Profil Negara Myanmar (Letak, Batas, Iklim, Ibukota, Keadaan Alam, Bentuk Pemerintahan, Perekonomian Myanmar)

Profil Negara Berkembang Myanmar

Nama resmi : Pyidaungzu Myanma Naingngandaw
Ibukota : Yangoon/Rangoon
Luas wilayah : 678.500 km
Bentuk pemerintahan : Republik
Kepala negara : Presiden
Agama : Mayoritas Buddha (85 ), selebihnya Islam, Kristen, Hindu, dan Animisme
Suku bangsa : Birma (mayoritas), Karen, Shan, Rakhine, Cina, dan India
Mata uang : Kyat
Bahasa : Birma
Lagu kebangsaan : Gba Majay Bma
Kemerdekaan : 4 Januari 1948 (dari kekuasaan Inggris)
Bandar udara internasional : Ninoy Aquino Internasional Airport
Perusahaan penerbangan : Philippines Airline (PAL)
Profil Negara Myanmar - Negara Berkembang Myanmar


Letak, Luas, dan Batas Negara Myanmar

Secara astronomis Myanmar terletak antara 9⁰58’LU-28⁰29’LU dan 92⁰11’BT-101⁰10’BT.
Luas wilayah Myanmar ialah 678.500 km2, dengan batas-batas negara sebagai berikut.
  • Sebelah utara berbatasan dengan negara India dan Cina
  • Sebelah selatan berbatasan dengan Laut Andaman dan Teluk Benggala
  • Sebelah timur berbatasan dengan Cina, Laos, dan Thailand
  • Sebelah barat berbatasan dengan Bangladesh dan India.

Iklim Myanmar
Myanmar beriklim tropis dan suhunya rata-rata 27⁰C. Ada tiga musim yang menonjol, yaitu musin hujan, musim kemarau yang sejuk, dan musim kemarau yang panas. Terdapat tiga musim di negara ini, yakni musim hujan yang hangat dan lembap (Mei–Oktober), musim kemarau yang sejuk (November–Februari), dan musim kemarau yang panas. Di Yangoon suhu rata-rata 27°C, tetapi daerah sebelah utara umumnya lebih dingin. Suhu maksimum terjadi pada April, sedangkan pada Desember dan Januari merupakan bulan-bulan terdingin.

Penduduk Negara Myanmar

Penduduk terbesar di Myanmar ialah orang Burma (69%). Kelompok suku lain, yaitu Shan (8%), Karen (6%), Rakhin (5%), Mon (2%), Cina (2%), dan Kachin (1%). Penduduk Myanmar berjumlah 47.382.633. Rata-rata pertumbuhan penduduk sebesar 0,81 persen.

Mata pencaharian utama penduduk adalah bercocok tanam. Bahasa resmi yang digunakan adalah Burma yang berkaitan dengan bahasa Tibet. Sebagian penduduknya menggunakan bahasa Inggris, sedangkan penduduk yang tinggal di bukit memiliki bahasa sendiri. Satuan mata uangnya Kyat.

Bentang Alam Negara Myanmar

Myanmar banyak dilalui beberapa rangkaian pegunungan, yaitu Daerah Pegunungan Barat yang membentang dari utara ke selatan sampai sejauh Tanjung Negrais, pegunungan di bagian ini mempunyai ketinggian rata-rata 3.000 meter.

Sebagian besar wilayah Myanmar berupa dataran tinggi dan pegunungan yang merupakan bagian dari deretan Pegunungan Mediterania. Gunung yang tinggi di bagian ini adalah Gunung Saramati (3.826 m). Di sebelah barat Pegunungan Arakan Yoma, di sepanjang Teluk Benggala terdapat jalur lahan sempit yang dialiri sungai yang bermata air dari Pegunungan Arakan. Wilayah ini merupakan lahan untuk pertanian.

Bagian timur terdiri atas Dataran Tinggi Shan yang berbentuk huruf V memanjang ke selatan menuju rangkaian Pegunungan Dawna dan Pegunungan Tenasserim. Dataran tinggi dan pegunungan ini merupakan perbatasan antara Myanmar dan Thailand. Di antara deretan pegunungan bagian barat dan timur terdapat dataran rendah alluvial yang membentang dari daerah lembah Sungai Irawadi dan lembah Sungai Sittang sampai ke daratan pedalaman Mandalay. Separoh wilayah Myanmar terletak di lembah Sungai Irawadi dan cabang-cabangnya.

