Profil Negara Thailand (Ibukota, Julukan, Iklim, Luas, Letak, Batas Wilayah, Sejarah, Pemerintahan, Perekonomian Thailand)

Profil Negara Thailand

Berikut ini merupakan profil dari salah satu anggota ASEAN yaitu Thailand:

Nama internasional : Kingdom of Thailand
Nama resmi : Raja-anachakra Thai atau Prath–t Thai
Ibukota : Bangkok (Krung Thep)
Luas wilayah : 512.820 km
Jumlah penduduk : 64,785,909 (2010)
Kepadatan : 132,1 jiwa/km

Agama : Mayoritas Buddha (95 ), Islam (4 ), sisanya Kristen dan Hindu
Suku bangsa : Mayoritas Thai, Lao, Melayu, Cina, Mon, dan Khmer
Mata uang : Bath
Bahasa : Thailand (bahasa resmi) dan Inggris
Lagu kebangsaan : Phleng Chat
Kemerdekaan : (tidak mengalami penjajahan)

Bentuk pemerintahan : Kerajaan (Konstitusional)
Kepala negara : Raja
Kepala pemerintahan : Perdana Menteri
Bandar udara internasional : Don MuangThai
Perusahaan penerbangan : Internasional Airways
Julukan Negara Thailand : Negeri Gajah Putih

Negara Thailand

Letak dan Batas Negara Thailand

Secara astronomis Thailand terletak antara 6OLU–21OLU dan 97OBT–106OBT. Batasbatas wilayah negara Thailand adalah sebagai berikut.
  • Sebelah utara berbatasan dengan negara Laos dan Myanmar
  • Sebelah timur berbatasan dengan negara Kampuchea.
  • Sebelah selatan berbatasan dengan negara Malaysia, dan Teluk Siam
  • Sebelah barat berbatasan dengan negara Myanmar dan Laut Andaman.
Luas negara Thailand 514.000 km2, atau kira-kira 4 kali Pulau Jawa.

Iklim Negara Thailand

Thailand beriklim tropis dan subtropis, menurut wilayahnya dapat dibedakan menjadi tiga.
  • Daerah Utara. Pada umumnya mengalami udara lebih dingin (daerah pegunungan) bila dibandingkan dengan daerah lainnya.
  • Daerah bagian Timur. Mengalami musim kering (pada bulan November – Februari) yang dipengaruhi musim dingin dari Daratan Cina.
  • Daerah Selatan. Mengalami musim hujan (Mei-Oktober) yang berasal dari angin musim Samudra Hindia. Mengalami musim panas yang paling kering pada Februari-Mei.
Secara umum iklim musim di Thailand, dapat dikelompokkan menjadi tiga, yaitu musim kemarau, terjadi pada bulan November sampai bulan Februari, musim panas, terjadi pada bulan Maret sampai April, musim penghujan, terjadi pada akhir bulan April hingga akhir Oktober.  Sepanjang tahun suhu udara berada di atas 25⁰ C. Suhu tertinggi terjadi pada bulan Maret–April, sedangkan suhu terendah terjadi pada bulan Oktober–Februari.

Luas, Letak, dan Batas Wilayah Thailand

Sejarah dan Bentuk Pemerintahan Negara Thailand

Julukan negara Thailand adalah Negeri Gajah Putih, karena gajah putih dianggap keramat oleh penduduknya. Thailand sendiri artinya negeri orang merdeka atau negara yang tidak pernah dijajah. Nama resminya sendiri adalah Prathet Thai. Dahulu orang Eropa menyebut negara ini Siam. Sampai awal abad XX Thailand merupakan kerajaan absolut. Pada tahun 1932 terjadi coup berdarah yang mengubah sistem kekuasaan absolut menjadi sistem kekuasaan terbatas.
Negara Thailand berbentuk kerajaan konstitusional dengan kepala negara seorang raja dan kepala pemerintahan perdana menteri. Tokoh yang terkenal adalah Raja Bumibol dan Ratu Sirikit.
Konstitusi ditetapkan pada tahun 1968 yang mengandung ketentuan sebagai berikut.
1) Pemerintahan
Negara dikepalai oleh perdana menteri yang dibantu oleh dewan menteri (kabinet). Menteri dalam negeri mengangkat gubernur yang mengepalai daerah provinsi. Jumlah gubernur ada di 71 provinsi. Gubernur mengangkat kepala distrik.
2) Badan legislatif
Ada 2 macam dewan perwakilan rakyat, yaitu senat dan dewan perwakilan rendah. Thailand dibagi menjadi 71 daerah administrasi dan 42.000 buah kota/desa.

Penduduk Negara Thailand

Penduduk Muangthai sebagian besar 98,5%) adalah orang Thai, sisanya adalah orangorang Cina (10%), India, dan Melayu. Mereka berbahasa Thai dengan sebagian besar penduduknya beragama Budha. Angka kelahiran Thailand adalah 20, dan angka kematian 7, dengan kepadatan penduduk 122 orang/km².

