Profil Negara Brunei Darussalam (Ibukota, Perekonomian, Letak, Batas, Iklim, Bentang Alam, Pemerintahan Brunei)

Profil Brunei Darussalam

Brunei Darussalam adalah sebuah negara kecil yang sangat makmur di sebelah Utara Pulau Kalimantan dan berbatasan dengan Malaysia. Perekonomian negara Brunei Darussalam bertumpu pada sektor minyak bumi dan gas dengan pendapatan nasional yang termasuk tinggi di dunia.
Profil Negara Brunei Darussalam

Nama resmi : Negara Brunei Darussalam
Ibukota : Bandar Seri Begawan
Luas wilayah : 5.765 km²
Agama : Islam (64%), Buddha (14%), Kristen (10%), Kong Hu Cu, dan lainnya (12%)
Suku bangsa : Melayu (65%), Cina (20%), suku Dayak (15%)
Mata uang : Dollar Brunei
Bahasa : Melayu dan Inggris
Lagu kebangsaan : Allah Peliharakan Sultan
Kemerdekaan : 1 Januari 1984 (dari kekuasaan Inggris)
Bentuk pemerintahan : Kesultanan (Kerajaan)
Kepala negara dan pemerintahan : Sultan
Hasil Pertanian : Karet, Beras, rempah-rempah
Hasil Tambang : Minyak, gas alam, kayu
Hasil Industri : Minyak dan gas, tekstil, makanan dan minuman ringan, bahan bangunan
Ekspor Utama : Minyak dan gas, tekstil
Impor Utama : Kendaraan bermotor, mesin, barang pabrikan, Makanan, dan kimia.
Perusahaan penerbangan : Royal Brunei Airline

Letak Brunei Darussalam
Brunei Darussalam terletak di Pantai Kalimantan Barat Laut, hanya berbatasan dengan satu negara saja, yaitu Malaysia, di negara bagian Serawak, atau terletak antara 4⁰LU -5⁰2’ LU dan 114 BT -115 BT. Keseluruhan pantai menghadap laut Cina Selatan yang panjangnya sekitar 161 km.


Luas  Brunei Darussalam
Serawak membagi Brunei menjadi dua bagian yaitu bagian barat dan bagian timur. Negara Brunei Darusalam terbagi atas dua bagian, yaitu bagian barat dan bagian timur. Bagian barat terdiri atas 3 daerah yaitu daerah Tutong, Belait, dan Brunei, sedangkan bagian timurnya adalah daerah Temburong. Luas wilayah seluruhnya adalah 5,765 km², hampir sama dengan luas Pulau Bali di Indonesia (5.561 km²).


Batas Negara  Brunei Darussalam

Brunei mempunyai batas sebagai berikut.
  • Sebelah utara berbatasan dengan Laut Cina Selatan
  • Sebelah timur berbatasan dengan Sabah, Malaysia
  • Sebelah barat berbatasan dengan Serawak, Malaysia
Wilayah Brunei Darussalam sebagian besar terdiri atas dataran. Bagian pantainya berupa rawa-rawa. Semakin ke pe dalaman wilayahnya semakin berbukit-bukit dengan ketinggian kurang dari 100 m. Di perbatasan dengan Serawak terdapat daerah berbukit-bukit dengan ketinggian di atas 300 m.

Kondisi Iklim Brunei Darussalam

Keadaan iklim Brunei dipengaruhi oleh iklim tropis yang lembab dengan suhu rata-rata tahunan 27,8⁰C. Hujan turun pada bulan Mei hingga Desember. Musim kemarau terjadi pada bulan Januari sampai dengan April.
iklim brunei darussalam - kondisi keadaan iklim brunei
Suhu rata-rata di kawasan Brunei Darussalam adalah 24°–31°C. Daerah pantai dan dataran rendah menerima hujan sebanyak 2.500 mm per tahun, sedangkan di daerah berbukit-bukit menerima curah hujan sebanyak 4.000 mm per tahun.

Bentang Alam Negara Brunei Darussalam

a) Relief
Di bagian barat sebagian besar reliefnya merupakan dataran rendah. Di bagian timur lebih tinggi daripada bagian barat (1.000-1.500m). Tanahnya berbukit-bukit. Di ujung selatan daerah Temburong terdapat Bukit Pagon yang tingginya 1.850 m. Daerah ini merupakan lereng Pegunungan Crocker. Di bagian utara Pantai utara daerahnya relatif datar dengan Teluk Bruneinya. Di sebelah barat terletak ibu kota Brunei, Bandar Seri Begawan.

b) Sungai
Di Brunei Timur hanya mengalir satu sungai yaitu Sungai Temburong. Sungaisungai di Brunei sebagian besar berfungsi sebagai alat perhubungan, lebih-lebih di daerah yang sukar dibangun jalan. Di Brunei Barat mengalir tiga sungai, yaitu : Sungai Belait, Sungai Tutong, dan Sungai Brunei.

c) Sumber Daya Alam
Brunei Darussalam memiliki sumber daya alam yang utama berupa minyak. Ladang minyak merupakan cadangan minyak terbanyak di Asia Tenggara. Ladang minyak di lepas pantai terdapat di Kuala Belait, Ampar, dan Jerudong. Di Brunei sendiri belum ada kilang penyulingan minyak. Sebagian besar minyak mentah dialirkan melalui pipa-pipa ke Miri dan Lutong di Serawak untuk disuling.

