3 Indikator Inflasi (IHK, IHPB, dan PDB) / Tabel dan Perhitungannya

Apa saja Indikator Inflasi itu

Ada beberapa indikator ekonomi yang digunakan untuk mengetahui laju inflasi selama periode tertentu, di antaranya Indeks Harga Konsumen ( IHK), Indeks Harga Perdagangan Besar ( IHPB), dan Indeks Harga Implisit (IHI).

1. Indeks Harga Konsumen ( IHK)

IHK adalah indeks yang menunjukkan tingkat harga barang dan jasa yang biasa dibeli konsumen dalam satu periode tertentu. Indeks Harga Konsumen digunakan untuk melihat inflasi dari sisi konsumen. Jadi, Indeks Harga Konsumen mengukur tingkat harga barang atau jasa yang dianggap mencerminkan konsumsi masyarakat secara ratarata.

IHK biasanya dihitung berdasarkan suatu survei biaya hidup di daerah perkotaan yang dilakukan secara berkala. Secara umum, jenis barang dan jasa dalam IHK dikelompokkan ke dalam empat kelompok besar, yaitu makanan, pakaian, perumahan, serta aneka barang dan jasa.
 

2. Indeks Harga Perdagangan Besar ( IHPB)

IHPB adalah indeks yang menunjukkan tingkat harga barang dan jasa yang diterima oleh produsen pada berbagai tingkat produksi. Indeks Harga Perdaga ngan Besar digunakan untuk melihat inflasi dari sisi produsen. Jadi, IHPB menggambarkan besarnya perubahan harga pada tingkat harga perdagangan besar ataupun harga grosir dari sejumlah komoditas tertentu yang diperdagang kan di suatu negara atau daerah. IHPB dikelompokkan ke dalam lima sektor utama, yaitu pertanian, pertambangan dan penggalian, industri, ekspor, serta impor migas maupun nonmigas.
 

3. Indeks Harga Implisit (Deflator PDB)

Indeks Harga Implisit (Deflator PDB) adalah indeks yang menunjuk kan tingkat harga barang dan jasa yang biasa dibeli konsumen dalam jumlah yang besar dan biasanya meliputi wilayah yang lebih luas. Indeks Harga Implisit digunakan untuk melihat inflasi dari sisi perekonomian secara makro. Indeks Harga Implisit (IHI) atau PDB deflator diperoleh dengan membagi PDB nominal (PDB harga berlaku)
dengan PDB riil (PDB harga konstan) pada tahun tertentu.

Dengan menggunakan indikator Indeks Harga Konsumen ( IHK), Indeks Harga Perdagangan Besar (IHPB), dan Indeks Harga Implisit (IHI) atau Deflator PDB, perkembangan tingkat inÁasi Indonesia terlihat dalam abel-tabel berikut.

Berdasarkan Tabel diatas dapat dihitung laju inflasi pada tahun tertentu. Misalnya, untuk tahun 1996 sebagai berikut.

Tabel IHK Tahun 1994-1998
Berdasarkan Tabel diatas , dapat dihitung laju inflasi pada tahun tertentu. Misalnya, untuk tahun 1996 sebagai berikut.

Tabel IHPB tahun 1995–1998
Berdasarkan Tabel diatas, dapat dihitung laju inflasi pada tahun tertentu. Misalnya, untuk tahun 1996 sebagai berikut.

Tabel IHI Tahun 1991–1996
Berdasarkan Tabel diatas dapat dihitung laju inÁasi pada tahun tertentu. Misalnya, untuk tahun 1996 sebagai berikut.
3 Indikator Inflasi IHK, IHPB, dan PDB

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "3 Indikator Inflasi (IHK, IHPB, dan PDB) / Tabel dan Perhitungannya"

Posting Komentar