Sejarah Bank / Perbankan dan Sejarah Bank Indonesia

Sejarah Bank - Sejarah awal bank telah dikenal dan dipraktikkan masyarakat Cina dan Yunani Kuno. Ketika itu, kuil-kuil Yunani Kuno berfungsi sebagai safe deposit box yang berisi barang-barang berharga milik pemuja kuil. Bangsa Yunani sudah mulai memperkenalkan uang sebagai alat tukar dan membangun sistem perkreditan dalam kegiatan perekonomiannya. Bangsa Romawi merupakan bangsa yang kali pertama membangun sistem perbankan secara tersusun dengan baik.

Sejalan dengan meningkatnya transaksi perdagangan, pada abad ke-13 di Italia mulai berkembang bank. Para pedagang mata uang asing (valas) di Italia mulai menciptakan sistem dan berbagai fasilitas untuk melayani penukaran valas dengan cepat. Para pedagang juga meminta fasilitas lain, seperti peminjaman uang dan fasilitas bunga atas simpanannya.

Bank pertama yang menawarkan fungsi uang adalah Bank Barcelona di Spanyol. Bank ini didirikan pada 1401. Bank Barcelona menawarkan jasa simpanan, penukaran mata uang asing, dan pemberian fasilitas kredit. Bank ini telah memperkenalkan cek dalam sistem transaksinya.

Sejarah Usaha Perbankan

Usaha perbankan dimulai dari zaman Babylonia, dilanjutkan ke zaman Yunani Kuno dan Romawi. Pada saat itu, kegiatan utama bank hanya sebagai tempat tukar menukar uang. Selanjutnya, kegiatan bank berkembang menjadi tempat penitipan dan peminjaman uang. Uang yang disimpan oleh masyarakat, oleh bank dipinjamkan kembali ke masyarakat yang membutuhkannya.

Sejarah Perbankan di Indonesia

Sejarah bank di Indonesia tidak terlepas dari zaman penjajahan Hindia Belanda. Pada saat itu terdapat beberapa bank yang memegang peranan penting di Hindia Belanda antara lain: De avasche N, De Post Paar Bank, De Algemenevolks Crediet Bank, Nederland andles Maatscappij (N M), Nationale andles Bank (N B), dan De Escompto Bank N.
 
Di samping itu, terdapat pula bank-bank milik pribumi, Cina, Jepang, dan Eropa lainnya. Bank-Bank tersebut antara lain: Bank Nasional Indonesia, Bank Abuah Saudagar, NV Bank Boemi, The matsui Bank, The Bank of China, dan Batavia Bank.
 
Di zaman kemerdekaan perbankan di Indonesia bertambah maju dan berkembang lagi. Beberapa bank Belanda dinasionalisir oleh pemerintah Indonesia.
Bank-bank indonesia yang ada di zaman awal kemerdekaan, antara lain: 
  1. Bank Negara Indonesia yang didirikan tanggal 5 Juli 1946 kemudian menjadi BNI 1946.
  2. Bank Rakyat Indonesia yang didirikan tanggal 22 Februari 1946. Bank ini berasal dari DE ALGEMENE VOLKCREDIET bank atau Syomin Ginko.
  3. Bank Surakarta MAI (Maskapai Adil Makmur) tahun 1945 di Solo.
  4. Bank Indonesia di Palembang tahun 1946.
  5. Bank Dagang Nasional Indonesia tahun 1946 di Medan.
  6. Indonesia Banking Corporation tahun 1946 di Yogyakarta, kemudian menjadi Bank Amerta.
  7. NV Bank Sulawesi di Manado tahun 1946.
  8. Bank Dagang Indonesia NV di Banjarmasin tahun 1949.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sejarah Bank / Perbankan dan Sejarah Bank Indonesia"

Posting Komentar