3 Motif Seseorang Membutuhkan Uang (Penjelasannya)

Apa saja motif seseorang membutuhkan uang? Apakah kalian membutuhkan uang Tentu saja, semua orang membutuhkannya. Ada beberapa alasan mengapa seseorang membutuhkan uang. Seorang ahli ekonomi ternama John Maynard Keynes menyatakan, orang menyimpan uang tunai didasari oleh tiga motif, yaitu motif transaksi, motif berjaga-jaga, dan motif spekulasi.

Berikut ini motif alasan-alasan yang mendorong seseorang membutuhkan uang.

1. Motif Transaksi

Setiap orang mempunyai berbagai macam kebutuhan. Untuk memenuhi kebutuhannya, seseorang membutuhkan uang. Uang yang dimiliki digunakan untuk transaksi jual beli. Kalau kalian ingin membeli buku tulis, tentu kalian memerlukan uang untuk memperolehnya.
Motif Transaksi salah satu Motif Seseorang Membutuhkan Uang
Salah satu motif orang memegang uang adalah untuk bertransaksi dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Adanya perbedaan waktu antara permintaan dan pengeluaran merupakan dasar pertimbangan mengapa orang memegang uang. Dengan kata lain, motif transaksi adalah motif untuk melakukan kegiatan transaksi perdagangan. Misalnya, motif untuk membeli barang kebutuhan pokok.

2. Motif Berjaga-jaga

Selain untuk melakukan transaksi, alasan seseorang membutuhkan uang adalah untuk berjaga-jaga. Mengapa Kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi di masa yang akan datang. Apakah selalu dalam kondisi baik atau sebaliknya. Oleh karena itu, untuk menghadapi keadaan tersebut, seseorang menyisihkan sebagian uangnya untuk disimpan sehingga ia akan lebih siap menghadapi keadaan di masa yang akan datang.
Salah satu Motif Seseorang Membutuhkan Uang adalah Motif Berjaga-jaga
Motif berjaga-jaga merupakan motif menyimpan uang dengan tujuan membiayai hal-hal yang tidak terduga. Misalnya, biaya untuk berobat ketika sakit. Motif ini muncul karena adanya ketidakpastian di masa depan. Ketidakpastian tersebut dapat diartikan sebagai keadaan darurat atau muncul karena kesempatan baik yang tidak dapat diperkirakan sebelumnya.
 

3. Motif Spekulasi

Biasanya orang yang memengang uang dalam jumlah banyak akan melakukan transaksi yang sifatnya spekulasi. Misalnya uang yang mereka miliki digunakan untuk membeli saham pada perusahaan tertentu yang dinilai bisa memperoleh keuntungan yang besar, meskipun dengan risiko yang tinggi karena sifatnya yang tidak pasti.

Motif spekulasi, yaitu motif orang menyimpan uang dalam bentuk surat berharga, seperti saham dan obligasi dengan tujuan mendapatkan keuntungan. Motif orang melakukan spekulasi dipengaruhi oleh tingkat suku bunga yang berlaku. Misalnya, ketika suku bunga tinggi, orang akan merasa rugi memegang uang tunai karena tidak akan menghasilkan pendapatan. Oleh karena itu, mereka memilih untuk menabungkan uangnya di bank dengan harapan mendapatkan keuntungan yang lebih besar.

Ahli Ekonom Keynes yang Memberikan Pendapatnya Mengenai Motif Seseorang Membutuhkan Uang

Sumbangan Keynes dalam bidang ekonomi pada dasarnya terdapat dalam karya tulisnya yang berupa buku dengan judul "The General Theory of Employment Interest, and Money", yang ditulis pada tahun 1936. Buku ini kemudian menjadi terkenal tidak saja di Inggris, tetapi juga di Amerika Serikat karena isinya merupakan semacam tantangan terhadap teori yang ada (terutama teori klasik). Keynes mengatakan bahwa mekanisme pasar tidak dapat secara otomatis menjamin adanya campur tangan pemerintah dalam perekonomian.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "3 Motif Seseorang Membutuhkan Uang (Penjelasannya)"

Posting Komentar