Suku Bangsa Penduduk Brunei Darussalam
Penduduk Brunei pada tahun 2003 berjumlah 400.000 jiwa dengan pertumbuhan penduduknya 1,9%, dan kepadatan penduduknya 63 jiwa per km². Pertumbuhan penduduk di negara ini rata-rata 2,0% setahun. Pada umumnya penduduk bertempat tinggal di kotakota sepanjang pantai Laut Cina Selatan. Mereka terdiri atas orang Melayu sebanyak 50%, Cina sebanyak 18%, orang Kedayan yang diperkirakan berasal dari Jawa dan Sumatera sebanyak 16%, sisanya adalah orang Kedayan dan orang Dayak. Bahasa resmi penduduk Brunei adalah bahasa Melayu. Agama resminya adalah agama Islam.

Perekonomian Brunei Darussalam

Sumber ekonomi utamanya diperoleh dari sektor minyak dan gas bumi, yaitu mencapai 76% dari pendapatan negara. Minyak bumi merupakan komoditi ekspor tertinggi yaitu 99% dari seluruh ekspor Brunei. Satuan mata uangnya adalah Dolar Brunei yang memiliki nilai sama dengan Dolar Singapura. Selain bertumpu pada sektor minyak bumi dan gas, pemerintah Brunei mencoba melakukan di ersifikasi sumber-sumber ekonomi dalam bidang perdagangan.
1) Sektor pertanian menghasilkan padi, jagung, kelapa, dan sagu.
2) Sektor perkebunan menghasilkan karet, kelapa sawit, dan lada.
3) Sektor pertambangan menghasilkan minyak dan gas bumi.


4) Sektor Perhubungan

Untuk perhubungan dibangun transportasi melalui darat, laut, dan udara. Jaringan jalan raya masih terbatas (1.250 km) dan jalan kereta api hanya sepanjang 10 km. Untuk menghubungkan dengan luar negeri dibangun bandar udara internasional Bandar Seri Begawan dan Pelabuhan Samudra di muara Sungai Brunei.

5) Sektor Perdagangan
Ekspor Brunei berupa minyak bumi dan gas alam, kayu serta karet. Negeri ini mengimpor 80% bahan makanan, tekstil, mesin-mesin pertanian dan alat transportasi dari negara lain. Karena itu, dalam jangka panjang Brunei akan berusaha dapat melakukan swasembada pangan.

6) Sektor Kehutanan
Hasil hutan yang bisa diandalkan Brunei adalah kayu, rotan, cengal, dan damar.

7) Sektor Pariwisata
Bentuk wisata yang dikembangkan pemerintah Brunei Darussalam adalah wisata budaya, misalnya kehidupan masyarakat terapung di daerah yang disebut dengan ota Air dan istana kesultanan Brunei yang dihiasi oleh lapisan emas di kubah utamanya.

8) Sektor Industri
Industri minyak adalah industri utama di Brunei Darussalam. Selain itu, terdapat juga industri gas alam. Penambangan minyak dan gas alam ini dilakukan di darat dan lepas pantai.

Hasil pertanian, perikanan, dan peternakan banyak digunakan untuk konsumsi dalam negeri. Tanaman utama di Brunei Darussalam adalah padi, tetapi tidak sedikit penduduk yang menanam jagung, kelapa, dan sagu. Industri belum begitu berkembang. Oleh sebab itu, barang-barang seperti tekstil, mesin-mesin pertanian, alat transportasi, dan bahan-bahan pangan harus diimpor.

Sejarah dan Pemerintahan Negara Brunei Darussalam

Nama resmi negara ini adalah negara Brunei Darussalam. Negeri ini sebelum merdeka merupakan negara protektorat (perwakilan) Inggris sejak tahun 1888. Bentuk perwakilan ini ditunjukkan pada tahun 1906, saat Brunei menerima kehadiran resident Inggris yang pertama. Resident ini merupakan wakil pemerintah Inggris di Brunei. Tugasnya yaitu memberi nasihat kepada Sultan Brunei dalam segala bidaang kecuali masalah bea cukai dan agama.

Tahun 1959, Brunei merupakan negara yang berpemerintahan sendiri, namun urusan luar negeri, keamanan dan pertahanan menjadi tanggung jawab Inggris. Secara resmi Brunei merdeka dan berdaulat penuh mulai tanggal 1 Januari 1984, namun perayaan proklamasinya diselenggarakan tanggal 23 Februari 1984, karena itu tanggal 23 Februari dijadikan sebagai hari nasional negara Brunei Darussalam.

Sistem pemerintahannya adalah kerajaan yang bersendikan pada ajaran Islam, dengan kekuasaan pemerintahan tertinggi berada di tangan sultan. Kepala negara dan pemerintahan pada awal kemerdekaan sepenuhnya yaitu Sir Muda Hassanal Bolkiah Mu’izzadin Waddaulah, Sultan Darussalam. Ibu kotanya Bandar Seri Begawan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Profil Negara Brunei Darussalam (Ibukota, Perekonomian, Letak, Batas, Iklim, Bentang Alam, Pemerintahan Brunei)"

Posting Komentar