Pengertian Dana Pensiun | Contoh, Sumber, Manfaat, & Tujuan Dana Pensiun

Pengertian Dana Pensiun - Dana pensiun adalah badan hukum yang mengelola dan menjalankan program yang menjanjikan manfaat pensiun, pengertian ini menurut UU No. 11 Tahun 1992. Kegiatan dana pensiun adalah memungut dana dari iuran yang dipotong dari pendapatan/gaji pengawai setiap bulan selama seseorang masih aktif bekerja. Iuran tersebut dibayarkan kembali bila pegawai sudah tidak bekerja lagi (pensiun).

Contoh Lembaga Dana Pensiun

Dana pensiun dihimpun oleh Lembaga Dana Pensiun contohnya PT Tabungan Asuransi Pensiun (PT Taspen) dan Perum Asabri. Penjelasan mengenai PT Taspen dan kepengurusannya terdapat dalam PP No.10 Tahun 1963. Ketentuan tentang dana Pensiun dan Pemberi Kerja tertuang dalam Undang-Undang No.11 Tahun 1992 dan Peraturan Pemerintah No. 76 Tahun 1992. Pemerintah selalu menghimbau kepada perusahaan-perusahaan untuk mendirikan lembaga sejenis.
Pengertian dana pensiun - dana pensiun adalah

Manfaat Dana Pensiun

Program pensiun memiliki manfaat asuransi karena memberikan jaminan kepada peserta untuk mengatasi risiko kehilangan pendapatan yang disebabkan oleh kematian atau usia pensiun. Program pensiun memiliki fungsi tabungan karena selama masa program nasabah diharuskan membayar iuran. Program pensiun memiliki fungsi pensiun karena manfaat yang akan diterima oleh peserta dapat dilakukan secara berkala selama hidup.

Peran Dana Pensiun

Peran dana pensiun, di antaranya sebagai berikut.
  1. Dana pensiun merupakan sarana penghimpun dana masyarakat untuk meningkatkan pembangunan nasional.
  2. Dana pensiun dapat meningkatkan motivasi dan ketenangan kerja serta meningkatkan produktivitas.
  3. Dana pensiun memelihara kesinambungan penghasilan di hari tua dalam upaya mewujudkan keadilan sosial.

Tujuan Dana Pensiun

Tujuan utama Lembaga Dana Pensiun adalah meningkatkan kesejahteraan pegawai beserta keluarganya melalui asuransi sosial yang ditentukan dalam perundang-undangan. Lembaga Dana Pensiun tersebut berfungsi:
  1. sebagai tempat untuk mengumpulkan dana masyarakat yang sifatnya jangka panjang dan
  2. sebagai tempat untuk memberikan jaminan pensiun bagi anggota pensiun/ peserta program.
Tujuan diberikannya dana pensiun bagi karyawan antara lain untuk memberikan penghargaan kepada para karyawan yang telah mengabdi di perusahaan tersebut, meningkatkan motivasi karyawan, serta meningkatkan citra perusahaan di mata masyarakat dan pemerintah. Selain itu dengan adanya dana pensiun, para pegawai yang sudah tidak bekerja lagi tetap dapat menikmati hasil yang diperoleh selama bekerja di perusahaannya. PT Taspen adalah bentuk perusahaan yang mengelola dana pensiunan.

Sumber Dana Pensiun

Dana pensiun diperoleh melalui pemotongan gaji pegawai setiap bulan selama seseorang masih aktif bekerja, kemudian dibayarkan kembali kepada pegawai tersebut setelah pensiun. Dalam masa tenggang, yaitu masa pemotongan sebagian gaji dengan masa pembayaran saat pegawai/karyawan pensiun, dana yang terkumpul tersebut disalurkan kepada masyarakat dengan cara sebagai berikut.
  1. Dipinjamkan kepada badan-badan yang membutuhkan.
  2. Dibelikan surat-surat berharga yang dikeluarkan oleh lembaga-lembaga pemerintah.

Jenis-Jenis Lembaga Dana Pensiun

Ada dua jenis lembaga dana pensiun, yaitu dana pensiun pemberi kerja dan dana pensiun lembaga keuangan.
1. Dana Pensiun Pemberi Kerja
Lembaga ini dibentuk oleh orang atau badan yang mempekerjakan karyawan, selaku pendiri dan untuk menyelenggarakan program pensiun.
2. Dana Pensiun Lembaga Keuangan
Dana pensiun lembaga keuangan adalah dana pensiun yang dibentuk oleh bank atau perusahaan asuransi jiwa untuk menyelenggarakan program pensiun bagi perorangan.

Setiap orang tidak hanya memikirkan kesejahteraan pada saat bekerja, tetapi juga memikirkan kesejahteraan pada masa pensiun atau masa tua. Oleh karena itu, dibutuhkan ”jaminan hari tua” atau program pensiun. Program pensiun memiliki tiga fungsi yaitu fungsi asuransi, tabungan, dan pensiun.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Dana Pensiun | Contoh, Sumber, Manfaat, & Tujuan Dana Pensiun"

Posting Komentar