Negara Belanda (Letak, Luas, Iklim, Keadaan Alam, Flora Fauna, Pemerintahan, Perekonomian, dll)

Belanda dengan ibukotanya Amsterdam merupakan salah satu negara yang terletak di benua Eropa.

Letak dan Luas Negara Belanda

Belanda terletak di pantai timur laut utara negara ini mempunyai luas 41.785 km2 dan sebagian besar negara ini terletak di bawah permukaan laut dan rawa-rawa. Karena penduduk Belanda memiliki kemampuan membendung laut maka wilayah yang asalnya merupakan teluk dibendung sehingga menjadi daratan, sedangkan rawa- rawa dikeringkan menjadi daerah yang dapat dihuni manusia. Belanda terletak antara 3° BT - 7° BT dan 51° LU - 54° LU.

Negara Belanda (Letak, Luas, Iklim, Keadaan Alam, Flora Fauna, Pemerintahan, Perekonomian, dll)

Iklim Negara Belanda

Berdasarkan letak astronomisnya maka Belanda beriklim sedang, tetapi karena adanya pengaruh angin laut yang menimbulkan hujan sedangkan musim panas menjadi hangat, meskipun musim dingin sering terjadi badai salju. Karena pengaruh angin laut, maka suhu pada musim dingin yaitu Oktober - Februari suhu mencapai di bawah 0°C, sedangkan pada musim panas yaitu bulan Maret sampai September mencapai 19°C.

Keadaan Alam Belanda

Belanda merupakan negara yang sebagian wilayahnya berada di bawah permukaan laut dan rawa-rawa yang dikeringkan, tetapi pemerintah Belanda melakukan reklamasi lahan rawa dilakukan sejak 1927, sehingga menjadi lahan yang dapat digunakan untuk pertanian. Teluk tempat bermuara sungai Ijssel membentuk pulau-pulau dan dilakukan pembendungan sehingga daerah tersebut menjadi daerah yang dapat dihuni.

Flora dan fauna Negara Belanda

Meskipun reklamasi yang dilakukan Belanda, tetapi tumbuhan rawa masih nampak sehingga hewan rawa yang khas adalah musang, burung elang, udang belibis, dan kura-kura tetap berkembang.

Bentuk Pemerintahan Belanda

Belanda merupakan negara dengan sistem pemerintahan Monarki konstitusional. Kepala negara disebut dengan Raja/Ratu dan kepala pemerintahannya adalah Perdana menteri. Negara ini beribukota di Amsterdam.

Penduduk Negara Belanda
Wilayah yang kecil dengan jumlah penduduk 15.4 juta jiwa dan angka pertumbuhan 0.4 % per tahun membuat Belanda menjadi negara padat. Sebagian besar penduduknya tinggal di kota besar seperti: Amsterdam, Herleem, Denhaag, Rotterdam, Utrech, karena kota-kota tersebut merupakan pusat kegiatan penduduk.

Perekonomian Belanda
Lahan pertanian sangat sempit, tetapi diusahakan secara intensif sehingga cukup untuk memenuhi kebutuhan penduduk. Produk pertanian yang dihasilkan yaitu: gandum, sayuran, kentang, bit gula, rempah-rempah, tomat, anggur, kubis, bunga tulip dan sebagian besar produk ini dilakukan dalam rumah kaca. Daerah pertanian penting adalah lembah Utrech, Maastrich.

Perikanan
Karena berbatasan dengan pantai utara maka laut utara menjadi daerah penangkapan utama yang menghasilkan ikan haring, cod haddock dengan pelabuhan perikanannya di Scheveningen dan Vlaadingen dan perikanan air tawar di Danau Ijssel.

Perindustrian Negara Belanda
Meskipun Belanda kurang memiliki barang tambang tetapi perindustrian berkembang pesat. Industri wol dan linen di daerah Leiden Haarlem, dan industri berat di daerah Rotterdam, Europoort, dan Maasvaake.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Negara Belanda (Letak, Luas, Iklim, Keadaan Alam, Flora Fauna, Pemerintahan, Perekonomian, dll)"

Posting Komentar