Penjelasan Apa Tujuan dan Manfaat Perhitungan Pendapatan Nasional

Apa Tujuan Perhitungan Pendapatan Nasional itu?

Tujuan menghitung Pendapatan Nasional, yaitu:
a. Untuk mengetahui kemajuan perekonomian suatu negara. Dengan menghitung pendapatan nasional, kita dapat mengetahui kemajuan perekonomian suatu negara. Semakin tinggi nilai pendapatan nasional, berarti semakin tinggi pula kemajuan perekonomian suatu negara.
b. Untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi kemajuan ekonomi suatu negara. Dengan menghitung pendapatan nasional, kita dapat menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi kemajuan ekonomi suatu negara. Misalnya, jika suatu saat pendapatan nasional menurun, melalui penghitungan pendapatan nasional kita bisa menganalisis faktor-faktor apa yang menyebabkan penurunan tersebut.
c. Untuk memperoleh taksiran nilai barang dan jasa secara akurat. Dengan menghitung pendapatan nasional (GNP dan GDP) kita bisa mengetahui taksiran nilai barang dan jasa secara akurat.
d. Untuk membantu membuat rencana pembangunan. Dengan menghitung pendapatan nasional, kita bisa mengetahui berbagai lapangan usaha yang menunjang perolehan pendapatan nasional. Jadi, apabila ingin meningkatkan pendapatan nasional, pemerintah harus merencanakan pembangunan lapangan-lapangan usaha tersebut.


Apa Manfaat Perhitungan Pendapatan Nasional?

Manfaat menghitung pendapatan nasional, di antaranya, yaitu:
1. Mengetahui Struktur Perekonomian Suatu Negara
Dengan menghitung pendapatan nasional, dapat diketahui struktur perekonomian suatu negara, apakah agraris atau industri. Jika pendapatan nasional yang lebih dominan berasal dari sektor agraris, struktur perekonomian negara tersebut bersifat agraris.

Dari hasil perhitungan pendapatan nasional, suatu negara dapat digolongkan sebagai negara pertanian, industri, atau jasa. Dapat ditentukan pula besarnya sektor-sektor industri, pertanian, jasa, pertambangan, dan lain-lain. Termasuk negara apakah Indonesia, agraris atau maritim, jasa atau industri? Sektor apakah yang memberi kontribusi terbesar dalam PDB Indonesia?

Tiap-tiap sektor dan subsektor dalam PDB menghasilkan barang dan jasa. Jumlah barang
dan jasa yang dihasilkan dalam satu tahun inilah yang dihitung menjadi pendapatan nasional. Dari perincian sektor-sektor dan subsektor-subsektor tersebut, kita dapat mengetahui sumbangan masing-masing terhadap pendapatan nasional seluruhnya.

Penjelasan Manfaat Perhitungan Pendapatan Nasional
Perlu diketahui bahwa pengelompokan negara berdasarkan pendapatan perkapita itu tidaklah bersifat tetap, namun akan terus berubah setiap tahun, sesuai dengan kemajuan perekonomian yang dicapai tiap negara. Jika suatu negara terus membangun negaranya dengan giat dan didukung kondisi politik yang stabil, tidak mustahil bahwa negara tersebut bisa naik menjadi negara dengan pendapatan tinggi.

Selain itu, jumlah penduduk ternyata menentukan tingkat pendapatan per kapita di negara bersangkutan. Pada umumnya negara yang jumlah penduduknya relatif banyak maka pendapatan per kapitanya juga relatif rendah. Sebut saja Bangladesh, India, Pakistan, Cina, dan Indonesia. Untuk itu, banyak upaya yang dilakukan negara-negara berkembang ini dalam mengurangi jumlah penduduknya, misalnya Indonesia dengan program keluarga berencana.

2. Mengetahui Perkembangan Perekonomian dari Tahun ke Tahun
Setiap tahunnya, negara melakukan perhitungan pendapatan nasional. Hal ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan perekonomian, apakah mengalami kemajuan, tetap, atau mengalami kemunduran?

3. Mengetahui Tingkat Kemakmuran Masyarakat
Tingkat kemakmuran masyarakat dapat diketahui melalui perhitungan pendapatan nasional. Jika nilai pendapatan nasional semakin tinggi, tingkat kemakmuran masyarakat suatu negara semakin tinggi pula.

4. Membandingkan Perekonomian Antarnegara
Perhitungan pendapatan nasional dapat membandingkan perekonomian antarnegara, apakah negara tersebut tergolong negara maju, negara berkembang, atau masih terbelakang?

5. Pedoman Pengambilan Kebijakan Ekonomi Nasional
Perhitungan pendapatan nasional, dapat dijadikan pedoman bagi pemerintah untuk mengambil kebijakan-kebijakan yang berkaitan dengan perekonomian nasional, agar kegiatan-kegiatan pembangunan dapat berjalan serasi dan seimbang sesuai tujuan yang dikehendaki.

6. Menjadi sumber informasi bagi pemerintah
a. Data pendapatan nasional digunakan oleh pemerintah untuk menilai efektivitas kebijakan-kebijakan yang telah diambil. Misalnya, untuk menilai pengaruh kebijakan perubahan tingkat pajak terhadap pengeluaran masyarakat suatu negara.
b. Kecenderungan (trend) perkembangan pendapatan nasional digunakan oleh pemerintah untuk mengidentifikasi masalah dan merencanakan program untuk menanggulangi masalah tersebut. Misalnya, kenaikan pendapatan nasional diikuti dengan peningkatan keinginan masyarakat untuk membeli lebih banyak mobil pribadi. Kenaikan jumlah mobil pribadi akan menimbulkan masalah berupa tidak memadainya lagi lebar jalan raya yang tersedia. Oleh karena itu, pemerintah perlu merencanakan program pelebaran jalan lebih dini.

6. Sebagai dasar membuat kebijakan ekonomi pemerintah.
Hasil penghitungan pendapatan nasional dapat digunakan oleh pemerintah untuk menilai efektifitas kebijakan-kebijakan yang telah diambil. Selain itu dengan mengetahui perkembangan pendapatan nasional pemerintah dapat mengidentifikasikan masalah-masalah ekonomi yang baru muncul dan merencanakan program-program baru untuk mengatasi masalah-masalah tersebut.

7. Dapat membandingkan keadaan perekonomian antardaerah di suatu negara.


Penghitungan pendapatan nasional (PNB) yang dilakukan oleh suatu negara dapat menentukan tingkat pertumbuhan ekonomi negara tersebut. Dan dengan mengamati tingkat pertumbuhan ekonomi suatu negara dapat menilai perkembangan negara tersebut dalam mengendalikan kegiatan ekonominya, baik dalam jangka pendek dan jangka panjang. Dengan demikian tolok ukur yang paling baik untuk menunjukkan kemakmuran suatu negara adalah dengan menentukan Pendapatan Nasional Bruto (PNB) riil.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Penjelasan Apa Tujuan dan Manfaat Perhitungan Pendapatan Nasional"

Posting Komentar