Rumus dan Contoh Soal Harga Keseimbangan (Fungsi Permintaan & Penawaran)

Rumus Harga Keseimbangan

Suatu harga dikatakan mencapai harga keseimbangan jika jumlah barang yang diminta sama dengan jumlah barang yang ditawarkan pada waktu tertentu dan harga tertentu. Jadi, secara grafik harga keseimbangan ini terjadi pada titik potong antara kurva permintaan dengan kurva penawaran.

Harga keseimbangan mempertemukan jumlah yang akan dibeli dan jumlah yang akan dijual, sehingga terjadi jual beli pada harga tertentu. Selanjutnya, harga tersebut menjadi harga pasar dan dapat bertahan lama. Hal ini terjadi karena tidak ada alasan untuk mengubah lagi.

Pada harga keseimbangan, baik produsen maupun konsumen sama-sama tidak ingin menambah atau mengurangi jumlah yang dikonsumsi dan dijual. Jumlah yang diminta sama dengan jumlah yang ditawarkan.
Berikut merupakan Rumus Harga Keseimbangan:

Qd = Qs


Fungsi permintaan dan penawaran suatu jenis barang adalah:
Qd = 15 – 2P,    Qs = 3P
Qd = 15 – 2P,    Qs = 3P

Rumus dan Kurva Harga Keseimbangan

Dari tabel dan kurva harga keseimbangan diatas, terlihat harga dan kuantitas output keseimbangan. Harga akan seimbang pada tingkat Rp3,00 dengan output keseimbangan sebesar 9 unit.

Selain dengan tabel dan grafik, harga keseimbangan dapat diselesaikan secara matematis. Secara matematis, harga keseimbangan dapat dicari dengan cara sebagai berikut.
Syarat keseimbangan adalah permintaan sama dengan penawaran.
Permintaan = Penawaran
Qd = Qs
15 – 2P = 3P
15 = 5P
P = 3
Qd = 15 – 2P
Bila P = 3
Maka Q = 15 – 2(3) = 15 – 6 = 9

Dari perhitungan matematis, didapat harga keseimbangan sebesar Rp3,00 dan output keseimbangan sebanyak 9 unit barang. Untuk menguji pemahaman Anda tentang penyelesaian fungsi permintaan dan penawaran, cobalah mengerjakan kegiatan berikut.


Contoh Soal Harga Keseimbangan

Dalam pasar A, pada harga 75, jumlah barang yang diminta 400 sedangkan jumlah yang ditawarkan 200. Apabila harga naik menjadi 100, jumlah barang yang diminta berkurang menjadi 350, sedangkan jumlah yang ditawarkan menjadi 250.
a. Tentukan fungsi permintaan dan penawarannya!
b. Tentukan harga dan output keseimbangan!
c. Gambar kurvanya!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Rumus dan Contoh Soal Harga Keseimbangan (Fungsi Permintaan & Penawaran)"

Posting Komentar