Perekonomian / Keadaan Ekonomi Thailand

Kira-kira 80% penduduk Thailand bermata pencaharian sebagai petani.
1) Sektor Pertanian
Padi adalah hasil utama pertanian. Daerah penghasil beras terbesar terdapat di Lembah Chao Phraya. Selain padi hasil pertanian yang lain adalah karet dan komoditi lain seperti kopra, kapas, singkong, kelapa, lada, dan lain-lain.

2) Sektor Pertambangan
Bahan tambang utama Thailand adalah timah yang dihasilkan dari Semenanjung Thailand. Hasil tambang lainnya adalah wolfram, timbal, seng, mangan, tembaga, bijih besi, batu bara, emas, lignit. Gas alam ditemukan di lepas pantai teluk Siam, dan timah (tambang utama).

3) Sektor Peternakan
Peternakan utama adalah kerbau dan babi, binatang lain yang diternakkan adalah gajah, sapi, babi, ayam, itik, puyuh, dan angsa.

4) Sektor Perikanan
Kegiatan penangkapan ikan banyak dilakukan penduduk di Sungai Chao Phraya, Mekong, Selat Malaka, dan Teluk Siam. Hasil penangkapan ikan ini diekspor dalam bentuk petis ikan dan ikan asin.

5) Sektor Industri dan Perdagangan
Ekspor negeri ini adalah beras, tapioka, karet, ikan kalengan, jagung, gula, timah, dan kerang-kerangan. Impornya berupa minyak bumi, mesin-mesin, produk besi dan baja. Mitra dagangnya adalah Amerika Serikat, Singapura, Malaysia, Jerman, Jepang, Cina, Korea, dan Inggris.
Potensi Industri Thailand
  1. Memiliki banyak sumber daya barang mentah, seperti hasilhasil pertanian dan pertambangan.
  2. Hasil pertambangan meliputi timah (hasil pertambangan utama), tembaga, minyak dan gas, bijih besi, emas, timbal, dan wolfram.
  3. Industri yang dikembangkan masih bersifat industri pengolahan hasil alam, seperti pengolahan beras, pengolahan karet mentah, pemintalan benang, tekstil, semen, dan berbagai produk olahan minyak bumi.
  4. Saat ini mulai berkembang industri perakitan komponen elektronika dan otomotif.

6) Sektor Perhubungan
Thailand memiliki jalur perhubungan udara, darat, dan laut, bahkan melalui perhubungan sungai. Kegiatan perhubungan antarkota selain melalui sungai-sungai, juga melalui jalan darat dan kereta api. Bandar udara internasional Dong Muang dan pelabuhan laut terbesar terdapat di Bangkok. Pelabuhan lautnya Khong Toei, Phuket, Songkla, dan Potani. Chiang May adalah kota paling utara yang mempunyai hubungan kereta api dengan Bangkok.

7) Sektor Pariwisata
Pariwisata juga termasuk penghasil devisa yang cukup besar, terutama dengan daya tarik Pantai Pattaya yang terkenal sangat indah. Beberapa kota pariwisata antara lain: Bangkok, Thonburi, Nakhon Ratchasima dan Ubonratchani, Chiangmai.

Pemerintah Thailand menggabungkan konsep wisata alam dan wisata budaya. Salah satu objek wisata alam yang terkenal adalah Pantai Pattaya di Teluk Siam dan panorama indah pegunungan di Chiang Mai (Pegunungan Utara). Wisata budaya berupa bangunanbangunan sejarah atau tarian khas Thailand. Wisata budaya dapat juga dilakukan dengan cara berkeliling kota Bangkok atau kota-kota besar lainnya.

Potensi Alam Thaoland

  1. Memiliki ariasi bentang alam yang seragam.
  2. Wilayahnya relatif subur karena banyak terdapat gunung api dan lembah-lembah sungai.
  3. Kaya akan hasil pertanian, perkebunan, dan hasil-hasil hutan, seperti padi, jagung, tebu, umbi-umbian, buah-buahan tropis, karet, cengkih, kopra, dan berbagai jenis kayu (terutama kayu jati dan kayu besi).
  4. Memiliki potensi peternakan yang besar, terutama ternak babi dan kerbau.
  5. Memiliki pantai yang indah dan perairan di kawasan teluk yang tenang.

Kenampakan Alam Utama Thailand
Thailand memiliki bentuk permukaan bumi yang beragam. Di sebelah utara, keadaannya bergunung-gunung, dan titik tertingginya berada di Doi Inthanon (2.576m). Sebelah timur laut terdapat pegunungan Koral, yang dibatasi di timur oleh sungai Mekong. Wilayah tengah negara didominasi lembah sungai Chao Phraya yang hampir seluruhnya datar, dan mengalir ke Teluk Thailand. Di sebelah selatan terdapat Tanah Genting Kra, dataran paling sempit di Thailand. Di bagian tengah terdapat sungai Chao Phraya yang subur. Daerah utara dan barat terdapat pegunungan, dengan puncak tertinggi adalah Gunung Doi Inthanon (2.594). Semenanjung Thailand bagian selatan, banyak berbukit-bukit rendah sampai di perbatasan Malaysia.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Profil Negara Thailand (Ibukota, Julukan, Iklim, Luas, Letak, Batas Wilayah, Sejarah, Pemerintahan, Perekonomian Thailand)"

Posting Komentar