4 Kelebihan dan Kelemahan Pasar Persaingan Monopolistik

Perhatikanlah toko/swalayan yang ada di daerahmu! Komoditas apa yang dijual di swalayan itu? Beberapa perusahaan sering menyebar risiko kerugian dengan memproduksi berbagai jenis produk akan tetapi masih dalam satu perusahaan. Perusahaan jenis ini merupakan bentuk pasar persaingan monopolistik. Buktikanlah dengan kamu pergi ke toko terdekat dari rumahmu! Perhatikanlah produk shampo, sabun mandi, dan sabun cuci. Ada berbagai merek, berbagai bentuk, dan corak yang ditawarkan pada etalase toko. Produk tersebut akan bersaing, sehingga membentuk pasar persaingan monopolistik.
Jadi, yang dimaksud dengan pasar monopolistik adalah suatu pasar di mana terdapat banyak produsen/perusahaan yang menjual barang/komoditas yang berbeda corak (differentiated product). Terus apa saja yang menjadi kelebihan dan juga kelemahan dari pasar persaingan monopilistik?


Kelebihan Pasar Persaingan Monopolistik

Berikut ini kelebihan pasar persaingan monopolistik.
1) Menghasilkan Barang Berbeda Corak
Hal ini dapat meningkatkan kesejahteraan konsumen karena mereka dapat memilih corak barang yang sesuai dengan selera dan kemampuannya.
2) Distribusi Pendapatan dalam Masyarakat Lebih Merata
Karena produsen terdiri atas perusahaan-perusahaan kecil yang memperoleh untung normal, maka pemilik modal tidak memiliki kekayaan yang berlebihan dan kesempatan kerja yang diciptakan lebih besar.

Kelemahan Pasar Persaingan Monopolistik

Selain kelebihan-kelebihan yang dimilikinya, pasar persaingan monopolistik juga mempunyai beberapa kelemahan seperti berikut ini.
1) Operasinya tidak Seefisien Pasar Persaingan Sempurna
Hal ini dikarenakan harga lebih tinggi, kuantitas produksi lebih rendah, dan tidak tercapai efisiensi baik produktif maupun alokatif.
2) Perusahaan tidak Mempunyai Gerakan untuk Melakukan Inovasi
Modal yang lebih terbatas, pasar yang terbatas, dan kecenderungan untuk memperoleh keuntungan dalam jangka panjang menghalangi produsen (perusahaan) untuk menciptakan inovasi.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "4 Kelebihan dan Kelemahan Pasar Persaingan Monopolistik"

Posting Komentar