Skala Prioritas (Pengertian, Fungsi, Cara Menentukan, Contoh, dan Yang Mempengaruhi Skala Prioritas Kebutuhan)

Skala prioritas kebutuhan adalah urutan kebutuhan yang disusun berdasarkan tingkat kepentingan kebutuhan. Fungsi menyusun skala prioritas kebutuhan adalah dapat mengetahui kebutuhan mana yang harus didahulukan dan kebutuhan mana yang dapat ditunda. 
Skala prioritas kebutuhan - contoh, cara menyusun, dan hal yang mempengaruhinya
Manusia memiliki bermacam-macam kebutuhan, sedangkan sumber daya/alat pemenuhan kebutuhan jumlahnya terbatas. Maka dari itu manusia harus mampu mengutamakan kebutuhan yang dapat dianggap paling penting/ mendesak dibandingkan kebutuhan lainnya. Misalnya kebutuhan pangan lebih mendesak daripada kebutuhan papan. Setelah kebutuhan yang paling mendesak telah terpenuhi, maka manusia baru memikirkan pemenuhan kebutuhan lainya. Oleh karena itu, manusia perlu menyusun skala prioritas, kebutuhan mana yang perlu didahulukan/diutamakan.
Penentuan skala prioritas dalam memilih kebutuhan sangat diperlukan agar kebutuhan yang sifatnya mendasar dan dapat menimbulkan masalah apabila tidak terpenuhi tidak terkalahkan oleh kebutuhan yang dapat ditunda.
 
Cara Menentukan Skala Prioritas
    Hal-hal yang perlu dipergunakan sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan skala prioritas adalah:
1. Tingkat Urgensinya
    Dalam menentukan pilihan mana yang harus didahulukan perlu mempertimbangkan seberapa jauh tingkat kepentingan hal yang kita butuhkan tersebut. Misalnya Badi seorang pelajar yang sedang menghadapi tes, lampu kamar lebih penting daripada alat tulis, karena lampu kamar sebagai sarana penerangan belajar, sedangkan alat tulis bisa meminjam dulu ke kakak ataupun adik.
2. Kesempatan yang Dimiliki
    Jika suatu kebutuhan hanya dibutuhkan pada saat itu saja maka perlu didahulukan. Misalnya dalam kondisi darurat, keselamatan atau kesehatan merupakan nomor satu. Demi kesembuhan, obat merupakan kebutuhan yang perlu didahulukan, sedangkan hal yang lainnya bisa dikesampingkan.
3. Pertimbangan Masa Depan
    Dalam menghadapi pilihan yang sulit, faktor masa depan perlu dipertimbangkan. Misalnya ada beberapa pilihan bidang kursus/les ingin diikuti, namun tidak mungkin memilih semuanya, maka perlu dipertimbangkan jenis kursus apa yang bermanfaat bagi masa depannya. Antara pilihan les Matematika ataukah Bahasa Inggris?
Meskipun keduanya sama penting, namun mengutamakan bahasa Inggris merupakan pilhan yang paling tepat, sebab kegunaan di masa mendatang Bahasa Inggris lebih luas dibandingkan dengan Matematika.
4. Kemampuan Diri
    Memiliki banyak keinginan dan selalu merasa tidak puas merupakan bagian dari sifat manusia. Namun hal yang juga menjadi bagian dari sifat manusia yang sering terlupakan adalah sifat keterbatasan kemampuan. Menentukan pilihan perlu mempertimbangkan pula kemampuan yang dimiliki, baik kemampuan materi maupun nonmateri, sehingga pilihan yang dijatuhkan bisa tepat.
Misalnya hidup di kota besar dengan persaingan yang ketat memaksa manusia untuk saling berlomba agar tidak tertinggal dengan lainnya. Dalam kondisi seperti itu kadang muncul persaingan yang tidak sehat, berusaha memaksakan diri agar bisa sama dengan orang lain tanpa mempertimbangkan kemampuan diri, akibatnya akan menderita sendiri.
 
