Faktor yang Memengaruhi Naik Turunnya Permintaan & Penawaran Faktor Produksi

Pasar faktor produksi adalah pasar yang memperjualbelikan faktor-faktor produksi. Atau, bisa juga diartikan sebagai pasar yang mempertemukan permintaan dan penawaran faktor-faktor produksi. Permintaan faktor produksi umumnya berasal dari perusahaan, sedangkan penawaran faktor produksi umumnya berasal dari rumah tangga.

Dalam kenyataan, permintaan terhadap faktor-faktor produksi bisa berubahubah, yaitu naik atau turun.

Apa saja faktor yang mempengaruhi permintaan terhadap faktor produksi?

Faktor-faktor yang memengaruhi naik turunnya permintaan terhadap faktor-faktor produksi di antaranya, sebagai berikut.
1. Perubahan harga faktor produksi. Bila harga faktor produksi naik maka permintaan terhadap faktor produksi akan turun. Bila harga faktor produksi turun maka permintaan terhadap faktor produksi akan naik.
2. Perubahan teknologi. Teknologi yang semakin maju akan meningkatkan permintaan terhadap faktor produksi. Kemajuan teknologi mampu menghadirkan mesin-mesin yang dapat membuat barang dengan cepat, murah, dan banyak sehingga mendorong pengusaha meningkatkan jumlah produksi. Kemajuan teknologi akhirnya cenderung menggeser kurva permintaan faktor produksi ke kanan yang menunjukkan meningkatnya permintaan terhadap faktor produksi secara keseluruhan.
3. Perubahan permintaan barang jadi. Bila permintaan barang jadi meningkat maka permintaan terhadap faktor produksi akan naik.
Mengapa demikian? Karena barang jadi dibuat dari kombinasi faktor produksi. Sebaliknya, bila permintaan barang jadi menurun maka permintaan terhadap faktor produksi juga menurun.
4. Perubahan permintaan faktor produksi komplementer. Bila permintaan terhadap faktor produksi komplementer meningkat maka permintaan terhadap faktor produksi pasangannya juga meningkat. Sebaliknya, bila permintaan terhadap faktor produksi komplementer menurun maka permintaan terhadap faktor produksi pasangannya juga menurun.
5. Perubahan keuntungan produksi. Bila keuntungan yang diterima produsen meningkat tajam, umumnya akan mendorong produsen memperbanyak jumlah produk atau memperluas usaha di bidang lain.

Kedua hal tersebut pada akhirnya akan meningkatkan permintaan terhadap faktor produksi. Demikian pula sebaliknya, bila keuntungan yang diterima produsen menurun tajam maka permintaan terhadap
faktor produksi akan menurun.

Apa Faktor yang mempengaruhi penawaran faktor produksi?

Seperti halnya permintaan terhadap faktor-faktor produksi maka penawaran terhadap faktor-faktor produksi pun bisa naik dan turun. Faktor-faktor yang memengaruhi naik dan turunnya penawaran terhadap faktor produksi, di antaranya sebagai berikut.
1. Perubahan harga faktor produksi. Bila harga faktor produksi naik maka penawaran terhadap faktor produksi akan naik. Dan bila harga faktor produksi turun maka penawaran terhadap faktor produksi akan turun.
2. Jumlah penduduk. Jumlah penduduk yang tinggi umumnya juga memiliki jumlah tenaga kerja (penduduk yang siap kerja yang berusia 15 s.d. 64 tahun) yang tinggi pula. Dengan demikian, semakin tinggi jumlah penduduk, semakin tinggi pula penawaran faktor produksi tenaga kerja.
3. Jumlah produksi modal-barang. Ada dua macam faktor produksi modal, yakni modal barang dan modal uang. Bila produksi modal barang (misalnya, mesin-mesin) meningkat maka penawaran modal barang juga akan meningkat.
4. Sifat faktor produksi alam. Ada dua sifat faktor produksi alam.

  • Pertama, dapat diperbarui (seperti hutan, tanaman, sawah, dan tanaman kebun).
  • Kedua, tidak dapat diperbarui (seperti hasil-hasil tambang: minyak bumi, emas, timah, dan lain-lain).

Bila faktor produksi alam bersifat tidak dapat diperbarui maka suatu saat penawarannya akan terus menurun, bahkan nol (habis).

5. Jumlah pendidikan kewirausahaan. Pendidikan kewirausahaan bisa berbentuk formal (resmi, melalui sekolah) dan informal (tidak resmi, melalui keluarga dan masyarakat). Pendidikan kewirausahaan bisa
memunculkan banyak wirausahawan yang tangguh. Semakin banyak pendidikan kewirausahaan, akan semakin banyak pula penawaran faktor produksi wirausaha. Belakangan ini di kota-kota besar banyak muncul sekolah bisnis yang mengajarkan kewirausahaan.
6. Corak sosiobudaya masyarakat tertentu. Pada kelompok masyarakat tertentu, penawaran faktor produksi tenaga kerja didominasi oleh pria karena pada masyarakat tersebut wanita dilarang bekerja di luar rumah.
Sebaliknya, di masyarakat tertentu lainnya penawaran tenaga kerja didominasi oleh wanita karena pada masyarakat tersebut wanita dituntut bekerja dibanding pria. Hal demikian tentu akan memengaruhi tinggi rendahnya penawaran tenaga kerja, bila dibandingkan dengan masyarakat yang memberikan kebebasan bagi pria dan wanita untuk bekerja.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Faktor yang Memengaruhi Naik Turunnya Permintaan & Penawaran Faktor Produksi"

Posting Komentar