Negara-Negara di Kawasan Samudra (Oceania | Melanesia, Mikronesia, Polynesia)

Negara-Negara yang terletak di Kawasan Samudra - Pada umumnya, orang hanya mengetahui letak-letak negara di benua. Akan tetapi, sebenarnya ada beberapa negara di kawasan samudra yang keberadaannya terpisah dari benua. Negara-negara tersebut pada umumnya berupa negara kepulauan. Dari berbagai samudra yang ada di dunia, hanya Samudra Pasifik yang memiliki gugusan kepulauan yang membentuk suatu kawasan negara, yaitu kawasan negara-negara Oceania. Kawasan Oceania terletak di perairan bagian tengah dan Barat Daya Samudra Pasifik yang membentuk gugusan Melanesia, Mikronesia, dan Polynesia.

Negara-Negara di Kawasan Samudra- Oceania

Oceania merupakan kawasan kepulauan yang terbentang luas di wilayah Samudra Pasifik. Terletak di antara pantai Tenggara Asia hingga bagian tengah Samudra Pasifik. Kawasan ini memiliki lebih dari 25.000 pulau yang tersebar di bagian Barat dan tengah Samudra Pasifik. Batas wilayah Oceania adalah Kepulauan Hawaii (Amerika Serikat) di bagian Utara, Pulau Paskah di sebelah Timur, Selandia Baru di sebelah Selatan, dan Kepulauan Palau dan Selandia Baru di bagian Barat.

Secara garis besar, Oceania dapat dibagi menjadi tiga wilayah utama berikut ini.
a. Melanesia meliputi daerah di bagian Utara dan Timur pantai Australia (meliputi Papua Nugini, Kepulauan Solomon, Vanuatu, Fiji, dan Kaledonia Baru).
Melanesia berasal dari kata mela artinya gelap dan nesos/nesia artinya pulau. Hal ini mengacu pada warna kulit penduduk setempat yang pada umumnya kecokelatan. Micronesia berasal dari kata micro artinya kecil dan nesos/nesia artinya pulau. Hal ini mengacu pada ukuran dari Kepulauan Micronesia yang kecil dan banyak atol. Polynesia berasal dari kata poly artinya banyak dan dan nesos/nesia artinya pulau. Hal ini mengacu pada banyaknya jumlah pulau di wilayah Polynesia.

b. Mikronesia meliputi gugusan pulau kecil dan atol yang tersebar luas di sebelah Utara Melanesia
dan Timur Asia. Mempunyai empat kelompok kepulauan utama, yaitu Kepulauan Karolina, Kepulauan Mariana, Kepulauan Marshall, dan Kepulauan Gilbert.

c. Polynesia merupakan wilayah terbesar di kawasan Oceania. Terletak di tengah dan bagian
Selatan Pasifik. Wilayahnya mencakup pulaupulau di Timur Melanesia dan di Selatan garis khatulistiwa, seperti Tu alu, Tonga, Samoa, Samoa Amerika, Kepulauan Cook, Polynesia Prancis, Kepulauan Austral, Pulau Pitcaim, Selandia Baru, dan Pulau Paskah.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Negara-Negara di Kawasan Samudra (Oceania | Melanesia, Mikronesia, Polynesia)"

Posting Komentar