Hubungan antara Pasar dengan Distribusi serta Peranan Pasar

Pasar merupakan bagian dari kegiatan distribusi yang berfungsi menyalurkan atau menyampaikan barang dari produsen kepada konsumen melalui para pedagang. Barang-barang yang dihasilkan oleh produsen bukan untuk dikonsumsi sendiri, tetapi perlu disebarluaskan kepada masyarakat umum. Pasar dalam kegiatan distribusi memiliki peranan yang cukup penting.

Berikut ini fungsi hubungan antara pasar dengan distribusi.

1. Fungsi Pertukaran
Keterkaitan antara pasar dengan distribusi berfungsi sebagai pertukaran. Orang-orang yang menjual barang di pasar akan berperan sebagai pedagang sekaligus penyalur barang ke konsumen. Para pedagang tentunya akan memilih barang-barang yang disenangi oleh pembeli. Apabila barang-barang tersebut digemari oleh pembeli maka barang-barang yang ditawarkan akan laku terjual. Dengan demikian kegiatan distribusi akan lancar dan pedagang pun akan mendapat keuntungan.

2. Fungsi Penyediaan Fisik
Pasar dan distribusi mempunyai fungsi penyedia fisik, artinya pasar akan menyediakan barang-barang yang dibutuhkan oleh konsumen.
Barang-barang tersebut akan diperoleh dari produsen melalui distributor. Barang-barang akan dikumpulkan untuk kemudian dijual ke konsumen. Barang-barang yang dijual oleh pedagang tidak akan habis dalam waktu sehari. Pedagang akan menyimpan sisa barang yang dijualnya di gudang sebagai persediaan untuk dijual kembali di hari berikutnya. Dengan demikian fungsi ini berkaitan dalam hal pengumpulan, penyimpanan, pemilihan, dan pengangkutan.

3. Fungsi Penunjang
Fungsi penunjang antara pasar dengan distribusi dilakukan untuk membantu dan menyempurnakan fungsi pertukaran dan penyediaan fisik agar dapat berjalan dengan baik. Pasar dan distribusi dapat digunakan sebagai sarana penunjang dalam memperkenalkan barang-barang yang dihasilkan oleh produsen. Misalnya dengan memasang iklan di pasar atau menyebarkan pamflet kepada konsumen. Dengan demikian konsumen akan mengetahui produk-produk baru tersebut.

Penjabaran Lanjutan Hubungan antara Pasar dan Distribusi

Apakah kamu gemar memasak? Bahan-bahan apa yang harus kamu siapkan agar dapat diolah? Misalnya, untuk memasak sayur sop kamu memerlukan wortel, kentang, kol, tomat, dan sebagainya. Bagaimana kamu mendapatkan itu semua?

Untuk mendapatkan sayuran tentu kamu membeli di pasar. Sebelum sampai di pasar, sayuran tersebut ditanam dulu oleh petani sayuran. Dalam hal ini terdapat aliran distribusi dari petani sayuran ke pasar hingga akhirnya sayuran tersebut dapat kamu gunakan untuk memasak. Sehingga dapat dikatakan bahwa pasar mempunyai hubungan erat dengan distribusi, yaitu sebagai tempat menyalurkan barang agar sampai ke konsumen atau pembeli. Hubungan antara petani sayuran, pedagang sayuran, dan konsumen tersebut dapat digambarkan sebagai berikut:

Hubungan antara Pasar dengan Distribusi

Distribusi adalah kegiatan menyalurkan barang atau jasa dari produsen ke konsumen. Distribusi memiliki peran yang sangat penting dalam perekonomian karena distribusi mempertemukan penjual yang ingin menjual barang-barang dengan konsumen yang membutuhkan barang. Berdasarkan pengertian tersebut, pasar dan distribusi memiliki hubungan yang sangat erat. Apalagi salah satu fungsi pasar adalah sebagai sarana distribusi, yakni memperlancar arus barang atau jasa dari produsen ke konsumen.

Peranan Pasar

Pasar mempunyai peranan yang sangat penting bagi perekonomian. Berikut ini beberapa peranan pasar.

1. Peranan Pasar bagi Produsen
Pasar mempunyai peranan yang sangat penting bagi produsen yaitu membantu memperlancar penjualan hasil produksi dan dapat pula digunakan sebagai tempat untuk mempromosikan atau memperkenalkan barang dan jasa hasil produksi. Selain itu produsen juga dapat memperoleh barang atau jasa yang akan digunakan untuk keperluan proses produksi.

2. Peranan Pasar bagi Konsumen
Pasar mempunyai peranan yang sangat penting bagi konsumen, karena konsumen mudah untuk memperoleh barang atau jasa yang dibutuhkan. Apabila pasar semakin luas, konsumen akan semakin mudah memperoleh barang atau jasa yang dibutuhkan.

3. Peranan Pasar bagi Pembangunan
Peranan pasar bagi pembangunan adalah menunjang kelancaran pembangunan yang sedang berlangsung. Upaya dalam meningkatkan pembangunan, pasar berperan membantu menyediakan segala macam barang dan jasa yang bermanfaat bagi pembangunan. Pasar juga dapat dijadikan sumber pendapatan pemerintah untuk membiayai pembangunan melalui pajak dan retribusi.
4 . Peranan Pasar bagi Sumber Daya Manusia
Kegiatan perdagangan di suatu pasar membutuhkan tenaga kerja yang tidak sedikit. Semakin luas suatu pasar, semakin besar tenaga kerja yang dibutuhkan. Dengan banyaknya tenaga kerja yang dibutuhkan, berarti pasar turut membantu mengurangi pengangguran, memanfaatkan sumber daya manusia, serta membuka lapangan kerja.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Hubungan antara Pasar dengan Distribusi serta Peranan Pasar"

Posting Komentar