Pengertian Pasar Output / Pasar Barang dan Penjelasannya (Barang Riil & Abstrak)

Pasar output adalah pasar yang memperjualbelikan barang dan jasa yang merupakan output (hasil) dari kegiatan produksi.

Pada pasar barang atau pasar output (produk barang dan jasa), bertindak sebagai penjual adalah perusahaan dan sebagai pembeli adalah rumah tangga. Dalam pasar barang, perusahaan harus mampu mengidentifikasikan posisi produk yang ditawarkan di pasar. Dengan mengetahui struktur pasar yang dihadapi, perusahaan dapat menentukan kebijakan harga dan jumlah produksi yang harus ditawarkan.

Pada setiap pasar barang terdapat berbagai bentuk persaingan, baik persaingan yang sangat ketat, persaingan longgar, persaingan yang sangat lemah maupun pasar tanpa persaingan. Persaingan ini dapat berupa persaingan antarpembeli maupun persaingan antarpenjual. Persaingan antarpembeli dapat berupa kesediaan membeli dengan harga murah dan jumlah barang yang banyak. Sedangkan persaingan antarpenjual bisa dilakukan dengan berbagai cara seperti promosi penjualan, perbaikan mutu, produk, pengembangan produk baru, atau pemasangan iklan.

Persaingan antarpenjual ada beberapa bentuk dan menghasilkan berbagai jenis pasar. Jenis-jenis pasar dalam pasar barang meliputi pasar persaingan sempurna dan pasar persaingan tidak sempurna.
Dalam persaingan tidak sempurna ada tiga bentuk pasar yaitu pasar monopoli, pasar persaingan monopolistik, dan pasar oligopoli.


Berikut ini percakapan yang menggambarkan sebagian fenomena dari pasar output.

Pasar Sepatu dan Listrik

Dini : Benar-benar gawat Fan!
Fani : Kenapa, Din? Ada yang tidak beres?
Dini : Betul, Fan. Tahu tidak, harga sepatu kesayanganku sekarang naik lagi.
Fani : Itu sih masalah kecil, Din. Kamu tinggal ganti merk. Kan ada banyak merk sepatu di pasar. Tinggal pilih saja yang mirip dengan sepatu kesayanganmu.
Dini : Kamu benar juga ..., tapi ngomong-ngomong kalau tarif listrik naik terus, apakah kita bisa pindah sambungan listrik, Fan?
Fani : Inginnya sih begitu. Apalagi ibuku sering mengeluh. Maklum keluargaku kan bukan keluarga kaya. Hanya kata kakakku, memang mau pindah ke mana, apa mau disambungkan ke telingaku? He..he....
Kalaupun tarif listrik naik terus kita tidak bisa berbuat apa-apa. Kan perusahaan penghasil listrik cuma satu. Tapi setelah dipikirkan, ada hikmahnya juga Din..., keluargaku jadi pandai menghemat listrik.
Dini : Begitu ya ..., jadi lebih enak kalau harga sepatu yang naik .... Kita bisa bebas pindah ke merk sepatu yang lain.
Fani : Betul ..., karena pasar sepatu berbentuk persaingan monopolistik.
Dini : Terus kalau listrik bentuk pasarnya apa?
Fani : Menurut teori sih namanya monopoli, karena penjualnya hanya satu.

Pasar output memiliki dua macam struktur pasar, yakni pasar persaingan sempurna dan pasar persaingan tidak sempurna. Pasar persaingan monopolistik dan pasar monopoli, seperti yang disinggung dalam percakapan pada ilustrasi di atas adalah bentuk-bentuk pasar persaingan tidak sempurna.

 

Barang Nyata/Riil dan Abstrak

Pasar barang adalah pasar yang menjual produk dalam bentuk barang. Pasar barang dapat dibagi lagi menjadi dua macam, yakni:
a. Pasar Barang Nyata/Riil
Pasar barang nyata adalah pasar yang menjual produk dalam bentuk barang yang bentuk dan fisiknya jelas. Pasar ini mempertemukan antara penjual dengan pembeli secara langsung (face to face) dan ada tawar-menawar, ada barang dagangan, ada transaksi, penyerahan barang secara langsung. Contohnya adalah Pasar Kebayoran Lama, Pasar Senen, pasar malam, pasar kaget, dan lain-lain.

b. Pasar Barang Abstrak
Pasar barang abstrak adalah pasar yang menjual produk yang tidak terlihat atau tidak riil secara fisik. Pasar ini mempertemukan penjual dan pembeli, di mana penjual hanya membawa contoh barang saja atau dalam pasar tersebut tawar-menawar dilakukan melalui internet, surat kabar, telepon, faximile. Contoh jenis pasar ini adalah pasar komoditas yang menjual barang semu seperti pasar karet, pasar tembakau, pasar timah, pasar kopi dan lain sebagainya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Pasar Output / Pasar Barang dan Penjelasannya (Barang Riil & Abstrak)"

Posting Komentar