Pengaruh Kebudayaan Lokal, Kebudayaan Nasional, dan Kebudayaan Asing

Pada dasarnya setiap kebudayaan mempunyai hubungan dan berpengaruh satu sama lain. Umumnya suatu kebudayaan tidak dapat tumbuh atau berkembang tanpa dukungan dari kebudayaan lain. Atau keberadaan kebudayaan yang satu mampu mengancam keberlangsungan kebudayaan lainnya. Berbagai hubungan antarkebudayaan antara lain:
1. Kebudayaan lokal dapat memengaruhi kebudayaan nasional
2. Kebudayaan lokal dapat memengaruhi kebudayaan asing.
3. Kebudayaan nasional dapat memengaruhi kebudayaan lokal.
4. Kebudayaan nasional dapat memengaruhi kebudayaan asing.
5. Kebudayaan asing dapat memengaruhi kebudayaan lokal.
6. Kebudayaan asing dapat memengaruhi kebudayaan nasional.

1. Pengaruh Kebudayaan Lokal
    Sebagaimana budaya yang dihasilkan dari budi daya masyarakat suatu daerah, budaya lokal berpengaruh terhadap keberlangsungan budaya nasional. Hal ini dikarenakan adanya budaya nasional sebagai hasil pembauran dari budaya-budaya daerah yang diakui secara nasional. Contoh kebudayaan lokal yang mempengaruhi kebudayaan nasional adalah batik. Batik adalah hasil budaya yang telah menjadi kebanggaan nasional dan menjadi identitas bangsa. Pada corak batik tersebut, kini telah banyak dipengaruhi dengan corak dan warna dari beberapa daerah. Kekayaan corak dari beberapa budaya lokal bercampur menjadi suatu corak batik yang kini banyak dibuat di Indonesia.
Kebudayaan Lokal mempengaruhi kebudayaan nasional
    Selain memengaruhi kebudayaan nasional, kebudayaan lokal mampu pula memengaruhi kebudayaan asing. Mengapa demikian? 
Kebudayaan lokal yang memengaruhi kebudayaan asing adalah pengaruh budaya masyarakat daerah kepada budaya asing yang dibawa orang asing. Budaya Jawa sangat berpengaruh bagi orang-orang Cina yang tinggal di derah Pekalongan. Kebudayaan Cina yang mereka miliki akhirnya bercampur dengan kebudayaan Jawa. Di dalam menggunakan bahasa pun, bercampur antara bahasa Cina dan bahasa Jawa. Hubungan ini dapat dijelaskan pada diagram berikut.
diagram Kebudayaan Lokal mempengaruhi kebudayaan asing

2. Pengaruh Kebudayaan Nasional
    Keberadaan kebudayaan nasional berpengaruh pula terhadap kebudayaan lokal. Contoh kebudayaan nasional yang memengaruhi kebudayaan lokal adalah candi. Candi Borobudur contohnya, memengaruhi budaya lokal pada pembuatan keramik di daerah Kasongan. Keramik yang terbuat dari tanah liat di daerah Kasongan tersebut banyak meniru bentuk-bentuk yang terdapat pada Candi Borobudur. Salah satunya adalah bentuk stupa yang kemudian di dalamnya diberi lampu.
Kebudayaan nasional mempengaruhi kebudayaan lokal
    Kebudayaan nasional berpengaruh pula terhadap kebudayaan asing yang ada. Contoh kebudayaan nasional yang memengaruhi kebudayaan asing adalah tempe. Tempe adalah makanan sebagai hasil
budi daya bangsa Indonesia yang telah ada sejak lama dan dibanggakan sebagai makanan milik bangsa Indonesia. Namun, tempe telah diklaim dan didaftarkan hak ciptanya oleh Jepang sebagai makanan yang diciptakan oleh bangsa Jepang. Hal ini menunjukkan bangsa hasil budi daya bahwa Indonesia sebagai kebudayaan nasional memberi pengaruh yang sangat besar bagi bangsa asing.
Kebudayaan nasional mempengaruhi kebudayaan asing

3. Pengaruh Kebudayaan Asing
    Umumnya kebudayaan asing berasal dari pengaruh budaya luar, yang masuk melalui proses globalisasi. Derasnya arus globalisasi membawa paham-paham baru yang akhirnya membentuk budaya asing. Tidak selamanya budaya asing membawa dampak yang negatif. Dalam hal ini pengaruh luas membentuk kebudayaan asing yang menambah kesempurnaan kebudayaan nasional. Contoh kebudayaan asing yang memengaruhi kebudayaan nasional adalah wayang. Wayang di Indonesia sangat besar pengaruhnya dari India. Wayang di Indonesia terdiri dari pelbagai jenis, ada wayang geber, wayang kulit, wayang wong, dan bentuk wayang lain. Keseluruhannya telah menjadi kebudayaan nasional karena telah menjadi identitas khas bangsa Indonesia, kebanggaan bangsa Indonesia, dan telah ada sejak beberapa abad yang lalu. Pengaruh asing, dalam hal ini berasal dari India merasuk kuat pada wayang Indonesia. Hal yang menarik akhir-akhir ini adalah wayang golek yang telah dilengkapi senapan. Senapan adalah kebudayaan asing. Dengan begitu, kebudayaan asing memengaruhi kebudayaan nasional.
Pengaruh Kebudayaan Asing terhadap kebudayaan Nasional
    Hubungan-hubungan tersebut terjadi karena masing-masing kelompok individu yang tergabung di dalam suatu masyarakat kebudayaan saling berinteraksi. Kalaupun tidak terjadi interaksi, dapat terjadi akibat dari subjek pengamatan yang diperhatikan dengan intens, contohnya tayangan televisi, Video Compact Disc (VCD), buku, atau majalah.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengaruh Kebudayaan Lokal, Kebudayaan Nasional, dan Kebudayaan Asing"

Posting Komentar