Keuntungan Ekonomi Keahlian Kewirausahaan & Sumber Wujudnya Keuntungan Ekonomi

Dalam kegiatan produksi suatu perusahaan, keuntungan ditentukan dengan cara mengurangkan berbagai biaya yang dikeluarkan dari hasil penjualan yang diperoleh. Biaya yang dikeluarkan meliputi pengeluaran untuk bahan mentah, pembayaran bunga, sewa, tanah, dan penghapusan (depresiasi). Apabila hasil penjualan yang diperoleh dikurangi dengan biaya-biaya tersebut nilainya adalah positif maka diperoleh keuntungan. Dalam ilmu ekonomi keuntungan mempunyai arti yang sedikit berbeda dengan pengertian keuntungan dari segi pembukuan.

Ditinjau dari sudut pandang perusahaan (pembukuan perusahaan) seperti yang diuraikan di atas, keuntungan adalah perbedaan nilai uang dari hasil penjualan yang diperoleh dengan seluruh biaya yang dikeluarkan. Dalam ilmu ekonomi definisi itu dipandang terlalu luas karena tidak mempertimbangkan biaya tersembunyi, yaitu biaya produksi yang tidak dibayar dengan uang tetapi perlu dipandang sebagai bagian dari biaya produksi. Pengeluaran tersebut (biaya yang tersembunyi) meliputi pendapatan yang seharusnya dibayarkan kepada para pengusaha yang menjalankan sendiri perusahaannya, tanah, dan modal sendiri yang digunakan, dan bangunan serta peralatan pabrik yang dimiliki sendiri. Keuntungan dari segi pembukuan, akan menghasilkan keuntungan ekonomi atau keuntungan murni (pure profit) yang dalam ilmu ekonomi dinyatakan sebagai keuntungan ekonomi.
 

Keuntungan Ekonomi Keahlian Kewirausahaan

Keuntungan adalah pembayaran atas jasa yang diberikan oleh suatu faktor produksi yaitu keahlian kewirausahaan yang disediakan oleh para pengusaha.
Keahlian kewirausahaan tersebut digunakan para pengusaha di dalam membuat keputusan-keputusan berikut ini.
a. Menentukan barang apa yang perlu diproduksi dan dijual di pasar dan berapa banyaknya.
b. Menentukan cara memproduksi yang terbaik dan kombinasi faktor-faktor produksi yang paling efisien dalam memproduksi barang tersebut.

Jadi, dengan menggunakan keahlian kewirausahaan yang dimilikinya, fungsi para pengusaha dalam proses produksi adalah menentukan cara paling efisien di dalam menyediakan barang yang dibutuhkan masyarakat. Apabila usaha ini berhasil, para pengusaha akan memperoleh balas jasa dari jerih payahnya dalam bentuk keuntungan ekonomi atau keuntungan murni.

 

Sumber Wujudnya Keuntungan Ekonomi

Para ahli ekonomi mengemukakan beberapa teori yang bertujuan untuk menerangkan sumber dari wujudnya keuntungan ekonomi. Pada umumnya teori-teori tersebut menjelaskan bahwa keuntungan adalah pendapatan yang diperoleh para pengusaha sebagai pembayaran dari melakukan kegiatan berikut ini.

a. Menghadapi Risiko Ketidakpastian di Masa yang Akan Datang
Kegiatan perusahaan bukan saja untuk memenuhi permintaan pasar pada masa sekarang, tetapi juga permintaan pasar di masa yang akan datang. Tidaklah mudah untuk menentukan keadaan yang terjadi di masa yang akan datang. Sehingga yang dapat dilakukan para pengusaha hanyalah membuat ramalan tentang keadaan yang terjadi di masa depan. Berdasarkan ramalan-ramalan tersebut, para pengusaha dapat menentukan strategi kegiatan usahanya, misalnya apakah produksinya harus ditambah atau dikurangi. Ramalan-ramalan ini belum tentu tepat. Ini berarti, para pengusaha menghadapi risiko ketidaktepatan ramalan. Salah satu akibat jika ramalan salah, para pengusaha dapat mengalami kerugian. Akan tetapi jika ramalannya tepat, ia akan mendapat keuntungan, sehingga ditinjau dari sudut risiko yang dihadapi oleh setiap jenis usaha, keuntungan dipandang sebagai pembayaran untuk menghadapi risiko.

b. Melakukan Inovasi (Pembaruan) di dalam Berbagai Kegiatan Ekonomi
Kegiatan perusahaan untuk melakukan inovasi antara lain mengadakan pembaruan dalam manajemen, pemasaran dan teknik memproduksi, memegang peranan penting di dalam menjamin kesuksesan usaha tersebut. Dengan melakukan inovasi, teknik memproduksi yang baru dapat diperkenalkan, mutu produksi dapat diperbaiki, biaya produksi, dan barang baru diperkenalkan. Langkah-langkah ini seperti menaikkan hasil penjualan dan menurunkan biaya per unit produksi. Kedua perubahan ini akan menaikkan keuntungan perusahaan. Dengan demikian keuntungan dapat pula dipandang sebagai pembayaran atas kegiatan inovasi.

c. Mewujudkan Kekuasaan Monopoli di dalam Pasar
Di dalam perekonomian terdapat perusahaan-perusahaan yang dapat menghalangi masuknya perusahaan-perusahaan baru dalam pasar. Akibatnya beberapa barang tertentu hanya terdapat beberapa perubahan atau satu perusahaan yang ada di pasar. Kemungkinan untuk membatasi persaingan ini, memungkinkan perusahaan untuk memperoleh keuntungan yang maksimal dalam jangka panjang. Keadaan ini dicapai oleh perusahaan-perusahaan tersebut dengan membatasi produksi dan menjamin agar tingkat harga melebihi rata-rata. Kemungkinan untuk memperoleh keuntungan baru ini menyebabkan ahli-ahli ekonomi berpendapat bahwa keuntungan dipandang sebagai pendapatan dari kekuasaan monopoli yang dimiliki perusahaan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Keuntungan Ekonomi Keahlian Kewirausahaan & Sumber Wujudnya Keuntungan Ekonomi"

Posting Komentar