Pengertian dan Arti Hubungan Sosial

Hubungan sosial adalah hubungan timbal balik antara individu yang satu dengan individu yang lain, saling memengaruhi dan didasarkan pada kesadaran untuk saling menolong. Hubungan sosial merupakan aksi dan reaksi yang muncul antarpribadi, antara pribadi dengan kelompok, serta antara kelompok dengan kelompok.

Lalu apa arti hubungan sosial?
Hubungan sosial juga dapat diartikan sebagai intraksi sosial yang dinamis. Menurut Scott, hubungan sosial menghendaki kedua belah pihak tahu betul tindakan apa yang harus dilakukan dan apa yang tidak boleh dilakukan. Dengan demikian ada hubungan yang kekal sampai dipengaruhi perubahan orientasi nilai budaya yang mengiringinya.

Pengertian dan Arti Hubungan Sosial

Pengertian Hubungan Sosial yang terkait dengan Interaksi Sosial

Hubungan sosial disebut juga interaksi sosial. Interaksi sosial adalah proses saling memengaruhi di antara dua orang atau lebih. Seseorang melakukan hubungan sosial secara naluri didorong oleh beberapa faktor, baik faktor dari dalam maupun dari luar dirinya.

Dalam ilmu sosiologi kita mengenal istilah interaksi.Interaksi menurut Poerwitaatmadja(1987) adalah hubungan timbal balik yang saling memengaruhi antara individu dengan individu, individu dengan kelompok, atau kelompok dengan kelompok. Adapun pengertian interaksi sosial adalah dasar dari proses sosial yang menunjukkan hubungan sosial yang dinamis. Bentuk proses sosial adalah hubungan sosial atau interaksi sosial. Karena, interaksi sosial merupakan syarat utama terjadinya aktivitas sosial. Interaksi sosial juga melibatkan proses sosial yang bermacam-macam, yaitu proses tingkah laku yang dikaitkan dengan struktur sosial.
 
Sisi lain yang tidak bisa dipisahkan dari hubungan sosial adalah dampak positif dan negatif yang ditimbulkannya.
  • Salah satu contoh yang dikemukakan Poerwitaatmadja, misalnya apabila dua orang bertemu atau beberapa orang bertemu berarti interaksi sosial sudah dimulai. Pada saat itu mereka saling menegur, berjabat tangan, dan saling berbicara (bentuk positif).
  • Akan tetapi, dapat juga pembicaraan itu meningkat menjadi pertikaian yang akhirnya berubah menjadi perkelahian (bentuk negatif). Aktivitas-aktivitas semacam itu merupakan bentuk-bentuk dari hubungan sosial.

Dalam hubungan sosial, terjadi hubungan antarindividu atau antarkelompok, dimana hubungan tersebut bisa bersifat positif-negatif, atau hubungan secara langsung (tatap muka) dan tidak langsung (dengan melalui perantara). Dalam hubungan tidak langsung, biasanya perantara yang digunakan adalah pesawat telepon, telegram, surat, teleks, radio, dan sebagainya.

Baca juga ulasan lengkap:
  1. Faktor Hubungan Sosial
  2. Pranata Sosial

Hubungan sosial terjadi ketika ada kontak dan komunikasi. Kontak merupakan bentuk hubungan fisik yang terjadi antara pelaku-pelaku hubungan sosial. Kontak dapat terjadi secara tidak langsung yakni melalui media perantara. Misalnya, berbicara dengan teman lewat telepon, mengirim berita lewat internet atau faksimile. Kontak dapat terjadi secara langsung, seperti berbicara dengan orang lain dengan bertatap muka langsung.

Sedangkan komunikasi merupakan proses pengiriman pesan kepada pihak lain sehingga maksud dan tujuan orang tersebut dipahami oleh orang lain. Kontak tanpa komunikasi belum dapat dikatakan sebagai hubungan sosial. Akan tetapi, ketika komunikasi terjadi kontak pun pasti terjadi dan hubungan sosial terlaksana.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian dan Arti Hubungan Sosial"

Posting Komentar