Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Lingkungan Hidup dan Kualitas Lingkungan Hidup

Lingkungan hidup dipengaruhi oleh beberapa faktor, Suatu lingkungan pada dasarnya merupakan berbagai unsur yang secara bersama-sama berinteraksi. Berikut ini merupakan beberapa faktor yang memengaruhi lingkungan hidup.
1. Faktor Geografi    Faktor geografis yang mempengaruhi lingkungan hidup terdiri atas iklim, perubahan cuaca, kesuburan tanah, dan erosi.
a. Iklim
    Iklim merupakan faktor yang memengaruhi manusia dalam beraktivitas dalam lingkungannya. Iklim yang ekstrem dapat menjadi pembatas bagi aktivitas manusia.
Iklim
b. Perubahan Cuaca
    Perubahan cuaca yang ekstrem dapat menjadi pembatas utama aktivitas manusia. Akan tetapi, dapat pula menjadi pendorong manusia menjadi lebih kreatif dan inovatif untuk mengatasi perubahan tersebut.
c. Kesuburan Tanah
    Kesuburan tanah merupakan faktor yang cukup berpengaruh terutama bagi daerah agraris. Dengan keadaan tanah yang subur, maka daya dukung lingkungan akan lebih tinggi dibandingkan dengan daerah yang kurang subur.
d. Erosi
    Terjadinya erosi dapat mengurangi daya dukung lingkungan. Erosi menyebabkan hilangnya lapisan tanah subur yang dibutuhkan untuk pertanian. Faktor-faktor tersebut memengaruhi lingkungan hidup secara langsung dan tidak langsung. Iklim dan perubahan cuaca merupakan faktor tidak langsung.
Kesuburan tanah dan erosi merupakan faktor yang langsung berpengaruh terhadap lingkungan.
2. Faktor Budaya
    Faktor budaya yang mempengaruhi lingkungan hidup terdiri atas ilmu, pengetahuan, teknologi, dan perilaku manusia.
a. Ilmu    Tingkat perkembangan ilmu yang dimiliki oleh suatu masyarakat dapat meningkatkan kesadaran akan pentingnya lingkungan hidup bagi manusia. Dengan munculnya kesadaran tersebut, diharapkan manusia dapat memperlakukan alam dengan bijak.
b. Pengetahuan
    Tingkat pengetahuan yang dimiliki oleh suatu masyarakat dapat meningkatkan nilai daya dukung lingkungan.
c. Teknologi
    Tingkat teknologi yang dimiliki oleh masyarakat dapat meningkatkan dan menurunkan nilai daya dukung lingkungan.
d. Perilaku Manusia    Perilaku manusia yang beragam dapat meningkatkan dan menurunkan nilai daya dukung lingkungan.
Perilaku Manusia
  
Kualitas Lingkungan Hidup
    Secara sederhana, kualitas lingkungan hidup diartikan sebagai keadaan lingkungan yang dapat memberikan daya dukung optimal bagi kelangsungan hidup manusia di suatu wilayah. Kualitas lingkungan hidup antara lain dicirikan dengan kenyamanan tinggal di suatu wilayah karena berbagai kebutuhan hidup telah terpenuhi.
Kualitas lingkungan hidup dibedakan ke dalam tiga jenis yaitu lingkungan biofisik, lingkungan sosial ekonomi, dan lingkungan budaya.
1. Lingkungan Biofisik
    Lingkungan biofisik adalah lingkungan yang terdiri atas komponen biotik dan abiotik yang berhubungan dan saling memengaruhi satu dengan lainnya. Lingkungan biofisik terdiri atas:
a. komponen abiotik, terdiri atas benda-benda mati seperti air, tanah, udara, dan cahaya matahari;
b. komponen biotik, terdiri atas makhluk hidup seperti hewan, tumbuhan, dan manusia.
Kualitas lingkungan biofisik dikatakan baik jika interaksi antarkomponen di dalamnya berlangsung seimbang
2. Lingkungan Sosial Ekonomi    Lingkungan sosial ekonomi adalah lingkungan manusia dalam hubungan dengan sesamanya dalam memenuhi kebutuhan. Kualitas lingkungan sosial ekonomi dikatakan baik jika kebutuhan sandang, pangan, papan, dan kebutuhan lainnya terpenuhi.
3. Lingkungan Budaya
    Lingkungan budaya adalah segala kondisi, baik berupa materi maupun nonmateri yang dihasilkan oleh manusia. Lingkungan budaya berupa materi misalnya gedung, peralatan, dan pakaian. Adapun lingkungan budaya nonmateri misalnya tata nilai, norma, adat istiadat, dan kesenian. Kualitas lingkungan budaya dikatakan baik, jika lingkungan tersebut memberikan rasa aman dan sejahtera bagi semua anggota masyarakatnya dalam menjalankan dan mengembangkan sistem budayanya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Lingkungan Hidup dan Kualitas Lingkungan Hidup"

Posting Komentar