Penjelasan Pengertian Perdagangan Internasional, Contoh, & Perbedaannya

Perdagangan internasional adalah suatu kegiatan transaksi atau tukar-menukar barang dan jasa antarnegara melalui kegiatan ekspor dan impor. Pengertian perdagangan internasional yang lain adalah kegiatan jual beli yang dilakukan antara dua negara atau lebih untuk memenuhi kebutuhan bersama negaranegara yang bersangkutan.

  • Perdagangan internasional adalah perdagangan yang dilakukan suatu negara dengan negara lain atas dasar saling percaya dan saling menguntungkan.

Ekspor artinya mengirim atau menjual barang ke luar negeri, sedangkan impor artinya mendatangkan atau membeli barang dari luar negeri. Jadi inti dari kegiatan perdagangan internasional adalah ekspor dan impor. Perdagangan internasional itu sendiri ada yang bersifat bilateral, regional, maupun multilateral.
Penjelasan Pengertian Perdagangan Internasional adalah
Perdagangan internasional muncul akibat adanya kesamaan dalam keadaan dimana suatu negara tidak dapat berdiri sendiri tanpa adanya hubungan dengan negara lain karena keterbatasan sumber daya suatu negara yang hanya ada dalam negara lain begitupun sebaliknya sehingga timbulah suatu transaksi dagang antar negara.

Contoh Perdagangan Internasional

Contoh perdagangan internasional yaitu perdagangan antara indonesia dengan jepang. penjelasannya adalah sebagai berikut.
 
Sumber daya dan kemampuan suatu negara berbeda-beda. Misalnya, Indonesia merupakan negara yang kaya sumber daya alamnya. Adapun Jepang merupakan negara yang maju dalam bidang teknologi dan langka sumber daya alamnya. Oleh karena itu, Indonesia dan Jepang dapat menjalin kerja sama untuk memenuhi kebutuhan bersama. Indonesia membeli kendaraan dari Jepang. Sebaliknya, Jepang membeli gas alam dari Indonesia untuk keperluan industrinya.

Perbedaan Perdagangan Internasional dengan Perdagangan Dalam Negeri

Perdagangan internasional berbeda dengan perdagangan dalam negeri. Perdagangan dalam negeri cakupan wilayahnya terbatas di dalam negeri dan menggunakan mata uang yang berlaku di negara tersebut. Adapun pada perdagangan internasional cakupan wilayah perdagangannya lebih luas dan menggunakan alat pembayaran yang disepakati kedua pihak. Dengan demikian, kegiatan pokok yang dilakukan dalam perdagangan internasional dan perdagangan lokal sama, yaitu kegiatan menjual dan membeli barang atau jasa. Kegiatan menjual barang atau jasa ke luar negeri disebut ekspor dan pihak yang melakukannya disebut eksportir. Adapun kegiatan membeli barang atau jasa dari luar negeri disebut impor dan pihak yang melakukannya disebut importir.

Tabel Perbedaan Perdagangan Dalam Negeri dengan Perdagangan Luar Negeri
Tabel Perbedaan Perdagangan Dalam Negeri dengan Perdagangan Luar Negeri

Sekarang ini, perdagangan internasional dilakukan dengan terbuka. Hal ini sebagai dampak berdirinya organisasi perdagangan internasional. Misalnya, Asean Free Trade Area (AFTA), Asia Pasific Economic Cooperation (APEC), dan World Trade Organization (WTO). AFTA merupakan organisasi perdagangan bebas di kawasan Asia Tenggara. APEC adalah organisasi kerja sama ekonomi negara-negara di Asia dan Pasifik. Adapun WTO adalah organisasi yang bertugas mengatur dan mengawasi perdagangan bebas dunia.

Perdagangan internasional tidak hanya dilakukan oleh negara maju saja, namun juga negara berkembang. Dengan melakukan perdagangan internasional melalui kegiatan ekspor impor, negara maju akan memperoleh bahan-bahan baku yang dibutuhkan industrinya sekaligus dapat menjual produknya ke negara-negara berkembang. Sementara itu, negara berkembang dapat mengekspor hasil-hasil produksi dalam negeri sehingga memperoleh devisa. Negara berkembang juga membutuhkan pinjaman dalam bentuk investasi dan modal yang dapat diperoleh dari negara-negara maju. Devisa dan pinjaman dalam bentuk in estasi dan modal ini dapat digunakan negara berkembang untuk memajukan perekonomian dalam negerinya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Penjelasan Pengertian Perdagangan Internasional, Contoh, & Perbedaannya"

Posting Komentar