% orang Afrika adalah Kristen dan 40% lainnya Muslim. Kurang lebih 20% orang Afrika memeluk agama asli Afrika. Sejumlah kecil juga memeluk Yudaisme, seperti suku Beta Israel dan Lemba.

Karakteristik Benua Afrika

Benua Afrika memiliki karakteristik atau ciri khas yang dapat membedakan dari benua-benua lain yang ada di muka bumi ini. Berikut ini beberapa karakteristik Benua Afrika.
  • Benua Afrika mempunyai wilayah daratan di benua lain, yaitu Semenanjung Sinai di Benua Asia.
  • Benua Afrika memiliki wilayah gurun terluas di dunia, yaitu Gurun Sahara.
  • Benua Afrika memiliki aliran sungai terpanjang di dunia, yaitu Sungai Nil.
  • Benua Afrika merupakan benua termiskin bila dibandingkan dengan benua-benua lainnya.
  • Benua Afrika mempunyai ketampakan alam berupa Lembah Celah Besar (The Great Rift alley) yang terbentang sepanjang 6.400 km dari pantai Laut Merah di Afrika Timur hingga Danau Tanganyika di Afrika Selatan.
  • Benua Afrika memiliki Terusan Suez yang menghubungkan Laut Merah dengan Laut Tengah sehingga mempersingkat lalu lintas laut antarbenua.
  • Benua Afrika memiliki bangunan-bangunan bersejarah, seperti piramida, patung Sphin , dan patung raja Ramses II.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "BENUA AFRIKA (Batas, Iklim, Keadaan Alam, Kepadatan Penduduk, Map, Nama-Nama Negara di Afrika)"

Posting Komentar