Definisi dan 4 Ciri-Ciri Pasar Persaingan Monopolistik

Apa definisi / persaingan Pasar Persaingan Monopolistik?

Pasar persaingan monopolistik pada dasarnya adalah pasar yang berada di antara dua jenis pasar yaitu pasar persaingan sempurna dan monopoli. Oleh sebab itu, sifat-sifatnya mengandung unsur-unsur sifat pasar monopoli dan unsur-unsur sifat pasar persaingan sempurna.

Adapun definisi pasar persaingan monopolistik adalah suatu pasar yang terdapat banyak produsen yang menghasilkan barang yang berbeda coraknya. Di sini, baik penjual maupun pembeli mempunyai kemampuan untuk menetapkan harga satu produk. Karena barang yang dihasilkan berbeda corak, maka produsen dapat menciptakan produk-produk sesuai yang diinginkan pasar.

Di dalam pasar monopolistik terdapat diferensiasi produk, sehingga pembeli memiliki kebebasan memilih produk yang disukai. Pada umumnya pembeli tidak mudah untuk pindah ke produk lain, meski ada produk baru yang muncul di pasar. Contohnya, anggaplah kalian menyukai produk lagu dangdut dan mengoleksi semua lagu-lagu dangdut tersebut dalam bentuk kaset maupun CD, tidak mungkin kalian membeli kaset dan CD lagulagu rock, walau itu banyak bermunculan lagu-lagu rock baru maupun lagu-lagu pop baru.

Model persaingan monopolistik diajukan oleh Chamberlin sebagai jawaban atas rasa ketidakpuasannya terhadap model persaingan sempurna dan monopoli. Menurutnya asumsi bahwa produk bersifat homogen adalah sangat tidak riil, dan advertensi atau kegiatan promosi penjualan yang dilakukan oleh perusahaan sukar dijelaskan oleh model persaingan sempurna dan monopoli.
Oleh sebab itu, gejala-gejala yang bersifat nonprice competition itu oleh Chamberlin dapat dijelaskan dengan model persaingan monopolistik.

4 Ciri-Ciri Pasar Persaingan Monopolistik

Dari uraian di atas pasar persaingan monopolistik mempunyai beberapa ciri berikut ini.
1) Terdapat Banyak Penjual
Terdapat banyak penjual dalam pasar persaingan monopolistik, namun tidak sebanyak di pasar persaingan sempurna. Para penjual mempunyai ukuran dan kesempatan yang relatif sama besarnya. Keadaan ini menyebabkan produksi suatu perusahaan relatif sedikit kalau dibandingkan dengan keseluruhan produksi dalam pasar.

2) Barangnya Berbeda Corak
Ciri ini membedakan pasar persaingan monopolistik dengan pasar persaingan sempurna. Produksi barang di pasar persaingan monopolistik yang berbeda corak menyebabkan produk antara satu perusahaan dengan perusahaan lain secara fisik mudah dibedakan, misalnya pengemasan, dan juga cara pembayaran barang yang dibeli.Perbedaan-perbedaan ini menyebabkan barang yang diproduksi dalam pasar persaingan monopolistik bersifat pengganti yang dekat (close substitute) dan bukan bersifat pengganti sempurna seperti dalam pasar persaingan sempurna.

3) Para Pelaku Pasar Mempunyai Sedikit Kekuasaan Memengaruhi Harga
Kekuasaan memengaruhi harga oleh penjual dalam pasar monopolistik bersumber dari sifat barang yang dihasilkan, yaitu berbeda corak atau differensi produk. Perbedaan ini membuat para pembeli memilih, yaitu lebih menyukai barang dari suatu perusahaan tertentu dan kurang menyukai barang yang dihasilkan perusahaan lain. Apabila suatu perusahaan menaikkan harga barang, ia masih dapat menarik pembeli walaupun pembelinya tidak sebanyak seperti sebelum kenaikan harga. Sebaliknya, apabila perusahaan menurunkan harga, tidaklah mudah untuk menjual semua barang yang diproduksi.

4) Persaingan Promosi Penjualan Sangat Aktif
Harga bukanlah penentu utama dari besarnya pasar dari perusahaan-perusahaan dalam pasar persaingan
monopolistik. Suatu perusahaan mungkin dapat menjual barangnya dengan harga relatif tinggi, tetapi masih dapat menarik banyak pembeli.

Ciri-Ciri Pasar Persaingan Monopolistik
Sebaliknya suatu perusahaan lain mungkin harga barang yang ditawarkan rendah tetapi tidak banyak menarik pembeli. Keadaan seperti ini disebabkan oleh sifat barang yang mereka hasilkan, yaitu barang yang bersifat berbeda corak. Ini menimbulkan daya tarik yang berbeda kepada para pembeli. Maka untuk memengaruhi citra rasa pembeli, para produsen melakukan persaingan antara lain dengan memperbaiki mutu dan desain, iklan, memberikan syarat penjualan yang menarik, dan sebagainya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Definisi dan 4 Ciri-Ciri Pasar Persaingan Monopolistik"

Posting Komentar