Contoh Menyusun Skala Prioritas
    Kebutuhan manusia beraneka ragam, seandainya semua kebutuhan manusia dipenuhi tidak akan tercapai karena terbatasnya alat pemenuhan kebutuhan. Selain itu, penghasilan yang diterima setiap orang juga terbatas. Oleh karena itu, untuk menyesuaikan penghasilan yang diperolehnya dengan kebutuhan yang akan dipenuhi, maka susunlah suatu daftar kebutuhan susunan tingkat kebutuhan seseorang disebut skala prioritas kebutuhan. Pada saat membuat skala prioritas, urutkan kebutuhan dari yang paling penting sampai kebutuhan yang kurang penting. Satu hal yang harus diingat, bahwa pada saat menyusun skala prioritas harus mempertimbangkan pendapatan atau penghasilan yang ada. Dengan demikian manusia dapat memperhitungkan mana kebutuhan yang harus dipenuhi terlebih dahulu. Berikut ini adalah contoh cara menyusun skala prioritas:
Contoh Skala Prioritas 1
  • Pak Yusuf mempunyai uang Rp750.000,00. Kebutuhan yang menjadi angan-angannya banyak. Di bawah ini daftar kebutuhan Pak Yusuf.
  • Daftar kebutuhan di atas kemudian oleh Pak Yusuf dibuat skala prioritas sehingga akan tampak seperti berikut ini.
Contoh Cara Menyusun dan Menentukan Skala Prioritas

Contoh Skala Prioritas 2
    Setiap minggu kita diberi uang saku sebesar Rp35.000,00. Adapun kebutuhan yang harus kita penuhi, yaitu ongkos, jajan, membeli buku tulis, membeli buku cerita, dan menabung. Untuk memenuhi semua kebutuhan kita dengan tepat, kita harus menyusun skala prioritas kebutuhan mulai dari kebutuhan yang sangat penting, penting, dan biasa-biasa. kita dapat membagi uang saku sesuai urutan kepentingannya seperti berikut.
  1. Ongkos Rp15.000,00
  2. Membeli buku tulis Rp 4.000,00
  3. Jajan Rp 7.500,00
  4. Menabung Rp 3.500,00
  5. Membeli buku cerita Rp 5.000,00
Sebagai seorang murid, kita juga dapat menyusun skala prioritas kebutuhan siswa. Hal terpenting yang harus di perhatikan dalam menyusun skala prioritas kebutuhan adalah kita harus dapat membedakan mana kebutuhan yang mendesak dan yang kurang mendesak, sehingga kebutuhan yang mendesak dapat terpenuhi.

Baca juga: 8 Faktor Yang Mempengaruhi Kebutuhan Manusia 😊

Hal-Hal yang Mempengaruhi Prioritas Kebutuhan
    Hal-hal yang memengaruhi prioritas kebutuhan manusia sebagai berikut.
1. Tingkat pendapatan
    Alternatif pilihan bagi seseorang yang berpenghasilan tinggi, berbeda dengan orang yang berpenghasilan menengah atau rendah.
2. Status sosial (kedudukan dalam masyarakat)
    Alternatif yang diprioritaskan bagi seorang guru berbeda dengan pedagang kaki lima.
3. Lingkungan
    Lingkungan orang-orang kaya mempunyai alternatif pilihan yang berbeda dengan lingkungan orang-orang biasa. Dalam memenuhi kebutuhan, manusia mendahulukan kebutuhan yang dianggap penting, mendesak, dan pokok. Setelah kebutuhan-kebutuhan tersebut dipenuhi, manusia akan memenuhi kebutuhan pada prioritas berikutnya, agar mencapai kepuasan yang maksimal.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Skala Prioritas (Pengertian, Fungsi, Cara Menentukan, Contoh, dan Yang Mempengaruhi Skala Prioritas Kebutuhan)"

Posting Komentar