Pegunungan utara merupakan sumber mata air dari Sungai Irawadi dan Sungai Chindwin (anak sungai Irawadi). Sungai Irawadi adalah sungai yang terpanjang dan terbesar di Myanmar. Pada muara Sungai Irawadi tepatnya di pantai Laut Andaman terdapat Delta Irawadi.

Sejarah dan Bentuk Pemerintahan Negara Myanmar

Myanmar merupakan negara sosialis di Asia Tenggara dengan ibu kota Yangoon. Pemerintahannya berbentuk republik. Kepala negaranya seorang presiden dan kepala pemerintahannya perdana menteri. Luas negara Myanmar 678.500 km². Jabatan lain untuk perdana menteri adalah Ketua Dewan menteri, sedangkan presiden sekaligus menjabat sebagai Ketua Dewan Negara. Badan legislatif di Myanmar dinamakan Majelis Rakyat yang dipilih langsung oleh rakyat dengan masa jabatan selama 4 tahun.

Myanmar merupakan nama baru dari negara Burma yang digunakan sejak tanggal 12 Juni 1989. Nama resmi Myanmar adalah Pyidaungzu Socialist Thamada Myanmar Nuinggandaw (Republik Kesatuan Sosialis Burma). Sepanjang sejarahnya, Myanmar yang merupakan bekas jajahan Inggris senantiasa dalam percaturan politik internasional menerapkan politik netralis ketat, bahkan cenderung ke arah mengisolasi diri.

Perekonomian Negara Myanmar

1) Sektor Pertanian
Myanmar merupakan negara agraris dengan hasil pertanian utamanya adalah padi. Hasil pertanian lainnya adalah teh, dihasilkan di Plato Shan, tembakau di bagian utara, tebu di lembah Sungai Sittang, dan sayur-mayur di daerah Pantai Arakan Yoma. Daerah kering menghasilkan gandum, jagung, kapas, dan wijen.

2) Sektor Pertambangan
Hasil tambang Myanmar yaitu minyak tanah, seng, timah, nikel, emas, dan uranium. Ladang minyak bumi terdapat di Chaok dan Yenangyaong adalah tungsten, antemen, air raksa, batu bara, perak, mangan, dan gas alam di Chaok.

3) Sektor Kehutanan
Lebih dari 70% wilayah Myanmar tertutup oleh hutan. Hasil dari kehutanan berupa kayu jati dan kayu besi.

4) Sektor Perdagangan
Ekspor terpenting yaitu beras, kayu, dan barang logam. Impornya berupa mesin-mesin, alat-alat tarnsportasi, barang logam, kertas, pupuk, dan obat-obatan.

5) Sektor Perindustrian
Kegiatan perindustrian di Myanmar semuanya dikendalikan oleh pemerintah. Hasil industri terutama industri pengolahan hasil pertanian, hasil hutan, mineral, pembuatan minyak bumi, pengawetan ikan, dan tekstil.

6) Sektor Perhubungan
Pelabuhan yang terbesar di Myanmar terdapat di Yangoon, kota pelabuhan lain yaitu Moulmein. Angkutan masih terbatas pada angkutan sungai, sedangkan jalan darat selalu terus dibangun. Sungai yang mempunyai peranan sangat penting yaitu Sungai Irawadi, Sungai Chindwin, dan Sungai Sittang. Untuk mengangkut kayu dari hutan, penduduk banyak memanfaatkan tenaga gajah.

7) Sektor Pariwisata
Objek wisata yang terkenal di Filipina antara lain Intramuros (kota peninggalan sejarah Spanyol), goa-goa, taman karang, kota peninggalan Magelhaens, pasar barter di Zamboanga, Danau Taal dan wisata pegunungan yang indah sejuk terdapat di Baguio.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Profil Negara Myanmar (Letak, Batas, Iklim, Ibukota, Keadaan Alam, Bentuk Pemerintahan, Perekonomian Myanmar)"

Posting Komentar