Gambar Gerakan Sepanjang Kurva Penawaran dan Pergeseran Kurva Penawaran

Gambar Gerakan Sepanjang Kurva Penawaran dan Pergeseran Kurva Penawaran

Peningkatan jumlah barang yang ditawarkan sebagai respon atas kenaikan harga apabila dinyatakan pada kurva penawaran akan menunjukkan pergerakan di sepanjang kurva penawaran. Hal ini berbeda dengan kenaikan penawaran pada setiap harga atau kenaikan penawaran pada harga yang sama. Ini berarti kenaikan penawaran tidak disebabkan oleh kenaikan harga barang bersangkutan tetapi oleh faktor lain yang memengaruhi penawaran. Agar Anda dapat membedakannya, coba perhatikan kurva di 4.12 dan 4.13.

Gambar Gerakan Sepanjang Kurva Penawaran dan Pergeseran Kurva Penawaran

Contoh penawaran barang yang sesuai dengan kurva 4.13 adalah produk ”kaus plesetan”. Awalnya, hanya ada beberapa produsen, utamanya dari Yogyakarta yang memproduksi kaus plesetan tersebut, akibatnya harga kaus plesetan menjadi mahal. Kemudian harga kaus tersebut turun seiring merebaknya produsen kaus sejenis. Kurva 4.13 menunjukkan pada tingkat harga Rp90.000,00 kaus yang ditawarkan enam buah. Turunnya harga menjadi Rp40.000,00 mengakibatkan turunnya penawaran menjadi empat buah.

Perpindahan dari titik c ke d menunjukkan bahwa penurunan harga kaus menyebabkan jumlah kaus yang ditawarkan oleh produsen akan berkurang. Ketika terjadi gerakan penawaran sepanjang kurva, selalu dianggap ceteris paribus, yaitu faktor-faktor lain yang ikut memengaruhi dianggap konstan atau tetap. Apabila salah satu atau semua faktor yang dianggap memengaruhi berubah, kurva penawaran akan bergeser sejajar ke kanan atau kiri. Anda dapat melihatnya pada gambar 4.13.

Kurva penawaran akan bergeser ke kanan, jika jumlah yang ditawarkan lebih banyak pada saat harga tetap. Hal ini bisa terjadi jika harga barang lain turun, biaya produksi turun dan teknologi bertambah maju. Gambar 4.13 menjelaskan bahwa enam kaus ditawarkan dengan harga Rp90.000,00. Setelah kurva bergeser ke kanan, pengusaha menawarkan sebanyak tujuh kaus dengan harga yang sama. Apabila kurva bergeser ke kiri, hanya lima kaus yang ditawarkan pada harga Rp90.000,00.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Gambar Gerakan Sepanjang Kurva Penawaran dan Pergeseran Kurva Penawaran"

Posting Komentar