Rumus dan Contoh Soal Elastisitas Penawaran

Rumus Elastisitas Penawaran

Perhitungan koefisien elastisitas penawaran sama dengan rumus untuk menghitung koefisien elastisitas penerimaan. Berikut rumus menghitung koefisien elastisitas penawaran.

Rumus Elastisitas Penawaran
Keterangan:
Es : koefisien elastisitas penawaran
%P : perubahan harga
%Q : perubahan jumlah penawaran
Q : jumlah penawaran awal
P : harga awal


Contoh Soal Elastisitas Penawaran

Berikut ini kemungkinan hasil dari perhitungan koefisien elastisitas penawaran.
a. Es > 1 (Elastis)
Permintaan yang bersifat elastis mempunyai angka koefisien elastisitas > 1, hal ini berarti persentase perubahan penawaran lebih besar dari persentase penambahan harga.
Contoh dalam penghitungan:
Harga sepatu anak naik yang semula Rp15.000,00 menjadi Rp20.000,00, sehingga penawaran naik dari 1.000 menjadi 4.000. Koefisien elastisitasnya adalah:

Contoh Soal Elastisitas Penawaran yang elastis


b. Es < 1 (Inelastis)

Penawaran yang bersifat inelastis mempunyai angka koefisien elastisitas kurang dari 1 (Es < 1). Hal ini berarti persentase perubahan harga lebih besar daripada persentase perubahan kuantitas yang ditawarkan. Dengan kata lain perubahan yang besar dalam harga tidak diikuti oleh perubahan yang cukup berarti dalam kuantitas yang ditawarkan.

Contoh dalam penghitungan:
Harga jeruk lokal di suatu pasar tradisional naik dari Rp6.000,00 menjadi Rp7.000,00 per kilogram, dan jumlah permintaan naik dari 6.500 kg menjadi 7.000 kg.
Koefisien elastisitasnya dapat dihitung sebagai berikut:

Contoh Soal Elastisitas Penawaran yang inelastis

 

c. Es = 1 (Elastis Uniter)
Penawaran yang bersifat elastis uniter mempunyai angka koefisien elastisitas sama dengan 1 (Es = 1). Hal ini berarti bahwa persentase perubahan penawaran sama dengan persentase perubahan harga.
Contoh dalam penghitungan:
Harga sepasang sandal mula-mula Rp20.000,00 naik menjadi Rp20.200,00, sehingga jumlah penawaran juga naik dari 10.000 menjadi 10.100. Maka koefisien elastisitasnya adalah:

Contoh Soal Elastis Uniter


d. Es = 0 (Inelastis Sempurna)
Penawaran yang bersifat inelastis sempurna mempunyai angka koefisien sama dengan 0 (Es = 0),
hal ini berarti besarnya perubahan harga sama sekali tidak memengaruhi jumlah penawaran. Dengan kata lain, pada tingkat harga berapa pun, jumlah barang yang ditawarkan selalu tetap. Berikut penghitungan koefisien elastisitas dan kurvanya.

Contoh Soal Inelastis Sempurna

e. Es = ~ (Elastis Sempurna)
Penawaran yang bersifat elastis sempurna mempunyai angka koefisien elastisitasnya sama dengan tak terhingga (Es = ~), hal ini berarti perubahan harga walaupun sedikit akan mengakibatkan perubahan jumlah penawaran yang sangat besar. Berikut penghitungan koefisien elastisitas dan bentuk kurvanya.

Contoh Soal Penawaran Elastis Sempurna

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Rumus dan Contoh Soal Elastisitas Penawaran"

Posting Komentar