Peninggalan Sejarah yang Bercorak Agama Buddha (Tingkatan Candi Buddha | Kamadatu, Ruipadatu, Arupadatu)

Seperti halnya peninggalan corak Hindu yang banyak meninggalkan candi, corak Buddha pun sama banyaknya meninggalkan bangunan-bangunan candi. Candi pada agama Buddha pada umumnya hanya berfungsi sebagai tempat pemujaan bagi raja. Pada candi biasanya terdapat patung Buddha. Candi Buddha pada umumnya terdiri dari tiga tingkatan, yaitu:
  1. Kamadatu (bagian dasar), artinya manusia masih dalam rahim ibu.
  2. Ruipadatu (bagian tengah), artinya kehidupan manusia di dunia.
  3. Arupadatu (bagian atas), artinya kehidupan nirwana.
Pada dinding candi umumnya terdapat relief yang menggambarkan perbuatan manusia dan hukumannya atau riwayat sang Buddha Gautama sejak lahir hingga mencapai kesempurnaan. Relief,
artinya lukisan timbul pada dinding. Adapun candi-candi peninggalan yang bercorak Buddha di antaranya adalah:
a. Candi Sewu
    Candi ini didirikan atas perintah Raja Indra dari Keluarga Syailendra untuk menghormati Manjuri. Komplek Candi Sewu terdiri atas Candi Induk dengan 250 buah Candi Perwara yang tersusun atas empat baris. Pada pintu candi ini terdapat arca Awarapala.
Candi Sewu - Peninggalan Sejarah yang Bercorak Agama Buddha

b. Candi Borobudur
    Candi ini didirikan pada 770 M oleh Raja Wisnu dari Dinasti Syailendra dan selesai pada 842 M pada masa Dinati Samaratungga. Tinggi candi ini 42 m dengan tiga tingkatan. Pada candi ini terdapat relief sepanjang 4 km dan meliputi empat bagian besar, yaitu:
  1. Karmawibhangga
  2. Lalitavistara
  3. Awadana
  4. Jakata
Di puncak Borobudur terdapat stupa besar dan memiliki arca sebanyak 500 buah.
Candi Borobudur - Peninggalan Sejarah yang Bercorak Agama Buddha (Tingkatan Candi Buddha)
Candi ini didirikan pada 778 M, atas perintah Rakai Penangkaran dan dibangun sebagai persembahan kepada Dewi Tara. Candi ini memiliki ketinggian 6 m dan memiliki 52 buah arca. Candi Kalasan merupakan candi peninggalan Buddha tertua di Nusantara. (Sumber ref: Buku IPS)

Baca juga:

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Peninggalan Sejarah yang Bercorak Agama Buddha (Tingkatan Candi Buddha | Kamadatu, Ruipadatu, Arupadatu)"

Posting Komentar