Contoh Soal dan Jawaban Materi Elastisitas Permintaan (Inelastis & Elastis Satuan)

Rumus Elastisitas Permintaan

Elastisitas permintaan sering disebut elastisitas harga (price elasticity of demand). Elastisitas permintaan mengukur persentase perubahan jumlah barang yang diminta terhadap persentase perubahan
harga barang itu sendiri. Dengan kata lain elastisitas harga merupakan proporsi perubahan jumlah barang yang diminta dibagi proporsi perubahan harga barang itu sendiri.

Rumus Elastisitas Permintaan
Keterangan:
Ed = Elastisitas permintaan.
Q = Kuantitas sebelum perubahan harga.
P = Harga awal.
'Q = Perubahan jumlah yang diminta.
'P = Perubahan harga.


Contoh Soal dan Jawaban Materi Elastisitas Permintaan

1. Harga turun dari Rp10.000,00 menjadi Rp8.000,00 dan jumlah yang diminta berubah dari 5 unit menjadi 8 unit, maka besarnya koefisien (angka) elastisitas harga sebagai berikut.

Angka ini disebut koefisien elastisitas. Koefisien elastisitas yang diperoleh adalah negatif sebagai akibat dari korelasi negatif antara perubahan harga dengan perubahan jumlah barang yang diminta. Akan tetapi, tanda negatif ini umumnya dapat diabaikan, dan kita cukup menyebutkan besarnya koefisien elastisitasnya saja (tanpa menyatakan minus). Dari hasil perhitungan tersebut didapat angka  dan karena tanda minus diabaikan maka menjadi  Angka ini lebih besar daripada 1 atau Ep > 1, artinya permintaan terhadap barang tersebut elastis.
Angka ini disebut koefisien elastisitas. Koefisien elastisitas yang diperoleh adalah negatif sebagai akibat dari korelasi negatif antara perubahan harga dengan perubahan jumlah barang yang diminta. Akan tetapi, tanda negatif ini umumnya dapat diabaikan, dan kita cukup menyebutkan besarnya koefisien elastisitasnya saja (tanpa menyatakan minus).
Dari hasil perhitungan tersebut didapat angka -1⁷/₈, dan karena tanda minus diabaikan maka menjadi 1⁷/₈. Angka ini lebih besar daripada 1 atau Ep > 1, artinya permintaan terhadap barang tersebut elastis.


2. Harga kaus di suatu toko turun dari Rp20.000,00 menjadi Rp19.000,00 dan jumlah yang diminta meningkat dari 200 buah menjadi 300 buah. Maka koefisien elastisitasnya:

Contoh Soal dan Jawaban Materi Elastisitas Permintaan 2

Maka Ed > 1 (Elastis).


3. Contoh Soal Permintaan Inelastis

Harga beras turun dari Rp4.000,00 menjadi Rp3.750,00 dan jumlah yang diminta naik dari 5.000 kg menjadi 5.100 kg. Maka koefisien elastisitasnya adalah:

Contoh Soal Permintaan Inelastis

Maka Ed < 1 (inelastis).


4. Contoh Soal Permintaan Elastis Satuan (Unitary)
Harga televisi turun dari Rp3.000.000,00 menjadi Rp2.400.000,00 dan permintaan naik dari 6.000 menjadi 7.200. Maka perhitungan koefisien elastisitasnya adalah:

Contoh Soal Permintaan Elastis Satuan (Unitary)

Maka Ed = 1 (elastis satuan).

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Contoh Soal dan Jawaban Materi Elastisitas Permintaan (Inelastis & Elastis Satuan)"

Posting Komentar