Kerja Sama Negara-Negara di Kawasan Asia Tenggara dan Kerjasama Indonesia-Asia Tenggara

Kerja Sama Negara-Negara di Kawasan Asia Tenggara

Negara-negara di kawasan Asia Tenggara melakukan kerja sama demi kemajuan bersama. Kerja sama dilakukan di banyak bidang, seperti ekonomi, politik, perdagangan, dan keamanan. Kerja sama negara-negara Asia Tenggara yang terkenal disebut Association of Southeast Asia Nations (ASEAN). ASEAN merupakan organisasi geopolitik dan ekonomi dari negara-negara Asia Tenggara. Organisasi ini didirikan oleh lima negara, yaitu Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, dan Thailand di Bangkok, Thailand pada tanggal 8 Agustus 1967.
Kerja Sama Negara-Negara di Kawasan Asia Tenggara
Pertemuan kelima negara tersebut menghasilkan Deklarasi Bangkok dan sepakat membentuk ASEAN. ASEAN dibentuk dengan tujuan meningkatkan pertumbuhan ekonomi, kemajuan sosial, dan perkembangan kebudayaan negaranegara anggota. Selain itu, ASEAN bertujuan memajukan perdamaian dan stabilitas regional di kawasan Asia Tenggara. Saat ini ASEAN beranggotakan seluruh negara di kawasan Asia Tenggara, kecuali Timor Leste dan Papua Nugini.

Konferensi Tingkat Tinggi ASEAN ke-6 pada tahun 1992 di Singapura membahas peningkatan kerja sama bidang ekonomi. Kerja sama ini mengarah pada pembentukan perdagangan bebas di kawasan Asia Tenggara (ASEAN Free Trade Area/AFTA) yang dimulai tahun 2003. Pada tahun 2015 diharapkan suatu komunitas ekonomi ASEAN sudah terbentuk. Kerja sama ekonomi bertujuan mewujudkan integritas ekonomi yang telah dekat di antara negara-negara anggota ASEAN.


Kerjasama Indonesia dengan negara-negara di Kawasan Asia Tenggara

Sebagai sebuah Negara, kita tidak dapat hidup sendirian. Demikian pula Indonesia, meskipun terkenal dengan kekayaan sumberdaya alamnya namunmembutuhkan keahlian negara lain untuk mengolah dan memanfaatkannya. Layaknya hidup bertetangga maka Indonesia selalu berhubungan, saling mengisi, saling menolong dan bersama-sama menciptakan hidup berdampingan secara damai.

Hal itu diwujudkan dengan berbagai bentuk kerjasama. Bentuk kerjasama itu dapat antar negara, contohnya Indonesia dengan Singapura, Indonesia dengan Australia dan Indonesia dengan Thailand. Masing-masing menempatkan duta besar atau konsul jendral untuk mewakili negaranya dalam berbagai urusan dengan negara lain. Bentuk kerjasama itu dapat juga dalam organisasi yang sengaja dibentuk misalnya ASEAN yang berdiri sejak tahun 1967. Didalam ASEAN kita saling kerjasama di bidang politik, ekonomi, soaial dan budaya. Setiap dua tahun sekali diselenggarakan Pesta Olah Raga Asia Tenggara (SEA Games). Para atlet saling bertanding untuk mejadi juara, berkompetesi secara sportif an mengembangkan saling pengertian dan saling memahami budaya masing-masing bangsa Asia Tenggara.

Bentuk kerjasama Indonesia dengan negara-negara Asia Tenggara, terdapat dalam berbagai bidang, contohnya :
  1. Bidang politik : Indonesia menempatkan duta besarnya di seluruh negaranegara Asia Tenggara.
  2. Bidang Ekonomi : Indonesia membeli beras dari Thailand, Myanmar dan Vietnam Indonesia tempat berinvestasi negara-negara Thailand (pabrik makanan ternak Charon Phokpand), dan Singapura (bidang jasa keuangan). Indonesia mengrimkan tenaga kerja ke Malaysia dan Singapura.
  3. Bidang Budaya : Artis Malaysia dan Indonesia saling pentas dalam acara Titian Muhibah.

Kita dapat memperoleh informasi tentang berbagai bentuk kerjasama Indonesia dengan negara-negara Asia Tenggara di berbagai bidang kalau kalian rajin membaca surat kabar atau menyimak berita TV.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kerja Sama Negara-Negara di Kawasan Asia Tenggara dan Kerjasama Indonesia-Asia Tenggara"

Posting Komentar